Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Penting Manifest dalam Shipping

Pengertian dan Kegunaan Manifest dalam Shipping

(www.kapaldanlogistik.com) Arti Penting Manifest dalam Shipping – Manifes pengiriman adalah dokumen penting dalam perdagangan internasional dan merupakan bagian dari kumpulan dokumen yang digunakan dalam transportasi internasional. Manifes ini merupakan dokumen yang memuat daftar muatan, penumpang, awak kapal, atau kendaraan untuk digunakan kepabeanan dan kepentingan lainnya. Terdapat 2 macam manifest yaitu manifest penumpang dan manifest kargo. Disini kita akan lebih membahas mengenai manifest kargo yang dikeluarkan dalam kegiatan shipping. Manifest kargo ini dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasi kargo dan memuat daftar barang yang diangkut. 

Lihat >>> Pengertian, Fungsi dan Jenis Bill of Lading (BoL)

Arti Manifest Dan Contohnya

Arti Manifest Dan Contoh Cargo Manifest

Manifest mencantumkan barang yang akan diangkut sehingga jumlah muatan yang diangkut oleh carrier dapat diverifikasi. Hal ini mencakup informasi tentang jumlah barang, jenis paket yang diangkut, rincian penerima dan pengirim. Tujuan adanya manifest cargo ini adalah untuk memastikan barang yang terdaftar telah ditempatkan pada kapal mulai dari pengangkutan di pelabuhan muat hingga tiba di pelabuhan bongkar.

Dokumen manifest berisi daftar lengkap muatan kapal yang diambil dari informasi yang berada pada bill of lading. Setiap bill of lading biasanya terdiri dari satu lembar kertas yang berhubungan dengan 1 pengiriman. Manifes tidak mengikuti format dari Bill of lading, namun pada dasarnya manifest merupakan pernyataan dari B/L dan memiliki judul yang diambil dari B/L. Sebuah halaman manifes kargo dapat berisi satu bill of lading atau lebih, tergantung pada jumlah informasi yang berkaitan dengan setiap bill of lading (B/L).

Operator Kapal seperti shipping agent dan perusahaan pelayaran membuat manifes pengiriman untuk perjalanan kapal yang mencantumkan semua detail kargo yang dibawa selama perjalanan serta informasi kapal itu sendiri. Manifest merupakan informasi yang ditinjau oleh petugas bea cukai, badan pemerintah, dan operator pelabuhan sebelum persetujuan keberangkatan kapal dan kedatangan kapal. Kemudian selain itu juga sebelum pembongkaran kargo muatan, petugas bea cukai dan badan pemerintah lainnya akan mengacu pada bill of lading sebagai dokumen pendukung.

Manifes kargo penting bagi semua pihak terkait dengan kargo yang diangkut di kapal, namun dokumen ini sangat penting untuk bea cukai pelabuhan. Bea cukai pelabuhan ini mewajibkan adanya manifes kargo untuk mengizinkan sebuah kapal melakukan bongkar muat kargonya di pelabuhan. Biasanya tanggung jawab kepala chief officer (Mualim I)/ shipping agency untuk menyerahkan manifes kargo ke pabean pelabuhan.

Contoh Cargo Manifest

Contoh Cargo Manifest

Contoh Cargo Manifest

Contoh Cargo Manifest

Contoh Manifest Cargo

Contoh Manifest Cargo

Lihat >>> Pengertian dan Peran Shipping Agency (Keagenan Kapal)

Perbedaan Manifest Dengan Bill Of Lading (B/L)

Bill of Lading dan Shipping Manifest merupakan dokumen perdagangan (trading document) yang sangat penting. Namun pengguna yang memerlukan kedua dokumen tersebut berbeda. Freight Forwarder dan International Trader mungkin tidak begitu memerlukan manifes pengiriman, tetapi manifest ini lebih diperlukan oleh operator pelabuhan, petugas bea cukai, dan operator kapal. 

Terkadang membingungkan antara Manifes kargo dengan bill of lading yang dikeluarkan oleh operator kapal/ shipping agen. Manifes kargo dan bill of lading dapat memuat informasi yang serupa dan konsepnya tidak terlalu berbeda. Namun terdapat perbedaan yang jelas antara manifest dengan bill of lading, berikut ini adalah perbedaannya:

  • Bill of Lading (B/L): berfungsi sebagai instrumen hukum yang berfokus pada pendokumentasian masalah-masalah seperti kepemilikan. (digunakan sebagai bukti penerimaan dan pengiriman barang dagangan oleh carrier. Dokumen ini harus merinci jumlah pengiriman baik sudah dibayar atau harus dibayar pada saat pengiriman). Di sisi lain, operator kapal dapat mengeluarkan beberapa bill of lading untuk setiap pelanggannya
  • Manifes kargo: daftar konsolidasi tunggal dari beberapa bill of lading dan rincian kargo yang terdaftar di dalamnya dan lebih memperhatikan aspek fisik kargo, seperti berat dan ukuran. (Biasanya diantar langsung ke carrier untuk mengetahui detail kiriman dan mengecek jumlah paket yang akan diangkut. Manifes harus menyertakan nomor referensi setiap pengiriman yang dapat dilacak)

Ketika kargo dikirim oleh beberapa perusahaan forwarder yang berbeda di kapal yang sama, biasanya akan ada bill of lading terpisah untuk setiap perusahaan, tetapi hanya 1 manifes kargo. Di sisi lain, jika kargo berisi muatan berbahaya (dangerous goods), maka manifes kargo berbahaya terpisah.

Isi Dari Manifest

Beberapa informasi yang dimuat dalam manifest cargo antara lain adalah:

  1. Jumlah dan jenis paket yang dikirim
  2. Nomor dokumen
  3. Deskripsi barang
  4. Jumlah barang yang akan diangkut
  5. Informasi tentang penerima
  6. Operator Kapal dan detailnya
  7. Rute pengiriman
  8. Informasi tentang pengirim

Kegunaan Manifest Dalam Shipping

1. Fungsi Manifest Untuk keperluan Bea dan Cukai

Otoritas pabean akan meminta kapal atau kendaraan pengangkut kargo untuk memberikan informasi tentang manifes kargo seperti pengirim, penerima, jumlah barang, asal, tujuan, dan nilainya.

2. Fungsi Manifest untuk keperluan Perjalanan internasional

Otoritas imigrasi mungkin meminta kapal atau kendaraan pengangkut penumpang untuk memberikan informasi daftar manifes penumpang seperti nama dan pelabuhan muat/bongkar.

3. Fungsi Manifest Ketika Terjadi Musibah

Dalam kasus musibah bencana/kecelakaan, manifes dapat membantu dalam mengidentifikasi muatan dan memberi tahu pihak shipper dan receiver mengenai barang yang dimuat diatas kapal. Manifes kargo dapat mendukung klaim asuransi untuk barang yang hilang.

Jenis - Jenis Manifest

Terdapat beberapa jenis manifest cargo yang biasa terdapat dalam shipping yaitu:

  • Manifes Kargo: mencakup daftar semua informasi yang berkaitan dengan kargo tidak termasuk biaya pengiriman.
  • Freight Manifest: mencantumkan semua informasi yang berkaitan dengan kargo termasuk biaya pengiriman. Semua biaya sebagaimana ditunjukkan dalam manifes harus dibayar oleh pengirim atau penerima barang.
  • Manifes Kargo Berbahaya (Dangerous Goods): Manifes yang merinci kargo berbahaya di kapal.
  • Out of Gauge Manifest: merinci kargo di luar ukuran (berukuran tidak normal) di atas kapal. Hal ini termasuk rincian kargo yang tidak terukur.
  • Reefer Manifest: merinci Kargo berpendingin di atas kapal, termasuk pengaturan suhu, kelembaban, kontainer mana yang memerlukan pemantauan di atas kapal.

Demikian penjelasan dari arti penting sebuah manifest dalam proses pengiriman barang/ shipping. Sebuah manifest merupakan suatu dokumen yang berisikan daftar muatan  yang diangkut oleh carrier yang diperlukan oleh beberapa pihak seperti bea cukai, operator pelabuhan dan beberapa instansi pemerintah lainnya. Kegunaan dari Manifest pengiriman ini digunakan oleh carrier sebagai persetujuan dari pihak-pihak tersebut untuk melakukan proses bongkar muat di pelabuhan.

Post a Comment for "Arti Penting Manifest dalam Shipping"

Random Posts