Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah dan Singkatan dalam Dunia Shipping (Ships Operation)

Ships Term and Abbreviation

(www.kapaldanlogistik.com) Shipping Terms & Definitions - Dalam dunia pelayaran dan perkapalan terdapat istilah atau definisi yang baru kita dengar dan tidak dimengerti. Hal itu terjadi karena istilah tersebut hanya dipakai di dunia pelayaran khususnya pada ships operation. Disini akan dijelaskan mengenai istilah-istilah penting dan definisi yang biasa digunakan dalam dunia shipping kapal mulai dari A - Z.

Lihat >>> Penjelasan Jenis Charter Kapal

Istilah dan Singkatan Penting dalam Shipping/ Chartering

AAAA: singkatan dari Always Accessible Always Afloat

Penjelasan: Ini adalah istilah dalam kontrak Charter Party untuk mencegah kapal dari perintah untuk melanjutkan ke tempat berlabuh atau sandar di pelabuhan karena kapal akan kandas jika melakukan hal tersebut. Hal tersebut harus dilakukan dengan cara menurunkan sebagian muatan atau menunggu air pasang.

ADCOM: singkatan dari Address Commission

Penjelasan: Komisi yang diberikan oleh shipowner kepada charterer dimana dilakukan dengan pengurangan tarif pengiriman, karena beberapa layanan khusus dilakukan oleh charterer. Namun penyewa akan memotong jumlah tersebut sebelum membayar pemilik kapal apa yang harus dibayar. (seperti potongan harga untuk bisnis dari penyewa)

AG: singkatan dari Arabian Gulf

Penjelasan: Arabian Gulf ini adalah teluk arab

AGW: singkatan dari All Going Well

Penjelasan: AGW ini merupakan singkatan yang memiliki arti semua berjalan dengan baik

APS: singkatan dari Arrival Pilot Station

Penjelasan: Hal ini digunakan untuk menandakan tempat di mana kapal yang dicarter diserahkan kepada charterer atau dikembalikan kepada pemilik kapal. Disebut Arrival Pilot Station karena ketika kapal tiba di pelabuhan dan pilot akan membantu navigasi kapal ke stasiun pilot dengan naik ke kapal.

ATDNSHINC: singkatan dari Any Time Day or Night Sundays and Holidays Included

Penjelasan: Istilah ini biasanya digunakan dalam perjanjian Time Charter dan menunjukkan persyaratan pengiriman atau pengembalian kapal. Persyaratan ini memiliki arti bahwa jangka waktu sewa dimulai pada saat kapal tiba yang dapat kapan saja baik siang atau malam hari atau bahkan pada hari Minggu atau hari libur

ATS: singkatan dari All Time Saved

Penjelasan: Perhitungan despatch money yang harus dibayar oleh shipowner kepada voyage charterer. Hal ini biasanya karena merupakan waktu yang dapat di hemat dalam operasi pemuatan atau pembongkaran muatan sampai akhir laytime yang ditentukan.

ATUTC: singkatan dari Actual Times Used to Count

Penjelasan: Ketentuan laytime bahwa semua waktu yang digunakan oleh voyage charterer akan dihitung sebagai laytime

BAF: singkatan dari Bunker Adjustment Factor

Penjelasan: Biaya Tambahan/ Pengurangan Bahan Bakar yang dinyatakan dalam persentase yang ditambahkan atau dikurangi dari jumlah freigth. Hal ini dikarenakan adanya pergerakan harga pasar bunker BBM

BB: singkatan dari Ballast Bonus

Penjelasan: Suatu lump sum komisi yang dibayarkan kepada shipowner untuk melakukan steaming ke/ dekat pelabuhan muat pertama sebelum dimulainya charterparty.

BBB: singkatan dari Before Breaking Bulk

Penjelasan: Suatu periode dalam operasi kapal segera sebelum pembongkaran muatan. kondisi ini termuat dalam syarat-syarat kontrak (biasanya bill of lading atau voyage charter party) mengenai waktu untuk pembayaran pengangkutan (freight).

B/L: singkatan dari Bill of Lading

Penjelasan: Dokumen yang dikeluarkan oleh carrier yang menandakan bahwa barang telah diterima dan siap untuk dibawa.

BENDS: singkatan dari Both Ends (Load & Discharge Ports)

Penjelasan: Istilah yang digunakan dalam tender pengangkutan kargo, yang berfungsi untuk membantu menggambarkan persyaratan pemuatan dan pembongkaran kargo.

BIMCO: singkatan dari The Baltic and International Maritime Council

Penjelasan: Asosiasi industri terutama untuk pemilik kapal yang biasanya memberikan informasi serta menciptakan banyak bentuk kontrak yang digunakan dalam pelayaran, termasuk voyage dan time charter party.

BROB: singkatan dari Bunkers Remaining on Board

Penjelasan: BBM yang masih tersisa diatas kapal

BWAD: singkatan dari Brackish Water Arrival Draft

Penjelasan: Draft kapal untuk air payau. Ketika sebuah kapal diharuskan untuk masuk ke pelabuhan yang memiliki density air payau, maka draft kapal akan lebih dari draft di air laut dan lebih kecil dari draft di air tawar.

CFR (or C&F): singkatan dari Cost and Freight

Penjelasan: Istilah yang digunakan dalam kontrak yang menetapkan bahwa penjual barang diharuskan untuk mengatur pengangkutan barang melalui laut ke pelabuhan tujuan dan memberikan kepada pembeli dokumen yang diperlukan untuk memperoleh barang dari shipping line (kapal).

CHOPT: singkatan dari Charterers Option

Penjelasan: Istilah yang digunakan jika charterer memiliki opsi untuk menominasikan detail apa pun dalam sebuah charter party. Sebagai contoh adalah mungkin muatan yang akan dimuat adalah “50.000 MT 10% CHOPT”, maka charterer diperbolehkan untuk memilih diantara 45.000 MT dan 55.000 MT kargo untuk dimuat, dengan  biaya pengiriman (freight) yang sesuai.

CIF: singkatan dari Cost, Insurance & Freight

Penjelasan: Penjual membayar semua biaya ini ke pelabuhan atau tempat pembongkaran muatan yang ditunjuk. 

COA: singkatan dari Contract of Affreightment

Penjelasan: Shipowner setuju untuk menerima biaya per ton pendapatan untuk kargo yang dibawa dalam jumlah pelayaran tertentu.

COGSA: singkatan dari Carriage of Goods by Sea Act

Penjelasan: Peraturan yang menggambarkan kewajiban shipping line dan Pedagang untuk pengiriman kargo ke atau dari Amerika Serikat yang mungkin diatur oleh bill of lading

CONS: singkatan dari Consumption

Penjelasan: Mendefinisikan jumlah pemakaian atau konsumsi

COP: singkatan dari Custom Of Port

Penjelasan: Istilah yang digunakan dalam pencarteran yang berhubungan dengan laytime dan cara bongkar muat tergantung pada apa yang biasanya dilakukan di pelabuhan atau tempat tertentu.

CP (or C/P): singkatan dari Charter Party

Penjelasan: Perjanjian kontrak antara Pemilik kapal dan Penyewa yang mengatur syarat-syarat penyewaan kapal

CPD: singkatan dari Charterers Pay Dues

Penjelasan: Pembayaran yang harus dibayar oleh penyewa

CPT: singkatan dari Carriage Paid To

Penjelasan: Istilah dalam shipping yang berarti penjual menyerahkan barang atas biaya mereka kepada pengangkut atau orang lain yang ditunjuk oleh penjual. Penjual menanggung semua risiko, termasuk kerugian, sampai barang berada di tangan pihak yang dicalonkan.

CQD: singkatan dari Customary Quick Despatch

Penjelasan: Berarti pencarter harus memuat dan/atau membongkar secepat mungkin dalam keadaan yang berlaku pada saat pemuatan atau pembongkaran.

CY: singkatan dari Container Yard

Penjelasan: Tempat penumpukan kontainer

DAPS: singkatan dari Days all Purposes 

Penjelasan: Jumlah hari pemuatan dan pembongkaran

DEM: singkatan dari Demurrage 

Penjelasan: Kerugian yang dibayarkan kepada pemilik kapal karena kegagalan untuk menyelesaikan pemuatan dan/atau pembongkaran dalam waktu yang diizinkan dalam charter party.

DESP: singkatan dari Despatch

Penjelasan: Jumlah uang yang disepakati yang dibayarkan oleh pemilik kapal kepada penyewa, untuk pemuatan dan/atau pembongkaran dalam waktu kurang dari waktu yang diizinkan.

DET: singkatan dari Detention

Penjelasan: Kerugian yang harus dibayar kepada pemilik kapal karena gagal memuat dan/atau membongkar muatan dalam waktu yang diperbolehkan di pihak pencarter.

DISCH: singkatan dari Discharge

Penjelasan: Pembongkaran muatan dari kapal

DLOSP: singkatan dari Dropping Last Outwards Sea Pilot 

Penjelasan: Istilah dalam charter party yang digunakan untuk menentukan waktu dan tempat penyerahan kembali (re-delivery) kapal kepada pemilik oleh charterer, ketika penyerahan kembali setelah bongkar muatan di pelabuhan sungai, yang akan membutuhkan tidak hanya pilot laut tetapi juga pilot sungai dan pelabuhan. Pembayaran sewa tidak lagi jatuh tempo setelah pilot laut terakhir turun.

DOP: singkatan dari Dropping Outward Pilot

Penjelasan: Istilah dalam time charter digunakan untuk menentukan waktu dan tempat penyerahan kembali suatu kapal kepada pemilik oleh pencarter. Pembayaran sewa tidak lagi jatuh tempo setelah pilot turun.

DWCC: singkatan dari Deadweight Cargo Capacity

Penjelasan: Ketersediaan Deadweight untuk membawa kargo (Tidak termasuk jumlah BBM, Air Tawar, dan Persediaan Kapal)

EIU: singkatan dari Even if Used

Penjelasan: Istilah yang digunakan dalam voyage charter party dengan ketentuan bahwa waktu yang digunakan untuk memuat atau membongkar selama periode yang dikecualikan tidak akan dikurangi dari waktu yang diizinkan. Misalnya, sebuah charter party menetapkan bahwa "Waktu tidak dihitung dari hari Jumat jam 18.00  sampai Hari Senin jam 09.00, Even if Used". Hal ini berarti jika penyewa memilih untuk memuat atau membongkar muatan pada rentang waktu ini, maka waktu yang dihabiskan untuk bekerja tidak akan dihitung sebagai Laytime.

ETAsingkatan dari Estimated Time of Arrival

Penjelasan: Estimasi Waktu Kapal akan tiba di Pelabuhan yang dituju

ETCsingkatan dari Estimated Time of Completion

Penjelasan: Estimasi Waktu Kapal selesai melakukan bongkar/muat barang

ETDsingkatan dari Estimated Time of Departure

Penjelasan: Estimasi Waktu Kapal akan berangkat dari Pelabuhan

EXW: singkatan dari Ex Works

Penjelasan: Penjual menyerahkan barang pada saat ia menempatkan barang-barangnya kepada pembeli di tempat penjual atau tempat lain yang disebutkan (tempat kerja, pabrik, gudang, dll.) yang tidak diizinkan untuk diekspor. Sehingga istilah ini mewakili kewajiban minimum bagi penjual, dan pembeli harus menanggung semua biaya dan risiko yang terkait dengan pengambilan barang dari tempat penjual.

FAC: singkatan dari Fast As Can

Penjelasan: Istilah kontrak yang menunjukkan bahwa pengirim harus menyediakan kargo secepat kapal dapat memuat muatan atau penerima harus menerima pengiriman secepat kapal dapat membongkar muatan

FAS: singkatan dari Free Alongside Ship 

Penjelasan: Penjual mengirimkan barang ke dermaga atau terminal yang sesuai di pelabuhan embarkasi dan pembeli menanggung biaya dan risiko pemuatan.

FCL: singkatan dari Full Container Load

Penjelasan: Muatan 1 kontainer full

FD: singkatan dari Free of Despatch

Penjelasan: Istilah dalam voyage charter party yang menunjukkan bahwa Despatch tidak ada ketika waktu dapat dihemat

FDIS: singkatan dari Free Discharge

Penjelasan: Charterer bertanggungjawab atas biaya bongkar muatan

FEU: singkatan dari Forty foot container equivalency unit

Penjelasan: Ukuran Kontainer Standard 40 feet

FHEXsingkatan dari Fridays/Holidays Excluded

Penjelasan: Pengecualian yang dilakukan dalam sebuah charterparty terhadap perhitungan laytime dan waktu yang digunakan oleh charterer, baik untuk loading atau discharging atau bahkan menunggu kapal sandar. Sehingga Jumat dan Hari Libur tidak dihitung dalam laytime

FHINC: singkatan dari Fridays/Holidays Included

Penjelasan: Kebalikan dari FHEX, dimana hari Jumat dan Hari Libur tetap dihitung dalam laytime 

FI: singkatan dari Free In

Penjelasan: Istilah yang menunjukkan bahwa biaya penanganan kargo di pelabuhan muat tidak dibebankan kepada pemilik kapal

FO: singkatan dari Free Out

Penjelasan: Istilah yang menunjukkan bahwa biaya penanganan kargo di pelabuhan bongkar tidak dibebankan kepada pemilik kapal (tidak termasuk freight)

FILO: singkatan dari Free In/Liner Out

Penjelasan: Pengirim membayar biaya muat kargo di pelabuhan muat dan pemilik kapal membayar biaya pembongkaran kargo di pelabuhan bongkar

FIO: singkatan dari Free In/Out

Penjelasan: Pengirim membayar biaya pemuatan dan pembongkaran kargo

FIOS: singkatan dari Free In/Out Stowed

Penjelasan: Sama seperti FIO, namun termasuk juga biaya stowage (biaya stowage tidak dibayarkan oleh pemilik kapal)

FIOTsingkatan dari  Free In/Out and Trimmed

Penjelasan: Sama seperti FIO, namun termasuk juga biaya trimming (biaya trimming tidak dibayarkan oleh pemilik kapal). FIOT ini digunakan untuk tipe kargo curah.

FIOSLSDsingkatan dari Free In/Out Stowed, Lashed, Secured and Dunnaged

Penjelasan: Sama seperti FIO, namun termasuk juga biaya stowage, lashing, securing, dan dunnaging kargo (biaya stowage, lashing, securing, dan dunnaging kargo tidak dibayarkan oleh pemilik kapal).

FIOSTsingkatan dari Free In/Out Stowed, and Trimmed

Penjelasan: Sama seperti FIO, namun termasuk juga biaya stowage dan trimming (biaya stowage dan trimming tidak dibayarkan oleh pemilik kapal)

FIXsingkatan dari Fixture 

Penjelasan: Kesimpulan dari negosiasi antara pemilik kapal dan penyewa (biasanya melalui broker), sehingga akan dilaksanakan penyewaan kapal.

FLTsingkatan dari Full Liner Terms

Penjelasan: Biaya angkutan (freight) meliputi biaya angku dan biaya penanganan kargo di pelabuhan muat dan bongkar, sehingga pemilik kapal harus membayar biaya muat dan bongkar muatan.

FOBsingkatan dari Free on Board

Penjelasan: Istilah penjualan umum yang berarti bahwa penjual bertanggung jawab untuk mengirimkan barang ke pelabuhan muat yang disepakati, dan juga memuatnya di kapal. Risiko kehilangan atau kerusakan barang pada akan berpindah dari penjual ke pembeli setelah barang dimuat ke atas kapal.

FOFFERsingkatan dari Firm Offer

Penjelasan: Penawaran Perusahaan dalam negosiasi Charter Party

FOGsingkatan dari For Our Guidance

Penjelasan: Singkatan dari untuk panduan kami

FOQsingkatan dari Free On Quay

Penjelasan: Pengiriman barang dikirim ke dermaga tanpa biaya kepada pembeli

FORsingkatan dari Free On Rail

Penjelasan: Pengiriman barang ke stasiun kereta api dan dimuat ke kereta api tanpa biaya kepada pembeli

FOT:singkatan dari Free On Truck

Penjelasan: Pengiriman barang ke lokasi truck dan dimuat ke truck tanpa biaya kepada pembeli

FRsingkatan dari Freight Rate

Penjelasan: Harga untuk pengangkutan kargo tertentu. Harga ini mungkin tergantung pada beberapa faktor termasuk sifat kargo (berat dan dimensi) dan jarak yang ditempuh

FRTsingkatan dari Freight

Penjelasan: Biaya yang dibayarkan kepada pemilik kapal atau pengangkut atas pengangkutan kargo yang dilakukannya. Dalam keadaan tertentu, pengangkutan dapat mencakup biaya pemuatan dan/atau pembongkaran atau hanya mencakup pengangkutannya saja

FTsingkatan dari Freight Tariff

Penjelasan: Tarif yang diterbitkan oleh asosiasi shipping line untuk berbagai komoditas yang mungkin diangkut berdasarkan berat komoditas atau ukuran kubiknya, dan rincian biaya untuk lift berat, kargo panjang, dan biaya terminal.

FWAsingkatan dari Fresh Water Allowance

Penjelasan: Draft yang diperbolehkan karena terjadi perubahan draft kapal ketika bergerak dari air laut (densitas 1,025 ton/m3) ke air tawar (1 ton/m3).

FYGsingkatan dari For Your Guidance

Penjelasan: Singkatan dari sebagai panduan untukmu

FYIsingkatan dari For Your Information

Penjelasan: Singkatan dari sebagai informasi untukmu

GAsingkatan dari General Average

Penjelasan: Peraturan yang membagi tanggung jawab keuangan kepada para pihak atas kerugian yang diakibatkan oleh tindakan disengaja atau sukarela selama pelayaran untuk melindungi seluruh usaha dari bahaya.

GNCNsingkatan dari Gencon 

Penjelasan: Bentuk format standard charter party BIMCO 

GRTsingkatan dari Gross Registered Tonnage

Penjelasan: Total Volume Kotor dari Kapal

GSBsingkatan dari Good Safe Berth

Penjelasan: Istilah dari tempat berlabuh yang aman bagi kapal (bebas dari bahaya apapun)

GSPsingkatan dari Good Safe Port

Penjelasan: Istilah dari pelabuhan yang aman bagi kapal (bebas dari bahaya apapun)

GTEEsingkatan dari Guarantee

Penjelasan: Singkatan dari garansi

HAsingkatan dari Hatch

Bukaan di geladak kapal untuk keluar masuk muatan

HOsingkatan dari Hold

Penjelasan: Singkatan dari Ruang Palka

INDsingkatan dari Indication

Penjelasan: Istilah yang berarti kemungkinan (belum pasti) ada penyewaan kapal oleh charterer

IGSsingkatan dari Inert Gas System

Penjelasan: Singkatan dari Sistem Gas Inert

LASH: singkatan dari Lighter Aboard Ship

Penjelasan: Jenis kapal yang dapat memuat tongkang/ kapal kecil untuk dibawa

LATsingkatan dari Latitude

Penjelasan: Singkatan dari garis lintang (koordinat)

LCLsingkatan dari Less Container Load

Penjelasan: Muatan yang tidak cukup untuk memuat 1 kontainer full

LIFOsingkatan dari Liner In Free Out

Penjelasan: Pemilik kapal membayar biaya pemuatan dan pengirim membayar biaya pembongkara

LOAsingkatan dari Length Overall 

Penjelasan: Panjang kapal keseluruhan

LOIsingkatan dari Letter of Indemnity

Penjelasan: Dokumen yang ditandatangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk memberikan kompensasi atau ganti rugi kepada pihak lain atas biaya dan konsekuensi dari melakukan tindakan atau kelalaian tertentu. Misalnya, pengirim yang terlambat mengirimkan Bill of lading asli kepada penerima sehingga dapat meminta nakhoda kapal untuk melepaskan barang ke pihak ketiga yang disebutkan tanpa produksi Bill of lading asli. Jika nakhoda setuju, ia dapat meminta LOI dari pengirim untuk konsekuensi kepatuhan.

LOPsingkatan dari Letter of Protest

Penjelasan: Surat yang dikeluarkan oleh setiap pihak dalam charterparty ketika terjadi kondisi atau masalah apapun. Letter of Protest berfungsi sebagai catatan tertulis bahwa terjadi perbedaan atau temuan tertentu yang dipertanyakan pada saat kejadian.

LS (or LUMPS)singkatan dari Lumpsum

Penjelasan: Singkatan dari lumpsum (Jumlah total yang harus dibayarkan oleh penyewa untuk kapasitas yang disediakan bagi shipper oleh pemilik kapal)

LSDsingkatan dari Lashed Secured Dunnaged

Penjelasan: Singkatan dari Lasing, Secured, dan Dunnaged

LYCNsingkatan dari Laycan (Layday Cancelling Date)

Penjelasan: Singkatan dari Laydays and Cancelling. Laycan ini adalah jangka waktu di mana pemilik kapal harus mengajukan pemberitahuan kesiapan kepada penyewa dengan kedatangan dan kesiapan kapal di pelabuhan muat.

LAYDAY: memiliki arti Day Allowed

Penjelasan: Rentang hari yang diizinkan oleh pemilik kapal untuk memuat dan/atau membongkar muatan tanpa dikenakan biaya demurrage.

LAYTIME: memiliki arti Waiting Day

Penjelasan: Jumlah hari yang disediakan oleh pemilik kapal kepada charterer untuk memuat dan/atau membongkar muatan.

MIN/MAX: memiliki arti Minimum/Maximum (cargo quantity)

Penjelasan: Kargo minimum dan maksimum (kuantitas yang tetap). Tidak ada pilihan yang diberikan kepada pemilik kapal atau penyewa untuk menambah atau mengurangi jumlah kargo.

MOL: memiliki arti More or Less

Penjelasan: Singkatan lebih atau kurang

MOLCHOPT: memiliki arti More or Less Charterers Option

Penjelasan: Pilihan yang diberikan kepada charterer dalam kontrak untuk memuat persentase kargo di atas atau di bawah jumlah tertentu. Pilihan ini berguna jika charterer tidak yakin dengan jumlah pasti yang ada untuk pemuatannya.

MOLOO: singkatan dari More or Less Owners Option

Penjelasan: Pilihan yang diberikan kepada pemilik kapal untuk mengangkut diatas atau di bawah sejumlah kargo tertentu yang ditentukan dalam voyage charter. Hal ini berguna jika pemilik tidak yakin berapa kapasitas muatan kapal pada saat pemuatan.

MT: singkatan dari Metric Tonne 

Penjelasan: Singkatan dari Metric Ton (1000 kg / 2204,6 lbs)

M/T: singkatan dari Motor Tanker

Penjelasan: Singkatan dari Kapal Tanker

M/V: singkatan dari Motor Vessel

Penjelasan: Singkatan dari Kapal Motor

NAABSA: singkatan dari Not Always Afloat But Safely Aground

Penjelasan: Istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelabuhan di mana dasar laut cocok untuk kapal untuk berlabuh saat air surut sehingga tidak merusak lambung kapal

NOR: singkatan dari Notice of Readiness

Penjelasan: Pemberitahuan yang disampaikan oleh Nakhoda kepada terminal/penyewa bahwa kapal siap dalam segala hal untuk memuat atau membongkar kargo

NRT: singkatan dari Net Registered Tonnage

Penjelasan: Total Volume Bersih dari Kapal

NP: singkatan dari Notify Party

Penjelasan: Pihak yang harus diberitahu tentang kedatangan barang. Kapal harus memberitahu tentang kedatangan barang ini. Notify Party tidak memiliki hak pada barang namun hanya bertindak sebagai agent dari shipper atau agent dari consignee. Terkadang pihak bank juga termasuk kepada notify party

NVOC: singkatan dari Non Vessel Operating Carrier

Penjelasan: Istilah untuk perusahaan ekspedisi/ Freight Forwarding atau bentuk lain dari "carrier" yang berjanji untuk menyediakan pengangkutan barang tetapi tidak memiliki kapal atau bahkan jika ini adalah pemilik kapal, ruang dapat digunakan di atas kapal milik pemilik lain.

NVOCC: singkatan dari Non Vessel Operating Common Carrier

Penjelasan: Istilah yang diberikan kepada pengangkut yang mengadakan kontrak untuk mengangkut barang tetapi tidak mengoperasikan atau memiliki kapal tempat pengangkutan itu disediakan.

OCIMF: singkatan dari Oil Company International Marine Forum

Penjelasan: Asosiasi perusahaan minyak laut internasional yang mengatur dan memberikan regulasi terhadap kapal tanker

ONHIRE: memiliki arti Under Charter

Penjelasan: Ketika Time Charter sedang berlangsung

OFFHIRE: memiliki arti Not Under charter

Penjelasan: Ketika Time Charter berlangsung tetapi pencarteran tersebut dihentikan untuk jangka waktu tertentu karena beberapa hal seperti karena kerusakan kapal atau peralatannya. 

OO: singkatan dari Owners Option

Penjelasan: Istilah charter party yang umum menunjukkan bahwa pemilik kapal atau pengangkut memiliki pilihan dalam keadaan tertentu. Misalnya, dalam voyage charter, pemilik mungkin memiliki pilihan untuk menentukan jumlah kargo untuk dimuat.

OSB: singkatan dari One Safe Berth

Penjelasan: Singkatan dari Tempat berlabuh yang aman

OSP: singkatan dari One Safe Port

Penjelasan: Singkatan dari Pelabuhan yang aman

OT: singkatan dari Overtime

Penjelasan: Singkatan dari Kelebihan Waktu

OWS: singkatan dari Owners

Penjelasan: Singkatan dari Owner

PCT: singkatan dari Percent

Penjelasan: Singkatan dari persentase

PFDA: singkatan dari Pro Forma Disbursement Account

Penjelasan: Dokumen yang berisi perkiraan biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan oleh pemilik kapal sebelum sandar di pelabuhan. Biaya pelabuhan ini meliputi biaya pelabuhan, jasa towing tugboat, komisi agen dan pemanduan.

POST-FIXTURE: memiliki arti After Fixture

Penjelasan: Istilah setelah kontrak untuk sewa kapal ditetapkan. Post Fixture meliputi pembayaran sewa, perhitungan demurrage dan/atau pengiriman dan penyelesaian sengketa potensial (dispute).

PDPR: singkatan dari Per Day Pro Rata

Penjelasan: Pro rata maksudnya adalah proporsional atau sesuai dengan tarif. Istilah ini adalah metode perhitungan sejumlah uang yang dibayarkan per harinya. Jadi Pro rata disini berarti penggunaan yang sesuai dengan real di lapangan dan diklaim sesuai dengan kinerja dari voyage charter.

Sebagai contoh dari per day prorata ini adalah terkait dengan demurrage yang harus dibayarkan untuk periode yang kurang dari satu hari penuh (24 jam). Jika terdapat waktu yang hilang adalah 16 jam 48 menit dan tarif demurrage adalah $5.000 per day pro rata (PDPR), maka total demurrage yang harus dibayarkan kepada pemilik kapal adalah 16,8/24 x $5.000 = $3.500. Namun, jika klausul demurrage charterparty menyatakan bahwa tarif demurrage adalah “$5.000 per day or part thereof”, ini lebih baik bagi pemilik kapal dan lebih buruk bagi penyewa karena setiap bagian dari hari dihitung sebagai satu hari penuh, sehingga penyewa harus membayar $5.000. Dalam charterparty modern, tingkat proporsional lebih umum karena lebih adil bagi kedua belah pihak.

PERDIEM: memiliki arti Per Diem - By the Day

Penjelasan: Per diem adalah per hari. Contoh dari Per Diem ini adalah biaya yang dikenakan oleh pemilik kapal untuk setiap harinya setelah jumlah hari bebas (free day) saat kontainer berada jauh dari pelabuhan. Per diem juga dikenal sebagai detention.

PHPD: singkatan dari Per Hatch Per Day

Penjelasan: Istilah yang digunakan untuk menghitung laytime dengan mengacu pada jumlah palka kargo yang digunakan untuk pemuatan dan pembongkaran kargo di kapal.

Karena pada dasarnya jumlah palka dan kategorinya akan mempengaruhi kecepatan penanganan kargo dan oleh karena itu perhitungan laytime yang diperbolehkan untuk operasi kargo dapat dihitung berdasarkan jumlah hatch. Sebagai contoh, charterer dapat menetapkan bahwa muatan 50.000 MT harus “dimuat dengan kecepatan rata-rata 1000 metrik ton per hatch per day” dan bahwa “kapal memiliki 5 palka yang harus selalu tersedia untuk pemuatan dan pembongkaran”. Pemilik kapal dapat menetapkan pemuatan 5.000 MT per dan laytime akan berlangsung 10 hari.

RCVR: singkatan dari Receivers

Penjelasan: Singkatan dari pemilik kargo

REDEL: singkatan dari Re-delivery

Penjelasan: Pengembalian kapal ke tempat yang telah disepakati kepada pemilik kapal pada akhir masa sewa Time Charter

ROB: singkatan dari Remaining On Board

Penjelasan: Muatan yang tersisa di tangki kapal, ruang kosong, dan/atau pipa setelah dibuang. Maksud dari ROB ini dapat berupa air tawar, BBM, slop, Sludge/lumpur, dan sedimen.

RD: singkatan dari Rate Of Discharge

Penjelasan: Kecepatan pembongkaran muatan. Dihitung berdasarkan jumlah muatan/ hari

RL: singkatan dari Rate Of Loading

Penjelasan: Kecepatan pemuatan muatan. Dihitung berdasarkan jumlah muatan/ hari

RT: singkatan dari Revenue Ton

Penjelasan: Tarif angkutan berdasarkan satu ton atau meter kubik kargo. Dimana RT keseluruhan dihitung per baris dari Daftar Kemasan menggunakan jumlah terbesar (yaitu 1,0 metrik Ton atau 1,0 meter kubik, mana yang lebih besar). Tanggung jawab pengiriman keseluruhan dihitung dari jumlah total RT kemudian dikalikan dengan tarif pengiriman (freight rate).

SB: singkatan dari Safe Berth

Penjelasan: Singkatan dari tempat sandar yang aman

SEAFREIGHT: memiliki arti Cost for Transporting Good

Penjelasan: Biaya yang dikenakan untuk pengangkutan barang melalui laut. Ini tidak mencakup biaya pengangkutan atau pemuatan/pengosongan tetapi hanya transportasi laut

SF: singkatan dari Stowage factor

Penjelasan: Volume yang ditempati oleh satu unit massa (berat) ketika disimpan dalam ruang kargo.

SHEX: singkatan dari Sundays/Holidays Excluded

Penjelasan: Ketentuan dalam charter party yang menunjukkan pengecualian, bahwa hari Minggu dan hari libur nasional tidak dihitung dalam perhitungan laytime

SHINC: singkatan dari Sundays/Holidays Included

Penjelasan: Kebalikan dari SHEX, dimana hari Minggu dan hari libur nasional tetap diperhitungkan dalam perhitungan laytime

SOF: singkatan dari Statement Of Facts

Penjelasan: Pernyataan yang berisikan mengenai anggal dan waktu kedatangan kapal, dimulainya dan selesainya pemuatan dan pembongkaran, sampai kapal berangkat dari pelabuhan. SOF merinci jumlah kargo yang dimuat atau dikeluarkan setiap hari, jam kerja dan jam berhenti, termasuk alasan penghentian pemuatan dan pembongkaran muatan seperti cuaca buruk, pemogokan, atau kerusakan peralatan.

SP: singkatan dari Safe Port

Penjelasan: Singkatan dari pelabuhan yang aman

SSHEX/ SATSHEX: singkatan dari Saturdays, Sundays, Holidays Excluded

Penjelasan: Ketentuan dalam Charter Party dengan ketentuan bahwa hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tidak diperhitungkan dalam perhitungan laytime.

SSHINC/ SATSHINC: singkatan dari Saturdays, Sundays, Holidays Included

Penjelasan: Kebalikan dari SSHEX dimana hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tetap diperhitungkan dalam perhitungan laytime.

SWL: singkatan dari Safe Working Load

Penjelasan: Jumlah maksimum berat yang dapat diangkat dengan aman melalui oleh crane sehingga tidak boleh melebihi nilai yang tertera.

TBN: singkatan dari To Be Nominated

Penjelasan: Istilah yang sering ditemukan dalam laporan fixture yang biasanya mengacu pada nama kapal yang belum diberi nama oleh pemiliknya (masih dirahasiakan)

TC: singkatan dari Time Charter 

Penjelasan: Jenis charter kapal yang berdasarkan waktu

TEU: singkatan dari Twenty Foot Equivalency Unit

Penjelasan: Ukuran Kontainer Standard 20 feet

TTL: singkatan dari Total Commission 

Penjelasan: Persentase dari jumlah pembayaran yang dikontrakkan kepada pemilik kapal menjadi hutang kepada broker atau agen sebagai pendapatan atas usahanya dalam merundingkan kontrak

TT: singkatan dari Turnaround Time 

Penjelasan: Jumlah waktu yang diperlukan kapal untuk tiba di pelabuhan, menyelesaikan semua operasi yang diperlukan, dan berlayar.

USC: singkatan dari Unless Sooner Commenced

Penjelasan: Istilah jika laytime belum dimulai tetapi pemuatan atau pembongkaran dilakukan, waktu yang digunakan akan dihitung sebagai laytime.

UU: singkatan dari Unless Used

Penjelasan: Istilah yang menyediakan sebagian waktu yang digunakan untuk memuat atau membongkar muatan selama periode-periode yang dikecualikan.

VC: singkatan dari Voyage Charter

Penjelasan: Jenis charter kapal berdasarkan perjalanan kapal

WIBON: singkatan dari Whether In Berth Or Not

Penjelasan: Ketentuan yang dapat dimasukkan dalam voyage charter yang menunjukkan bahwa begitu sebuah kapal telah mengajukan NOR, laytime akan mulai dihitung, walaupun jika kapal tidak berlabuh.

WICCON: singkatan dari Whether Customs Cleared Or Not

Penjelasan: Ketentuan yang dapat dimasukkan dalam voyage charter party yang menunjukkan bahwa begitu kapal tiba di pelabuhan dan mengajukan NOR, laytime akan dihitung, walaupun jika kapal itu belum dicek dan diberi clearence oleh badan kepabeanan/ beacukai. 

WIFPON: singkatan dari Whether In Free Pratique or Not

Penjelasan: Ketentuan yang dapat dimasukkan dalam charter party yang menunjukkan bahwa setelah kapal tiba di pelabuhan dan mengajukan NOR, laytime akan diperhitungkan, walaupun jika kapal dalam free pratique.

WIPON: singkatan dari Whether In Port Or Not

Penjelasan: Ketentuan yang dapat dimasukkan dalam voyage charter yang menunjukkan bahwa sekali kapal telah mengajukan NOR, laytime akan mulai dihitung, walaupun jika kapal belum masuk pelabuhan. 

WOG: singkatan dari Without Guarantee

Penjelasan: Singkatan dari tanpa jaminan/ garansi

WPD: singkatan dari Weather Permitting Day

Penjelasan: Istilah dalam charter party yang menunjukkan bahwa laytime tidak akan dihitung ketika kondisi cuaca menghambat operasi pemuatan atau pembongkaran muatan.

WTS: singkatan dari Working Time Saved

Penjelasan: Istilah umum dalam charter party yang berarti waktu kerja yang dapat dihemat dengan pengurangan laytime yang digunakan terhadap laytime diperbolehkan. Sebagai contoh jika dalam kontrak CP menyediakan 5 laydays untuk memuat kemudian penyewa hanya menggunakan 2 hari untuk memuat, maka mereka berhak atas despatch.

WWD: singkatan dari Weather Working Day

Penjelasan: Istilah dalam charter party yang berarti hari kerja di mana dimungkinkan (jika kapal sedang memuat atau membongkar) atau akan memungkinkan (jika kapal tidak memuat atau membongkar) untuk memuat atau membongkar muatan tanpa gangguan karena cuaca.

WWR: singkatan dari When, Where Ready

Penjelasan: Istilah yang digunakan untuk menentukan waktu dan tempat penyerahan dan penyerahan kembali suatu kapal. Istilah ini dirancang untuk membuat waktu dan tempat menjadi tidak ambigu.

WWWW: singkatan dari WIBON, WICCON, WIFPON, WIPON

Penjelasan: Singkatan dari WIBON, WICCON, WIFPON, WIPON

Post a Comment for "Istilah dan Singkatan dalam Dunia Shipping (Ships Operation)"

Random Posts