Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Arti Tanda Pangkat Pelaut (Epaulette)

Ini Arti Tanda Pangkat Pelaut (Epaulette)

(www.kapaldanlogistik.com) Ini Arti Tanda Pangkat Pelaut - Mungkin banyak dari beberapa orang yang mempunyai cita-cita sebagai pelaut karena kegagahannya untuk berlayar ditengah lautan dan memiliki gaji yang cukup banyak. Kegagahan dari seorang pelaut tidak terlepas dari seragam dan beberapa atribut yang dikenakannya saat bertugas diatas kapal. Sebuah seragam memberikan rasa kebanggan terhadap orang yang memakainya, terlebih lagi jika anda menggunakan sebuah tanda kepangkatan yang merupakan simbol pangkat dari pelaut. Tanda pangkat perwira pelayaran adalah atribut pakaian yang dipasang pada bahu baju pelaut yang menunjukkan urutan jabatan di sebuah kapal, dimana semakin banyak Strip (garis) yang ada pada tanda kepangkatan ini maka semakin tinggi pula jabatannya di atas kapal.

Pada awalnya tidak semua perwira pelaut dari kapal niaga yang menggunakan tanda pangkat pelaut ini, namun lebih terkenal penggunaannya pada kapal penumpang atau kapal pesiar. Namun simbol pada tanda pangkat pelaut baik di kapal niaga dan kapal penumpang memiliki arti yang sama. Selain menunjukkan urutan jabatan diatas kapal, Simbol kepangkatan yang digunakan juga ditujukkan untuk  memberi identitas dan membedakan antara penumpang biasa dengan pelaut yang bekerja diatas kapal. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai tanda pangkat pelaut berdasarkan urutan dari tanda pangkat pelaut tersebut.

Lihat >>> Persyaratan, Tahap, dan Biaya MCU Pelaut

Sejarah Penggunaan Tanda Pangkat Pelaut

Tanda pangkat pelaut ini sudah digunakan oleh perwira kapal dari sejak zaman dahulu. Pada awalnya tanda pangkat ini digunakan oleh kemiliteran bangsa Eropa untuk menunjukkan jabatan mereka di sebuah organisasi militer negara, yang sampai sekarang juga masih digunakan. Dalam bahasa lain tanda kepangkatan ini disebut juga dengan Epaulette yang diambil dari bahasa prancis yang berarti adalah Little Shoulder.

Namun penggunaan tanda kepangkatan dahulu, menggunakan beberapa bahan material berupa perak, emas dan kain biasa yang membedakan antara kepangkatannya satu sama lain. Untuk perak dan emas biasanya digunakan untuk perwira dan kain berwarna digunakan untuk prajurit biasa. Selain itu, tanda kepangkatan dahulu juga memiliki pinggiran-pinggiran wol yang memberikan kesan dekoratif berwarna emas. Seiring dengan perkembangan waktu, tanda kepangkatan ini mulai dipakai pada beberapa bidang, salah satunya adalah digunakan oleh pilot dan pelaut.

Urutan Jabatan Pelaut Berdasarkan Tanda Pangkat Pelautnya

Urutan Jabatan Pelaut Berdasarkan Tanda Pangkat Pelautnya

Tanda kepangkatan pelaut yang dipakai oleh seseorang, dapat membantu mengidentifikasi dari peringkat pelaut itu sendiri. Namun selain hal tersebut, tanda pangkat pelaut ini juga berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab seorang anggota crew kapal dan kedisiplinannya pada pekerjaan mereka. Tanda pangkat yang berwarna emas di pundaknya mencerminkan tanggung jawab yang dilakukan pada waktu yang berbeda dan pencapaian lain dari seorang pelaut. Berikut ini akan dijelaskan mengenai urutan jabatan berdasarkan tanda pangkat pelaut yang dikenakannya.

Lihat >>> Struktur dan Tugas Anak Buah Kapal (ABK) di Atas Kapal

1. Strip 1 Pada Tanda Pangkat Pelaut

Tanda 1 strip pada tanda pangkat pelaut ini merupakan simbol yang dikenakan oleh seseorang yang memiliki urutan pangkat terendah pada hierarki sebuah kapal. Jabatan yang menggunakan tanda kepangkatan ini adalah cadet, 3rd Officer (Mualim 3), 4th Engineer (Masinis 4), 3rd Stewardess. 

2. Strip 2  Pada Tanda Pangkat Pelaut

Tanda 2 strip pada tanda pangkat pelaut ini merupakan simbol yang dikenakan oleh seseorang yang memiliki urutan pangkat yang sudah memiliki pengalaman dan jabatan yang lebih tinggi dari tanda 1 strip pada hierarki sebuah kapal. Jabatan yang menggunakan tanda kepangkatan ini adalah 2nd Officer (Mualim 2), 3rd Engineer (Masinis 3), 2nd Stewardess.

3. Strip 3  Pada Tanda Pangkat Pelaut

Tanda 3 strip pada tanda pangkat pelaut ini merupakan simbol yang dikenakan oleh seseorang yang memiliki urutan pangkat yang sudah memiliki pengalaman dan jabatan yang lebih tinggi dari tanda 2 strip pada hierarki sebuah kapal. Jabatan yang menggunakan tanda kepangkatan ini adalah Chief Officer (Mualim 1), 2nd Engineer (Masinis 2), Chief Stewardess.

4. Strip 4  Pada Tanda Pangkat Pelaut

Tanda 4 strip pada tanda pangkat pelaut ini merupakan simbol yang dikenakan oleh seseorang yang memiliki urutan pangkat yang paling tinggi pada hierarki sebuah kapal. Jabatan yang menggunakan tanda kepangkatan ini adalah Captain dan Chief Engineer (KKM).

Demikian penjelasan mengenai arti tanda pangkat pelaut. Tanda pangkat pelaut ini merupakan simbol dan urutan jabatan seorang pelaut yang bekerja diatas kapal. Fungsi dari tanda pangkat pelaut (Epaulette) adalah untuk memudahkan dalam identifikasi jabatan di sebuah kapal dan juga menunjukkan besarnya tanggungjawab yang dimilikinya di atas kapal 

Post a Comment for "Ini Arti Tanda Pangkat Pelaut (Epaulette)"

Random Posts