Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Merk Mesin Tempel Kapal Terbaik dan Harganya

Daftar Merk Mesin Tempel Terbaik Untuk Kapalmu dan Harganya

(www.kapaldanlogistik.com) Daftar Merk Mesin Tempel Terbaik Untuk Kapalmu dan HarganyaKapal merupakan salah satu transportasi yang umum digunakan baik untuk pelayaran jarak jauh atau jarak dekat. Untuk jarak dekat, biasanya seseorang hanya menggunakan kapal kecil atau perahu untuk menyebrangkan dari satu pulau ke pulau lain. Untuk menggerakan sebuah perahu umumnya terdapat beberapa propulsi yang bisa digunakan, salah satunya adalah marine engine outboard atau yang biasa disebut dengan mesin tempel. 

Mesin tempel adalah salah satu jenis propulsi yang dipasang di kapal yang terletak di luar dan terdiri dari beberapa komponen seperti motor penggerak, gearbox, propeller dan kontrol kemudi. Mesin outboard dipasang pada bagian belakang/ buritan kapal. Terdapat beberapa jenis dari motor tempel bisa digunakan, yaitu mesin 2 tak, mesin 4 tak, atau bahkan juga mesin listrik untuk kapal berukuran kecil. 

Motor tempel ini sering dipakai pada kapal-kapal kecil karena mudah untuk dipasang (portable) dan mudah juga untuk diperbaiki ketika terjadi suatu masalah. Berbeda halnya dengan mesin inboard yang dipasang pada lambung kapal dan perlu menembuskan shaft ke bagian bawah kapal untuk meneruskannya ke propeller kapal.

Dibawah ini kita akan membahas mengenai cara memilih mesin tempel yang cocok untuk kapal/ perahu anda dan juga daftar merk mesin tempel serta harganya yang biasa terdapat di pasaran Indonesia.

Lihat >>> 15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Terkenal

Cara Memilih Mesin Tempel Yang Tepat Untuk Kapal Anda

Memilih motor tempel yang tepat untuk perahu adalah masalah yang terjadi ketika anda sudah membuat sebuah kapal. Pemilihan mesin tempel ini bergantung kepada jenis tipe kapal anda, kebutuhan yang diperlukan oleh anda, dan seberapa cepat kapal anda ingin melaju. Semua pertanyaan ini penting untuk dipertimbangkan ketika melihat berbagai motor tempel. Terdapat beberapa indikator dalam pemilihan sebuah mesin tempel terbaik untuk perahu anda, berikut ini adalah indikatornya:

  • Pemilihan Mesin 2 tak atau 4 tak
  • Daya dan Torsi dari mesin tempel
  • Ukuran panjang dan besar perahu
  • Tujuan penggunaan perahu anda
  • Konsumsi bahan bakar mesin
  • Design mesin yang sesuai dengan perahu
  • Kemudahan perawatan mesin tempel
  • Sistem dan fitur mesin tempel
  • Kemudahan dalam mencari suku cadang di pasaran

7 Daftar Merk Mesin Tempel dan Harganya

1. Merk Mesin Tempel Yamaha

Merk Mesin Tempel Yamaha

Mesin Outboard Yamaha merupakan salah satu merk mesin tempel terkenal yang beredar di Indonesia. Banyak kapal atau perahu yang menggunakan mesin tempel ini karena memiliki kinerja dan keandalan yang baik. Mesin Tempel Yamaha yang ditawarkan bervariasi mulai dari 300 - 150 PK, 115 - 30 PK, 25 - 2.5 PK tergantung dengan besar dan jenis perahu anda. Harga mesin tempel Yamaha bervariasi, sebagai contoh untuk mesin tempel Yamaha 15 PK berkisar Rp. 28 - 30 Juta dan untuk harga mesin tempel Yamaha 40 PK berkisar Rp. 48 - 55 Juta.

2. Merk Mesin Tempel Suzuki

Merk Mesin Tempel Suzuki

Mesin Outboard Suzuki adalah merk yang sering sebagai mesin propulsi untuk kapal/ perahu. Keunggulan yang diberikan oleh merk Suzuki ini adalah durability, Reability, Performance, ecology dan economy. Variasi daya mesin yang ditawarkan oleh Suzuki ini bermacam-macam mulai Small Engine 2.5 - 40 PK, Medium Engine 60 - 115 PK, dan Big Engine 150 - 325 PK. Dari segi harga, Merk Mesin Tempel Suzuki juga tidak kalah murah dengan Merk Mesin Tempel Yamaha diantaranya adalah Harga Mesin Tempel Suzuki 15 PK berkisar Rp. 26 - 28 Juta dan untuk harga mesin tempel Suzuki 40 PK berkisar Rp. 43 - 50 Juta.

3. Merk Mesin Tempel Evinrude

Merk Mesin Tempel Evinrude

Salah satu mesin tempel perahu yang tersedia di pasaran Indonesia adalah Merk Evinrude. Mesin outboard evinrude memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan diantaranya adalah Tampilan yang kekinian dan modern, efisiensi, hemat bahan bakar, perawatan yang mudah. Harga dari merk mesin tempel evinrude beragam yaitu mulai dari Rp. 20 - 22 Juta untuk mesin dengan daya 15 PK dan Rp. 50 - 53 Juta untuk mesin dengan daya 40 PK.

4. Merk Mesin Tempel Mercury

Merk Mesin Tempel Mercury

Mercury Marine adalah merk mesin outboard kapal yang cukup terkenal di dunia yang bisa menjadi pilihan untuk anda. Penggunaan mesin tempel ini dapat memudahkan perahu anda dalam hal pengendalian dan pengoperasiannya. Variasi daya output pada mesin mercury diantaranya adalah mulai dari 2.5 HP yang terkecil hingga 600 PK. Harga yang ditawarkan untuk mesin tempel mercury 2 stroke 15 HP yaitu sekitar Rp. 30 - 32 Juta. Sedangkan untuk Mesin Mercury 40 HP berkisar antara Rp. 50 - 57 Juta.

5. Merk Mesin Tempel Honda

Merk Mesin Tempel Honda

Selain memproduksi untuk mesin mobil dan motor, Merk Honda juga menghasilkan produk mesin outboard untuk kapal/ perahu. Honda sudah berpengalaman dalam melahirkan inovasi dan menawarkan teknologi yang canggih untuk mesin tempel dengan fitur yang ekslusif. Merk mesin honda menyediakan beberapa daya mesin untuk kapal anda mulai dari 2.3 HP - 250 HP. Dari segi harga merk mesin honda dengan kualitasnya pun dapat bersaing dengan merk lainnya yaitu mesin dengan daya 15 HP sekitar Rp. 25 - 32 Juta dan mesin dengan daya 40 HP berkisar antara Rp. 55 - 62 Juta.

Merk Mesin Tempel Tohatsu

Tohatsu merupakan merk mesin outboard perahu dari Jepang yang sudah cukup mendunia di industri yacht dan perkapalan.  Motor tempel Tohatsu lebih dari sekadar spesifikasi, namun motor tempel tohatsu benar-benar memberikan keunggulan dari segi kinerja, keamanan, dan kemudahan penggunaannya. Tohatsu menyediakan mesin tempel dengan 3 kategori utama yaitu Portable (2.5 - 20 HP), Mid-Range (25 - 140 HP), dan High Power (150 - 250 HP) baik 2 stroke dan 4 stroke. Harga mesin tempel Tohatsu bervariasi yakni Harga Mesin Tempel 18 HP berkisar Rp. 27 - 30 Juta, sedangkan untuk Harga Mesin Tempel 40 HP berkisar antara Rp. 77 - 98 Juta

7. Merk Mesin Tempel Parsun

Merk Mesin Tempel Parsun

Mesin Tempel Parsun adalah Merk yang cukup banyak tersedia di Pasaran Indonesia untuk motor kapal/ perahu. Motor tempel Parsun memiliki beberapa jenis mesin baik 2 tak, 4 tak dan EFI. Varian daya dari motor tempel Parsun juga bervariasi mulai dari 2.6 - 85 HP untuk mesin 2 tak, 2.6 - 25 HP untuk mesin 4 tak dan 6 - 60 HP untuk EFI. Soal Harga Mesin tempel Parsun dengan daya 15 PK berkisar antara Rp. 20 - 22 Juta dan Harga Mesin tempel Parsun dengan daya 40 PK berkisar antara Rp. 35 - 40 Juta.

Lihat >>> Seperti Apa Sistem Propulsi Kapal? Begini Penjelasannya

Demikian adalah merk-merk dari mesin tempel terbaik yang bisa anda gunakan untuk boat anda. Pemilihan mesin tempel atau mesin outboard ini biasanya digunakan untuk perahu-perahu kecil yang membutuhkan propulsi yang portable dan pemasangan yang sederhana dengan kekuatan yang tinggi. Tiap brand mesin ini memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari PK yang ada. Diantara merk mesin tempel yang ada adalah Yamaha, Parsun, Suzuki, Envirude, mercury Honda, dan Tohatsu

Post a Comment for "Daftar Merk Mesin Tempel Kapal Terbaik dan Harganya"

Random Posts