Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Terkenal

15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Populer

(www.kapaldanlogistik.com) 15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Populer dan Terkenal - Hampir semua kapal modern menggunakan mesin diesel sebagai penggerak utama kapal, karena kesederhanaan pengoperasian, ketahanan, dan penghematan bahan bakar dibandingkan dengan sebagian besar mekanisme penggerak utama lainnya. Poros engkol yang berputar dapat langsung digabungkan ke propeller dengan mesin melalui gearbox reduksi untuk mesin kecepatan sedang dan tinggi, atau melalui alternator dan motor listrik di kapal diesel-listrik. Rotasi poros engkol terhubung ke poros bubungan atau pompa hidrolik pada diesel cerdas. 

Pemilihan mesin diesel sebagai penggerak utama kapal harus dicermati agar kapal dapat dioperasikan dengan sesuai dan benar. Merk Mesin Diesel Kapal juga menjadi salah satu faktor yang ditentukan oleh owner ketika membangun sebuah kapal, dengan sebab faktor pemilihan karena keandalan mesin, kemudahan dalam mencari suku cadang, penggunaan pengoperasian oleh ABK Kapal sampai dengan aftersales dari merk mesin itu sendiri

Penjelasan dan Perhitungan Sistem Propulsi Kapal >>> Lihat Disini

Berikut adalah daftar merk mesin diesel penggerak utama kapal yang paling populer di dunia.

15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Populer

1. Wartsilla (Sulzer)

Merk Mesin Wartsilla

Wärtsila adalah pemimpin global dalam teknologi marine sebagai merk mesin diesel penggerak utama kapal. Dengan portofolio luas produk dan solusi inovatif dan terintegrasi, Wärtsila memberikan efisiensi, keandalan, fleksibilitas, dan kelestarian lingkungan untuk meningkatkan bisnis pelanggannya. Wärtsila berfokus pada pasar marine dan energi dengan produk, solusi, dan layanan. Model manufaktur Wärtsila menghadirkan fleksibilitas baik untuk manufaktur maupun struktur biaya melalui outsourcing dan mendukung profitabilitas secara independen dari siklus bisnis.

Wärtsila menekankan inovasi dalam teknologi dan layanan berkelanjutan untuk membantu pelanggan kami terus meningkatkan kinerja lingkungan dan ekonomi mereka.  Wärtsila memiliki lebih dari 17.500 profesional di 200 lokasi di lebih dari 70 negaraPada tahun 2020, penjualan bersih Wärtsil mencapai EUR 4,6 miliar. 

2. Caterpillar

Merk Mesin Caterpillar

Caterpillar Marine adalah salah satu daftar merk mesin diesel penggerak utama kapal yang paling populer yang didukung oleh jaringan dukungan dealer di seluruh dunia. Untuk tenaga yang bersih dan andal, pilihan dari jajaran produk kami yang luas yang mencakup marine diesel dan mesin dual fuel propulsion, mesin bantu, genset laut, dan sistem penanganan bahan bakar gas lengkap. Solusi dari merk mesin diesel kami didukung teknologi yang membuat kapal Anda tetap berjalan dengan aman, efisien, dan menguntungkan.

Caterpillar tidak hanya menjual marine engine dan generator set, namun juga menyediakan dukungan kelas dunia melalui jaringan dealer kami. Di mana pun kapal Anda beroperasi, dealer Caterpillar siap dengan alat, teknologi, dan keahlian untuk membantu Anda menjaga agar kapal Anda tetap beroperasi secara produktif dan menguntungkan.

Caterpillar menetapkan standar layanan pelanggan di industri marine. Untuk tujuan ini, Caterpillar telah mempertahankan klasifikasi maritim global DNV GL Group untuk melakukan sertifikasi Marine Service Assessment (MSA) untuk seluruh jaringan dealer Marine Power Systems yang dipunyainya. Hal ini memastikan bahwa customer dapat mengharapkan untuk menerima tingkat layanan yang unggul di mana pun kapal mereka beroperasi.

3. Cummins

Merk Mesin Cummins

Mesin dan generator Cummins termasuk merk mesin diesel penggerak utama kapal yang terbaik dan populer di dunia yang terkenal karena keandalannya. Dari spesialis layanan di cabang hingga teknisi lapangan, mereka selalu siap untuk memastikan mesin anda dalam kondisi baik. Engineer dan teknisi yang dimilikinya telah bersertifikat dan terlatih terhadap akses ke semua teknologi, perkakas, dan teknis terbaru informasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar pertama kali. 

Cummins menawarkan rangkaian lengkap solusi propulsi kecepatan mesin yang dirancang khusus untuk tantangan aplikasi marine komersial, pemerintah, dan yacht. Propulsi cummins mencakup Seri K dan N mekanis dan Seri Quantum elektronik. Baik Seri N maupun Seri K telah terbukti andal dan tahan lama di lingkungan laut selama lebih dari 25 tahun. Cummin memiliki lebih dari 3500 lokasi resmi Cummins di seluruh dunia.

4. Hyundai Heavy Industries

Merk Mesin Hyundai Kapal

Hyundai Heavy Industries Engine & Machinery adalah salah satu merk mesin diesel penggerak utama kapal terbesar di dunia dengan sekitar 35% pangsa pasar global. Hyundai Divisi Engine & Machinery mencapai tonggak produksi 150 juta bhp (brake horse power) di mesin 2-tak pada tahun 2015. Hyundai Engine & Machinery juga merupakan produsen terkemuka mesin propulsi, mesin genset, pompa oli kargo, sistem pengolahan air ballast.

Hyundai Engine & Machinery mencapai tonggak sejarah 10.000 mesin diesel dan gas Hyundai HiMSEN. Ini adalah cerminan dari pertumbuhan yang luar biasa di pasar mesin 4-tak dan menegaskan tempat Hyundai Heavy sebagai pemimpin di pasar mesin 4-tak.

Divisi Mesin & Mesin Hyundai Heavy Industries Co., Ltd. (HHI-EMD) telah memasok "Satu dari Tiga" diesel dua langkah dunia untuk mesin diesel penggerak utama propulsi laut dan pembangkit listrik, dan selalu berusaha untuk menyediakan pelanggan berharga kami dengan produk berkualitas tinggi dan paling ekonomis. Reputasi kami yang mapan didukung dengan baik oleh kinerja luar biasa dalam kategori penggunaan mesin diesel kelautan dan stasioner sejak awal produksi pada tahun 1979.

5. Mitsubishi Heavy Industries

Merk Mesin Mitsubishi

Mitsubishi Marine Engines tersedia dalam berbagai keluaran mulai dari 106 hingga 3850 kW. Merk mesin ini cocok untuk propulsi, mesin bantu, diesel-listrik, darurat dan penggunaan darurat pelabuhan (harbour). Mitsubishi marine engine dirancang khusus untuk penggunaan di laut. Mesin dirancang berdasarkan kapal laut yang digunakan dalam keadaan Tugas Berkelanjutan dan Tidak Terbatas yang dapat diandalkan dengan daya tahan yang luar biasa, efisiensi bahan bakar yang sangat baik dan persyaratan minimal sehubungan dengan pelumas dan suku cadang. Dengan cara ini, Mitsubishi Marine Engines menawarkan keuntungan ganda yaitu kemudahan pengoperasian dan kemudahan perawatan yang optimal.

Merk Mesin Diesel Mitsubishi mengusung fitur compact dalam ukuran, konsumsi bahan bakar yang optimal, ideal untuk berbagai aplikasi, dan dilengkapi dengan turbocharger Mitsubishi berpemilik berkinerja tinggi. Menjaga produk Mitsubishi Anda dalam kondisi optimal adalah tujuan jaringan layanan terampil Mitsubishi

6. MAN Diesel & Turbo

Merk Mesin MAN Diesel dan Turbo

Selama beberapa dekade, MAN yang merupakan merk mesin diesel penggerak utama kapal yang populer telah berinovasi dalam teknologi Marine di bidang-bidang seperti pasokan bahan bakar dan fuel gas, propulsi, after-treatment exhaust, dan solusi hybrid baterai. Beberapa keunggulan merk mesin kapal MAN adalah

  • Solusi MAN untuk mengurangi emisi di laut Teknologi Kontrol Emisi MAN mengurangi emisi kapal melalui teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan memanfaatkan bahan bakar yang lebih bersih.
  • Solusi MAN untuk pengoperasian kapal yang aman Teknologi MAN Operation Control menyederhanakan operasi kapal, membuat sistem propulsinya lebih aman dan lebih mudah digunakan.
  • Solusi MAN untuk efisiensi marine Teknologi Kontrol Efisiensi MAN meningkatkan penghematan bahan bakar kapal untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. 
  • Solusi MAN untuk merangkul digitalisasi : MANmenggunakan teknologi digital untuk bekerja lebih interaktif dengan pemilik dan awak kapal.
  • Layanan ini digital Saat Anda menggunakan MAN PrimeServ untuk mengatasi tantangan besar seperti keberlanjutan bisnis karbon-netral, solusi layanan digital kami memainkan peran besar

7. MTU (Roll Royce)

Merk Mesin MTU Kapal

Selama beberapa dekade, operasi kapal secara komersial telah mempercayai sistem propulsi MTU yang merupakan merk mesin diesel penggerak utama kapal di laut, di sungai dan danau di seluruh dunia. Bergantung pada kebutuhan pribadi pemilik kapal, MTU menawarkan solusi yang berbeda seperti mesin diesel dan gas fuel serta sistem dual fuel engine. Mesin dapat bekerja dengan andal dan efisien sebagai sistem penggerak utama atau tambahan dan menyediakan energi sebagai sistem catu daya terpasang. Performa, kekuatan, dan keandalannya telah terbukti dan umur panjangnya tak tertandingi. Secara alami, semua mesin kelautan MTU juga memenuhi persyaratan dari semua badan klasifikasi yang ada.

MTU menawarkan dukungan profesional yang konsisten mulai dari perencanaan hingga konstruksi. Layanan ValueCare kami meliputi pemeliharaan untuk mengoptimalkan biaya siklus hidup dan memaksimalkan waktu kerja. Secara keunggulannya, MTU menawarkan:

  • Keandalan maksimum pada mesin - ketersediaan dan desain yang ramah perawatan untuk waktu henti yang minimal.
  • Biaya siklus hidup rendah - Pengoperasian yang efektif, konsumsi bahan bakar rendah, dan interval servis yang lama.
  • Peace of mind - ValueCare memungkinkan Anda untuk fokus pada operasi Anda dan menyerahkan sisanya kepada kami.
  • Jaringan di seluruh dunia - Lebih dari 1.200 pusat layanan memberikan dukungan di mana saja dan kapan saja.
  • Pengurangan emisi - Teknologi canggih memenuhi emisi yang berlaku dan peraturan lingkungan.

8. Volvo Penta

Merk Mesin Volvo Penta

Volvo Penta adalah merk mesin diesel penggerak utama kapal yang inovator unik dan juga bagian yang membanggakan dari Grup Volvo. Volvo Penta memanfaatkan pengetahuan, pengalaman, dan kekuatan jaringan global. Dari sistem propulsi hingga driveline, user interface, dan layanan dukungan yang dimiliki, semuanya dirancang, dikembangkan, dan diproduksi bersama. Ini adalah integrasi untuk kegunaan dan kepemilikan yang harmonis – di dalam dan di luar air. Volvo Penta memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman bekerja dengan profesional industri marine. Dengan rangkaian luas sistem penggerak dan mesin untuk propulsi, peralatan bantu, dan genset kapal laut yang lengkap, Volvo Penta dapat memberikan keunggulan kompetitif dengan total biaya kepemilikan yang rendah yang didukung oleh layanan dan dukungan global. 

9. Yanmar

Merk Mesin Kapal Yanmar

YANMAR adalah merk mesin diesel penggerak utama kapal yang sudah dipercaya di seluruh industri kelautan. Sebagai perusahaan dengan tradisi manufaktur mesin selama 1 abad, teknologi mesin yang dimilikinya sering dipakai pada industri pasar kapal. YANMAR Marine International berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan perusahaan dalam industri kelautan global dengan teknologi dan investasi yang inovatif, dengan semangat untuk menawarkan pengalaman yang menarik dan memperkaya kepada customer.

YANMAR Marine International mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan industri kelautan secara keseluruhan. Beberapa keunggulan Yanmar adalah sebagai berikut:

  • Inovasi Legendaris : Lebih Dari 100 Tahun Inovasi Dari Penemu Mesin Diesel Modern Dengan Fokus Berdedikasi Untuk Memajukan Aplikasi industri Marine.
  • Keandalan Yanmar : Melalui Teknik Yang Intensif Dan Terbukti, Yanmar Bangga Membuat Mesin Premium Dan Tahan Lama Yang Tahun Terakhir Setelah Tahun.
  • Jaringan Dukungan Global Jaringan Pusat Penjualan Dan Layanan Yanmar telah Tersedia Untuk Dukungan Yang Cepat Dan Terpercaya Di Lebih Dari 130 Negara Di Seluruh Dunia.
  • Didorong Oleh Keberlanjutan : Komitmen Yanmar Terhadap Masyarakat Dan Lingkungan Menjadikan Produk Kami Menuju Solusi Berkelanjutan Sehingga Kami Dapat Menjamin Dunia Yang Lebih Baik Untuk Generasi Masa Depan.

10. Akasaka

Merk Mesin Kapal Akasaka

Nama merek Akasaka Diesel telah berkembang dan menjadi merk diesel penggerak utama kapal yang dikenal tidak hanya di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia. Dengan kualitas dan teknologi yang unggul, Akasaka telah menjadi salah satu kekuatan pendorong pada industri kapal di dunia khususnya pada kapal komersial dan tanker. Akasaka telah menghadapi tugas membuat mesin lebih kecil dan lebih bertenaga untuk mengembangkan produk baru guna memenuhi kebutuhan zaman. Dalam beberapa tahun terakhir, Akasaka juga telah menerapkan kemampuan dan keahlian teknologi yang diperoleh dari mesin manufaktur ke bidang lain.

  • Mesin Diesel 4 Stroke : Sejak mengembangkan mesin empat langkah pertama kami pada tahun 1933, Akasaka terus bekerja untuk mengembangkan model-model baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan, terus-menerus dengan melakukan peningkatan yang kuat yang menghasilkan jajaran mesin asli dan berkualitas tinggi.
  • Mesin Diesel 2 Stroke : Bertahun-tahun sejak Akasaka menjadi pemegang lisensi Mitsubishi Heavy Industries pada tahun 1960, mesin Akasaka - J-ENG UEC telah menjadi salah satu mesin dua langkah skala besar yang diproduksi di Jepang. Mesin ini digunakan untuk kapal kargo, tanker, kapal kargo berpendingin, pengangkut mobil, dan kapal lainnya.

11. John Deere

Merk Mesin Kapal John Deere

Selama lebih dari 180 tahun, John Deere yang merupakan merk mesin diesel telah memimpin dalam mengembangkan solusi inovatif untuk membantu customer menjadi lebih efisien dan produktif. Selama bertahun-tahun, John Deere memproduksi mesin yang membantu merevolusi industri pertanian dan konstruksi. Kemudian dengan berkembangnya industri perkapalan, John Deere mulai masuk dan membuat mesin untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam industri marine selama lebih dari 30 tahun, pemilik kapal yacht dan komersial mengandalkan mesin penggerak utama, bantu, dan penggerak generator merk John Deere untuk menggerakkan pelayaran mereka. Berikut ini adalah keunggulan merk mesin John Deere:

  • Mesin kelautan John Deere bertenaga, andal, senyap, dan hemat bahan bakar.
  • Mesin menawarkan tenaga yang diperluas dari 60 hingga 559 kW (80 hingga 750 hp).
  • Torsi tinggi dan RPM berperingkat rendah memberikan kontrol kapal yang sangat baik dan penggerak bantu yang andal.
  • Semua mesin didukung oleh jaringan dukungan kami di lebih dari 4.000 lokasi layanan.

12. Daihatsu Diesel

Merk Mesin Kapal Daihatsu

Marine Engine DAIHATSU DIESEL yang merupakan salah satu merk mesin diesel penggerak utama kapal. Saat ini dengan ribuan kapal dagang besar, tanker, kargo, dan sejenisnya, Daihatsu diesel telah mendukung ekonomi global, dengan berfokus ke navigasi laut yang lebih aman dan ramah lingkungan. Perkembangan mesin diesel kapal laut, telah membuat DAIHATSU DIESEL berusaha untuk merekayasa dan menerapkan mesin berkinerja tinggi, membangun pencapaian aktual selama bertahun-tahun dan mengintegrasikan semua faktor yang dicari pelanggan seperti keandalan, daya tahan, pertimbangan lingkungan, pengurangan NOx, kebisingan rendah dan getaran rendah, dan sebagainya. 

Merk Mesin Marine Hanshin Diesel

HANSHIN adalah produsen merk mesin diesel penggerak utama kapal yang komprehensif dan cukup populer di dunia. Hanshin telah mengembangkan berbagai produk dengan teknologi dan inovasi sejak tahun 1918. Pada Januari 2018, Hanshin merayakan 100 tahun berdirinya perusahaan. Dengan slogan "Kebersihan lingkungan adalah prioritas terbaik," Hanshin berfokus pada pengembangan mesin utama yang ramah lingkungan.

Berdasarkan rencana manajemen jangka menengah sebelumnya "Inovasi Mantap & Evolusi 100", Hanshin telah merilis mesin diesel dua dan empat langkah yang dikendalikan secara elektronik, yang dikembangkan untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak. Selanjutnya, Hanshin juga telah mengembangkan mesin gas kecepatan rendah empat langkah pertama di dunia. Menggunakan bahan bakar gas yang menghasilkan gas buang yang jauh lebih bersih daripada bahan bakar minyak berat dan menjadi mesin yang ramah lingkungan.

14. Niigata

Merk Mesin Marine Niigata

Niigata Power Systems Co., Ltd., yang merupakan perusahaan merk mesin diesel kapal ini didirikan dan didorong oleh semangat kepeloporan, keahlian teknis berbasis pengalaman, dan pendidikan serta pelatihan karyawan. Pada tanggal 2 Juni 1919, Niigata berhasil menyelesaikan pengembangan internal mesin diesel kapal pertama di Jepang yaitu M4Z. Layanan Niigata dilakukan oleh Niigata Superior yang menyediakan layanan di seluruh dunia. Tujuan layanan Niigata Superior adalah untuk menyediakan:

  • Pengiriman cepat suku cadang asli dengan permintaan tinggi dari pusat distribusi suku cadang di Ohta
  • Dukungan teknis yang cepat, andal, dan kompeten
  • Diagnosis dan pemecahan masalah dengan jaringan global kami
  • Menghidupkan kembali mesin yang rusak dengan teknisi terampil kami
  • Kualifikasi pelatihan berkelanjutan untuk operator dan pengelola

15. MAK

Merk Mesin Kapal MAK

Sejak tahun 1997, MaK telah menjadi merk mesin diesel penyedia terpopuler di mesin marine dan generator set premium untuk pelanggan di pasar kapal pesiar, feri, kargo, sungai, lepas pantai, tugboat, kapal perikanan, kapal pemerintah dan kapal keruk. MaK adalah salah satu merek mesin terkenal sebagai propulsi kapal dengan kecepatan menengah. Untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, mesin MaK mampu berjalan dengan bahan bakar minyak berat yang irit. Lini produk MaK meliputi mesin diesel laut, gas, dan dual fuel yang digunakan dalam berbagai aplikasi kelautan. MaK menawarkan produk, komponen, dan layanan yang baik dan inovatif. Tim MaK memastikan kebutuhan pelanggan dan memberi solusi mesin kapal yang baik kepada shipowner di dunia.

MaK memiliki warisan lama untuk membangun mesin reciprocating kecepatan menengah kelautan yang berkualitas tinggi, kuat, andal, dan efisien dari fasilitas desain, rekayasa, dan manufaktur utamanya di Kiel Jerman yang dirancang khusus untuk operasi HFO. Mesin kelautan MaK berhasil dipasang dan dioperasikan di aplikasi dan segmen kelautan komersial. Marine engine MaK cocok untuk semua aplikasi kelautan komersial yang membutuhkan rentang daya 1MW hingga 16MW. 

Lihat >>> Daftar Merk Mesin Tempel Kapal Terbaik dan Harganya

1 comment for "15 Daftar Merk Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal Paling Terkenal"

  1. Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

    Yok Tobat Kawan Dan Jangan Lupa Sholat Dan Sholawat😁😀

    ReplyDelete

Random Posts