Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Dipanggil HRD

Contoh CV yang baik dan benar

(www.kapaldanlogistik.com) Tips Membuat CV yang baik dan benar - Dalam dunia pekerjaan, CV (Curriculum Vitae) sangat penting bagi seseorang karena di dalam CV ini merupakan gambaran mengenai diri kita pribadi. Jadi secara singkat Curriculum Vitae (CV) ini adalah ringkasan mengenai diri anda yang meliputi Pendidikan (Education), Pengalaman (Experience), dan Kualifikasi (Qualification) anda yang ingin ditujukan kepada orang lain. Namun mengapa sering terjadi kesalahan dalam pembuatan CV? Hal apa yang mempengaruhi agar CV kita dapat dilirik oleh HRD sebuah perusahaan? Mari kita bahas bagaimana cara menyusun CV yang baik dan benar.

Secara umum CV adalah representasi atau gambaran diri anda yang ditujukan kepada pemberi kerja dalam hal ini adalah perusahaan. Sehingga CV adalah sampul buku diri anda untuk maju ke dalam tahap selanjutnya agar perusahaan dapat memanggil diri anda untuk tahapan seleksi lebih lanjut. Sebagaimana jika dianalogikan ketika anda ingin membeli buku, terkadang anda melihat sampul buku terlebih dahulu. Jika sampul buku tersebut tidak menarik bagi anda, apakah anda tetap mau membeli buku tersebut? peluangnya hanya sedikit untuk calon pembeli ingin membeli buku tersebut. Sama halnya dengan CV, jika CV anda kurang menarik untuk dilihat maka HRD sebuah perusahaan enggan untuk memanggil diri anda untuk melanjutkan proses seleksi lebih lanjut. Maka gunakan sebaik mungkin CV anda untuk menarik perhatian dari perekrut perusahaan.

Lihat >>> Contoh CV Pelaut dan Tips Dalam Test Interview Pelaut

Tips Membuat CV yang baik dan benar

Tips dan Trik Membuat CV yang Baik dan Benar

CV dapat memuat informasi mengenai value yang anda miliki untuk ditawarkan kepada perekrut. CV yang baik adalah CV yang dapat menarik perhatian orang yang membacanya hanya dengan sekilas. Berikut adalah Tips dan Trik membuat CV yang baik dan Benar:

1. Tulislah CV anda semenarik mungkin dan sebenar-benarnya

Dalam menulis CV anda harus membuat CV tersebut dapat menarik perhatian dari perekrut yaitu dengan cara menuliskan isi dari CV secara informatif, lengkap dan sesuai dengan requirement (kebutuhan) dari perusahaan. Design dari CV pun menjadi nilai plus karena enak dipandang oleh pembaca. Isi dari CV juga harus dibuat sebenar-benarnya dalam arti pelamar harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang dia tulis dari CV tersebut.

2. Jangan mencantumkan CV dengan informasi yang tidak penting

Terkadang penulis CV ingin menulis segala hal yang pernah dilakukan dan secara mendalam, namun hal tersebut terkadang menjadi bumerang baginya karena hal tersebut dapat membuang-buang waktu bagi perekrut dalam membacanya, sehingga terlihat tidak efektif. Sehingga hal-hal yang dimuat dalam isi CV yaitu harus berisi gambaran mengenai kualifikasi dan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

3. Menggunakan Font Tulisan yang mudah dibaca

HRD Melihat CV anda

4. Informasi mengenai data pribadi yang lengkap dan disajikan secara ringkas

Dalam membuat CV sebaiknya memberikan informasi mengenai data pribadi anda secara lengkap baik terkait Domisili, Tempat Tanggal Lahir, Kontak yang dapat dihubungi, Pendidikan, Kemampuan Diri (Skill), dan Pengalaman Kerja. Namun hal itu semua harus ditulis secara ringkas, agar perekrut dapat mudah mengenai data diri anda. CV yang baik dapat dibuat dalam 1 - 2 Halaman, sehingga dari ukuran file pun tidak terlalu besar untuk dibaca oleh perekrut.

Informasi mengenai data diri pribadi harus lengkap tak terkecuali adalah foto anda dan kontak pribadi anda. Dalam membuat CV usahakan Foto diri anda menggunakan pakaian yang rapih sehingga menarik untuk dilihat oleh pembaca. Begitu juga mengenai kontak pribadi anda, sebaiknya menggunakan alamat email pribadi anda yang mudah untuk disalin. Mengenai data diri pribadi ini taruhlah di posisi Header dari CV anda, sehingga mudah dilihat oleh perekrut.

5. Masukan Informasi sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Perekrut secara singkat akan menilai CV anda berdasarkan kesesuian data diri anda dengan posisi yang sedang mereka cari. Terkadang CV kita tidak diproses bukan karena CV kita kurang baik, namun karena kompetensi kita tidak sesuai dengan yang mereka butuhkan. Sehingga pastikan lagi bahwa isi dari CV anda sesuai dengan kompetensi yang mereka cari.

6. Membuat CV terlihat berbeda dan menarik bagi Perekrut

Dalam membuat CV ini, anda dapat membayangkan anda sebagai perekrut dari sebuah perusahaan dan melihat isi dari CV anda sendiri. Apakah CV anda terlihat menarik dan terdapat sesuatu yang berbeda dengan kandidat lainnya, anda sendiri yang dapat menentukan apakah CV anda menarik atau tidak.

7. Maksimalkan isi CV anda dengan Pendidikan, Pengalaman, Kemampuan, dan Prestasi yang pernah anda capai

  • Tuliskan Pendidikan Formal dan Informal anda dalam CV. Pendidikan Informal ini dapat termasuk Pelatihan atau Workshop yang tersertifikasi. Buat pemisah yang berbeda antara Pendidikan Formal dan Informal ini sehingga mudah dibedakan oleh pembaca
  • Tulislah Riwayat Pendidikan Formal anda hanya pada pendidikan terakhir saja, atau mungkin 2 pendidikan terakhir anda jika terdapat kekhususan yang menarik bagi posisi yang anda lamar. Dalam Isi Pendidikan Formal ini cantumkanlah Tahun Belajar, Jurusan dan IPK anda.
  • Cantumkan Riwayat Pengalaman kerja anda yang relevan. Jika anda belum pernah bekerja maka anda dapat menuliskan pengalaman magang selama anda kuliah dan pengalaman organisasi anda
  • Dalam menulis Pengalaman Kerja sebaiknya menulis dari Pengalaman kerja terakhir anda dengan memuat informasi Nama perusahaan, Tahun kerja dan deskripsi pekerjaan anda (dengan Point-point lebih baik)
  • Masukan Kemampuan (Skill) yang anda miliki dan relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Kemampuan anda ini akan menjadi nilai tambah bagi perekrut untuk memanggil anda. Masukan Hardskill dan Softskill yang anda punyai juga
  • Anda dapat juga memasukan Prestasi yang anda capai selama anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika anda belum ada pengalaman bekerja maka anda dapat memasukan prestasi yang anda capai ketika sekolah/ kuliah dahulu. Pastikan Prestasi yang anda masukan merupakan prestasi yang dapat menjadi nilai plus bagi perekrut untuk dapat memanggil anda, sehingga masukan prestasi yang relevan bagi posisi yang anda lamar
Membuat pengalaman kerja yang benar pada CV

Cara membuat prestasi yang benar dalam CV

CV merupakan fasilitas bagi anda untuk memperkenalkan diri anda kepada sebuah perusahaan, dengan CV ini proses tahap selanjutnya untuk dipanggil perusahaan akan ditentukan. Sehingga dengan membuat CV anda yang baik dan benar, akan meningkatkan peluang anda untuk dapat diproses. Namun pada akhirnya setelah CV anda di proses oleh perusahaan, diri anda sendiri yang dapat menentukan untuk dapat diterima atau tidak ke sebuah perusahaan.

Post a Comment for "Tips dan Trik Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Dipanggil HRD"

Random Posts