Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Truk Yang Sering Digunakan dan Gambarnya

6 Jenis Truk Yang Sering Digunakan dan Gambarnya

(www.kapaldanlogistik.com) 6 Jenis Truk Yang Sering Digunakan dan Gambarnya - Seringkali kita melihat truk-truk melintas di jalanan dengan membawa barang bawaan yang besar. Truk adalah salah satu tranportasi yang sangat penting yang digunakan untuk membawa muatan di daratan. Dengan adanya truk ini, membuat keefektifan dalam dunia logistik karena kapasitasnya yang cukup besar bila dibandingkan dengan jenis mobil lain pada umumnya. 

Kendaraan truk ini terdapat beberapa jenisnya sesuai dengan tujuan dan fungsinya yang berbeda-beda. Truk ini dapat dibedakan dari bentuk, jumlah sumbu, jumlah roda, dan juga kapasitas atau kubikasi yang dimiliki. Hal tersebut mungkin yang mungkin akan menjadi pilihan anda dalam memilih jenis yang akan digunakan untuk mengangkut barang anda ke lokasi yang dituju.

Jenis - Jenis Truk dalam Logistik

1. Pick Up

Pick Up

Jenis truk 4 roda yang mempunyai bak terbuka dibelakangnya. Bak belakang ini digunakan sebagai tempat menaruh barang atau kargonya. Jenis truk pick up ini mempunyai kapasitas yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis truk lainnya. Truk Pick up ini mempunyai 2 tipe yaitu single cabin dan double cabin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan angkutnya.

Kapasitas  Pickup: 1000 kg

2. Truk CDE (Colt Diesel Engkel)

Truk CDE (Colt Diesel Engkel)

Jenis truk 4 roda seperti halnya pick up, namun memiliki kapasitas tempat muat yang lebih besar. Terdapat 2 tipe truk CDE ini yaitu CDE Box dan CDE bak terbuka. Konfigurasi truk CDE adalah 2 roda dibagian depan dan 4 roda dibagian belakang.

Kapasitas Truk CDE: 2000 kg

3. Truk CDD (Colt Diesel Double)

Truk CDD (Colt Diesel Double)

Jenis truk 6 roda yang tidak jauh berbeda seperti truk CDE, namun jenis truk CDD mempunyai kapasitas muatan yang lebih besar yakni hingga 2x lipat dari CDE. Konfigurasi truk CDD adalah 2 roda di bagian depan dan 4 roda dibagian belakang truk. 

Kapasitas Truk CDD: 4000 kg

4. Truk Tronton

Truk Tronton

Jenis truk dengan 10 roda dengan kapasitas maksimum yang lebih besar dari 3 jenis truk diatas. Konfigurasi truk tronton ini adalah 2 roda dibagian depan, 4 roda dibagian belakang dan 4 roda lagi dibagian belakangnya. Tronton ini menjadi jenis truk favorit untuk membawa muatan atau bisnis ekspedisi barang dalam jumlah besar. 

Kapasitas Truk Tronton: 10.000 kg

5. Truk Wingbox

Truk Wingbox

Jenis truk yang menggunakan 10 roda dimana mempunyai kelebihan dari segi tempat penyimpanan barangnya. Wing box ini dapat dibuka dari 3 sisi sekaligus yang memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang yang diangkutnya. 

Kapasitas Truk Wing Box: 20.000 kg

6. Truk Trailer

Truk Trailer

Jenis truk yang memiliki lebih dari 10 roda dan memiliki daya angkut yang cukup besar. Truk trailer ini biasanya membawa kontainer sebagai satu kesatuan di bagian belakang truk. Sehingga pada truk ini terdapat sistem fitur lock untuk mengunci kontainer agar tidak jatuh ketika dibawa. Truk trailer selain membawa kontainer, sering kita lihat juga untuk membawa mobil atau muatan besar lainnya dibagian belakang.

Kapasitas Truk Trailer: 50.000 kg

Jasa Pengiriman Barang Dengan Truk

Pengiriman barang melalui truk sangat dibutuhkan oleh seorang shipper. Namun tidak semua shipper mempunyai truk, apalagi dengan berbagai macam variasinya untuk memuat barang yang berbeda-beda jenisnya. Maka dari itu pastilah seorang shipper membutuhkan jasa penyewaan sebuah truk untuk membawa muatannya ke tempat tujuan. Berikut adalah perusahaan jasa sewa truk yang ada di Indonesia: 

Kurang lebih seperti itu jenis-jenis truk yang sering digunakan di Indonesia untuk membawa muatannya ke tempat tujuannya. Jenis truk yang ada ini memiliki perbedaan pada kapasitas dan daya angkut yang bisa dibawa. Sehingga ketika shipper menginginkan barang muatannya dibawa, maka perlu memastikan jenis truk apa yang ia gunakan menyesuaikan dengan bentuk dan berat dari barang yang ingin dikirimkannya.

Post a Comment for "6 Jenis Truk Yang Sering Digunakan dan Gambarnya"

Random Posts