Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh CV Pelaut dan Tips Dalam Test Interview Pelaut

Tips dan Trik dalam Interview Pelaut beserta CV Pelaut yang Benar Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

(www.kapaldanlogistik.com) Contoh CV Pelaut dan Tips Dalam Test Interview Pelaut Apakah Anda ingin bekerja di kapal, bekerja di laut atau darat, Anda harus melewati proses tahapan wawancara kerja terlebih dahulu sebelum masuk ke perusahaan tersebut. Tidak peduli berapa banyak pengalaman dan IPK-mu dalam sekolah pelayaran, terkadang pelaut dapat gagal dalam proses interview dengan shipowner/ crew manning agency. Beberapa karyawan yang memiliki skill yang bagus terkadang dapat gagal jika tidak mempersiapkan interview dengan baik. Maka berikut ini akan dijelaskan mengenai tips dalam melakukan interview pelaut dan Contoh CV Pelaut yang baik untuk melamar pekerjaan di perusahaan pelayaran.

Lihat >>> Tips dan Trik Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Dipanggil HRD

Contoh CV Pelaut Dan Isinya

Sama halnya dengan para pekerja di darat, seorang pelaut juga harus mengirim CV (Curriculum Vitae) sebagai dokumen persyaratan dalam melamar kerja. Curriculum Vitae ini menjelaskan mengenai data pribadi, pengalaman, sekolah dan kompetensi yang dimiliki oleh Pelaut untuk dapat bekerja di atas kapal. CV Pelaut biasanya dibuat dalam bahasa inggris, baik ditujukkan untuk perusahaan pelayaran lokal dan Pelayaran Asing. Beberapa hal berikut ini harus dimasukan ke dalam CV Pelaut:

  1. Nama Lengkap (Full Name)
  2. Jenis Kelamin (Gender)
  3. Alamat Lengkap (Address)
  4. Kewarganegaraan (Nationality)
  5. Nomor HP/ Telepon (Number Phone)
  6. E-mail
  7. Dokumen Indetitas yang dimiliki (Seafarer Document)
  8. Riwayat Sekolah (Education Background)
  9. Sertifikat Keahlian Pelaut (Certificate of Competency)
  10. Sertifikat Keterampilan Pelaut (Certificate of Proficiency)
  11. Pengalaman Berlayar (Sea Service)

Untuk sertifikat dan dokumen yang tertera pada CV sebaiknya disertakan dengan nomor sertifikat, date issued, dan date expired. Hal ini untuk memudahkan Crewing Officer untuk menseleksi CV pelaut dan melihat apakah dokumen tersebut asli / palsu.

Berikut ini adalah contoh dari CV Pelaut Terbaru

Bagaimana Contoh CV Pelaut yang Benar?

Untuk mendapatkan CV Pelaut word Bahasa Inggris yang benar, Anda dapat melihatnya >>> disini

Tips dan Trik Untuk Test Interview Pelaut

Wawancara kerja merupakan proses seleksi yang harus dilalui oleh setiap pelaut saat melamar pekerjaan. Mungkin merasa akan sulit jika merasa gugup saat akan menjelang wawancara kerja, apalagi jika wawancara itu menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu setelah anda melamar posisi di kapal, Anda harus mulai melatih keterampilan wawancara anda. Berikut ini adalah tips dan trik yang harus anda persiapkan sebelum melakukan interview di perusahaan pelayaran atau crew manning agency.

  1. Bawa foto dan CV Pelaut
  2. Beri jawaban yang jelas dan spesifik serta tidak terlalu berlebihan.
  3. Beri kesan yang baik pada saat wawancara seperti berjabat tangan, mengucapkan salam, menggunakan pakaian yang rapih
  4. Bersemangat dan berpikir positif, tapi jangan terlalu berlebihan.
  5. Persiapkan fisik Anda dengan tidur yang cukup agar terlihat segar dan tidak lesu saat wawancara
  6. Berdoa sebelum dan sesudah interview

Wawancara kerja yang paling menentukan adalah saat bertemu dengan perwakilan kapal. Jika Anda sudah berhasil melewati proses di crew agency wawancara, tetapi kalau owner menilai masih kurang, maka tetap saja anda tidak dapat diterima sebagai crew kapal.

Pertanyaan yang sering ditanyakan untuk Deck Officer Saat Interview (Bagian Dek)

  1. Introduce Your Self
  2. Responsibility onboard 
  3. PMS (Plan Maintenance System)
  4. MARPOL (Annex 1-6)
  5. ISM Code: Purpose ISM Code, Element ISM Code(ada 16 Element), DPA
  6. ISM Manual
  7. BRM (Bridge Resource Management)
  8. Colreg Rule of road  5,6,9,10,13,14,15,22,23,24,27,28,30,35
  9. Solas: Purpose of SOLAS, 14 chapter
  10. STCW: Purpose of STCW
  11. GMDSS: procedure, log, test and maintenance
  12. GM calculation
  13. Cardinal Marks: Purpose of Cardinal Marks and explain All cardinal Marks
  14. Passage Plan-Preparation & exacution: Guide line passage plan, Chart Publication, Chart Catalog, NTM, Last Update chart, Present Position
  15. Chart correction & publication list
  16. Signal of Vessel Underway poor visibility
  17. Light and Shapes Vessel NUC, restricted ability To maneuver, constrained by draft, aground
  18. Action to take over other vessel
  19. UKC (Under Keel Clearance)
  20. Cara berlayar ketika mengalami heave weather or poor visibility
  21. Ship Certificate: Flag Registry, Certificate of class, Minimum safe certificate, International tonnage certificate, International load line certificate, Document of Compliance, IOPP (International oil pollution prevention).
  22. Class Certificates as the following bellow: Certificate of Classification, International Tonnage Certificate, Cargo Ship Safety Equipment  Certificate, Cargo Ship Safety Radio Certificate, Cargo Ship Safety Construction Certificate , International Load Line Certificate, International Oil Pollution Prevention Certificate, Document of Compliance For The Carriage of Dangerous Goods (IMDG), International Sewage  Pollution Prevention Certificate, Safety Management Certificate (SMC), International Ship Security Certificate (ISSC), etc.
  23. Trading / Flag Certificate as the following bellow : Domestic Shipping Licence, Safe Manning Document, Medicine Chest Certificate, Apparatus Assignment (Station), Ship Sanitation Control  Exemption Cert (Derating), GMDSS Shore Base Maintenance Certificate, Certificate of Insurance for Bunker Oil; Pollution Damage, Document of Compliance, etc
  24. Different between Incident and Near Miss
  25. Life Saving Appliances: Lifebuoys and life jackets, immersion suits, lifeboats, Life raft, Rescue boats, Rocket Parachute flares, Red hand flares, Smoke Signal, Launching and embarkation appliances, Line throwing appliances, General emergency alarm system, Public address system
  26. ISPS Code
  27. IALA
  28. SOLAS - LSA & FFE - drill/maintenance
  29. According the rule LIFE RAFT must be can carry 100 % each side the vessel
  30. According the rule Life jacket must be 100% for all crew and passenger onboard and 20% for spare

Pertanyaan yang sering ditanyakan untuk Engineer Kapal Saat Interview (Bagian Mesin)

  1. Introducing Your Self
  2. Responsibility of Engineer (3rd,2nd,1st and Chief engineer)
  3. SOLAS: Divided into 14 chapters. (Chap.1: General provisions, Chap.2 pt1: Construction, pt2:Fire safety, Chap.3: LSA, Chap4: Radio communications, Chap.5: Safety of navigation, Chap.6: Carriage of cargoes, Chap.7: Carrige og D.G, Chap.8: Nuclear ships, Chap.9: Safety Management of ship (ISM), Chap.10: High speed craft, Chap.11pt.1: Maritime safety pt.2: ISPS, Chap.12: Bulk carrier safety measures. (Only chapters 5 – applies to all vessels on the sea), Chap.13: Verification of Compliance, Chap.14: Safety Measure for ship operating in polar water
  4. MARPOL 73/78 (Annex 1-6)
  5. ISM Code: SOLAS Chapter 9, mandatory 1st July 2002, content 16 clause / part A and part B, the International Safety Management Code for the safe operation of Ships and Pollution Prevention to ensure safety at sea, prevention of human injury or loss of life and avoidance of damage to the environment, safe practices in ship operation and safe working environment. 
  6. ISM Manual: Marine Safety Management Manual Part 1 (Process/ QMS), Marine Safety Management Manual Part2 Vol. 1 & 2 (Work instructions/ procedures/ guidelines), MSMM Part 3 (Form & record checklists)
  7. PMS (Plan Maintenance System)
  8. SOPEP Manual
  9. Standard of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) Amendments on: New rest hours for seafarers, New grades of C.O.C for AB in deck & engine, New and updated training, Mandatory security training, refreshing requirements, Specific Alcohol limits in blood or breath, Additional medical standards.
  10. Type of the pump seperti Ballast pump, bilge pump, cargo pump, dll
  11. Type of ME and AE, seri-seri Engine
  12. Different 2 stroke and 4 stroke
  13. Arti 8 L and 6 L
  14. Procedure Bunker and complete Bunker (check list)
  15. PMS: check list 
  16. Lifeboat engine dan pemeriksaan lifeboat engine
  17. Function OWS and 15ppm, 25Mil
  18. Fungsi dan cara kerja dari beberapa jenis pompa
  19. Cara Menggunakan Breathings apparatus
  20. Fungsi Gear box
  21. CO2 System 
  22. Kenapa Mesin kecepatan medium and high engine speeds harus menggunakan gear box
  23. Trouble shooting Mesin ME dan AE
  24. Safety device di ME AE dan peralatan permesinan lainnya

Demikian Penjelasan mengenai Contoh CV Pelaut Rating, serta tips dan trik dalam proses interview oleh pelaut. Untuk dapat naik ke atas kapal, anda perlu mempersiapkan beberapa hal salah satunya adalah CV Pelaut. Setelah itu dibuat dan dikirimkan kepada perusahaan pelayaran, anda akan melakukan test wawancara dengan crew departement/ crew agency. Sebelum melakukan wawancara dengan user di perusahaan pelayaran, ada sebaiknya anda mempersiapkan dengan matang terhadap beberapa pertanyaan yang biasa keluar pada interview. Diatas tadi sudah dijelaskan mengenai pertanyaan dan basic pengetahuan yang harus anda pahami sebelum melakukan wawancara, mulai dari pengenalan diri, pembahasan SOLAS, ISM Code, MARPOL, dan praktikal-praktikal lainnya berkaitan dengan pengoperasian kapal baik untuk Dek dan Mesin Kapal.

Post a Comment for "Contoh CV Pelaut dan Tips Dalam Test Interview Pelaut"

Random Posts