Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Kapal dan Fungsinya Beserta Gambar - Bagian 1

(www.kapaldanlogistik.com) Jenis - Jenis Kapal dan Fungsinya Beserta Gambar - Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah luas lautan di bumi ini lebih besar dibandingkan dengan luas wilayah daratannya. Dengan luasnya lautan tersebut, manusia dalam kehidupannya membutuhkan sebuah kapal untuk melakukan trading (perdagangan) dari suatu negara ke negara lain. Untuk itu dibutuhkan berbagai jenis kapal laut yang beroperasi di lautan.

Industri shipping memainkan peran besar dalam mengirimkan barang dari suatu tempat ke tempat lain. Dengan adanya perdagangan dan pengiriman barang dari suatu negara ke negara lain, hal ini dapat mengembangkan perekonomian dunia. Karena pada dasarnya setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhan pribadinya dalam menjalankan roda kehidupannya. Bentuk barang yang dikirimkan oleh sebuah kapal bisa berbentuk barang mentah, barang setengah jadi ataupun barang jadi. Dengan banyaknya jenis barang yang dikirimkan ini, akan mempengaruhi dengan jenis kapal yang digunakan dalam pengirimannya. Untuk mengenal lebih jauh jenis-jenis kapal berdasarkan muatannya dan fungsinya akan dijelaskan sebagai berikut.

10 Jenis Kapal Laut Yang Digunakan Untuk Pengangkut Muatan

1. General Cargo Vessel (Kapal Barang Umum)

General Cargo Vessel adalah Jenis Kapal Laut yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang yang umum dengan berbagai jenis dan sudah dikemas baik dalam karung, crate, atau kemasan lainnya. Kapal General Cargo ini biasanya mempunyai crane untuk memudahkan proses bongkar muat barang dari palka ke daratan.

Jenis Kapal General Cargo Vessel

Jenis kapal General Cargo Vessel

Jenis Kapal General Cargo Vessel

2. Container Vessel (Kapal Kontainer)

Kapal Kontainer merupakan jenis kapal laut yang paling umum diketahui oleh banyak orang dimana kapal ini berfungsi untuk mengangkut barang dengan sistem kontainer. Kontainer yang digunakan dapat berukuran 20 feet atau 40 feet. Penjelasan mengenai kontainer dapat dilihat pada Ukuran dan Jenis-jenis Kontainer.

Jenis Jenis Kapal Container Vessel

Jenis Kapal Container Vessel

Jenis - Jenis Kapal Container Vessel

Jenis Kapal Container Vessel

3. Oil Tanker Vessel (Kapal Tanker Minyak)

Kapal Tanker adalah jenis kapal laut yang berfungsi untuk membawa produk minyak baik minyak olahan atau cruide oil. Kapal Tanker ini memiliki ciri khas dengan banyaknya pipa-pipa yang terdapat di sepanjang dek kapal. Berdasarkan ukurannya, kapal tanker ini dapat dibagi menjadi beberapa tipe ukuran yang dapat anda lihat disini. Kapal Tanker ini dapat memuat minyak "Bersih" atau "Kotor". Dimana pada produk "bersih" atau clean product, tangki di dalam kapal ini dilapisi sebuah bahan khusus (coating).

Jenis Kapal Tanker Vessel

Tanker Vessel

Tanker Vessel

Jenis Kapal Tanker Vessel

4. Chemical Tanker Vessel (Kapal Tanker Cairan Kimia)

Chemical Tanker Vessel ini sama halnya dengan Oil Tanker yaitu jenis kapal laut yang mengangkut barang muatan cair. Chemical Tanker ini disebut juga sebagai Parcel Tanker. Dalam membawa kargo yang dibawanya, kapal chemical ini harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Muatan chemical yang dibawa oleh kapal tanker ini contohnya adalah ethane, propene oxide, methyl chloride, ammonia, dan cairan lain yang beralkohol.

Jenis Kapal Chemical Tanker Vessel

Chemical Tanker

Chemical Tanker

5. LNG (Liquid Natural Gas) Ship 

Kapal LNG adalah jenis kapal laut yang dilengkapi dengan sistem keamanan dalam mengangkut LNG. Ciri khas yang membedakan kapal LNG dengan kapal pengangkut lainnya adalah tangki heavy insulated dan temperature controlled yang di milikinya. Gas LNG yang diangkut dalam keadaan cair agar dapat memuat jumlah muatan yang lebih besar dibandingkan ketika dalam wujud gas. Pengangkutan LNG dalam wujud cair ini dilakukan dengan memberikan tekanan tinggi dan penurunan temperature yang bisa mencapai -162 C.

Jenis Jenis Kapal LNG Ship

LNG Ship

LNG Ship

LNG Ship

LNG Ship

6. Dry Bulk Carrier Ship (Kapal Pengangkut Muatan Curah)

Kapal Dry Bulk Carrier adalah jenis kapal laut untuk mengangkut muatan curah seperti bijih besi, batu bara, biji-bijian. Kebutuhan kapal curah saat ini sangat dibutuhkan sekali dimana kapal jenis ini mendominasi sebagai tipe kapal yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia, karena pada dasarnya produk mentah yang diangkut ini akan diolah ditempat lain yang membutuhkan. Ciri khas dari kapal Bulk Carrier ini adalah bukaan palka yang cukup besar dimana hal ini untuk memudahkan dalam proses bongkar muat dari muatan didalamnya.

Jenis Jenis Kapal Dry Bulk Carrier

Dry Bulk Carrier

Dry Bulk Carrier

7. Reefer Cargo Ship (Kapal Kargo Berpendingin)

Kapal Reefer Cargo adalah jenis kapal laut yang hampir sama dengan jenis kapal Kontainer Vessel, namun disini barang muatan yang dibawa perlu suatu treatment pendinginan untuk menjaga kondisi barang yang dibawa tetap baik dari segi kualitasnya. Barang muatan yang biasa dibawa oleh reefer cargo ship ini adalah seperti buah-buahan, daging, sayuran dan beberapa barang lain yang membutuhkan udara dingin.

Jenis Kapal Reefer Cargo Ship

Reefer Cargo Ship

8. Landing Craft Tank (LCT)

Kapal Landing Craft Tank (LCT) adalah Jenis kapal laut yang berfungsi untuk membawa barang dan kargo yang cukup berat dan memiliki keuntungan ketika berada di perairan yang dangkal. Kapal ini sangat efisien di perairan yang dangkal dikarenakan bentuk dan konstruksi dari kapal ini. Kapal ini juga memiliki ramp door yang memudahkan dalam proses menaik dan menurukan barang. Dengan dek yang cukup luas, maka LCT ini dapat menaikan sebuah kendaraan, alat berat, dan material kontruksi lainnya.

Jenis Jenis Kapal LCT

LCT

LCT

9. Barge (Kapal Tongkang)

Kapal Tongkang adalah Jenis kapal laut yang biasanya mengangkut muatan curah dimana tidak mempunyai mesin penggerak sendiri, sehingga untuk dapat bergerak membutuhkan bantuan kapal tunda (tugboat). Karakteristik dari kapal ini adalah berbentuk kotak dan lambung datar dan sering dijumpai di sungai-sungai juga. Saat ini sudah ditemui juga tongkang yang mempunyai mesin penggerak sendiri baik untuk mengangkut muatan curah seperti batu bara yang disebut Self Propelled Barge (SPB) dan untuk mengangkut minyak yang disebut Self Propelled Oil Barge (SPOB).

jenis kapal Barge

Barge

Self Propelled Oil Barge

Self Propelled Barge Bulk

10. Livestock Vessel (Kapal Pengangkut Hewan)

Kapal Livestock adalah Jenis kapal laut yang dirancang untuk mengangkut hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, kuda ataupun kerbau. Hewan ternak dibawa dan diangkut ke tiap-tiap dek yang ada di kapal dan diikat dengan baik. Dalam perancangan kapal livestock ini harus memperhatikan kenyamanan berupa stabilitas dan ventilasi yang baik karena dengan hal tersebut hewan yang diangkutnya tetap dalam kondisi baik dan hewan tidak menjadi stres yang berlebihan. 

Jenis Kapal Hewan Ternak

Livestock Vessel

Masih terdapat beberapa jenis kapal lainnya yang ada di dunia, untuk melihat jenis-jenis kapal lainnya dapat melihat di Jenis-jenis kapal dan fungsinya beserta gambar - bagian 2.

Post a Comment for "Jenis - Jenis Kapal dan Fungsinya Beserta Gambar - Bagian 1"

Random Posts