Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Alat Tangkap Kapal Ikan Beserta Gambarnya

Jenis-Jenis Alat Tangkap Kapal Ikan Beserta Gambar

(www.kapaldanlogistik.com) Jenis Alat Tangkap Kapal Ikan - Terdapat berbagai jenis ikan yang ada di Laut yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia. Dengan banyaknya jenis ikan laut ini, terdapat banyak jenis pula alat tangkap perikanan yang ada dengan variasi pengoperasian alat tangkapnya. Berdasarkan PERMEN KP No. 6 Tahun 2010, terdapat 10 (sepuluh) kelompok Alat Penangkapan Ikan (API) yang menjadi alat tangkap dari sebuah kapal ikan yang terbagi ke dalam fungsi dan cara pengoperasiannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan Jenis alat tangkap kapal ikan beserta gambarnya.

Lihat >> Inilah Alat Tangkap Kapal Ikan Yang Merusak dan Dilarang Pemerintah

1. Jaring Lingkar (Sorrounding Nets)

Jaring Lingkar atau biasa disebut dengan Sorrounding Nets merupakan jenis alat tangkap ikan dengan jaring berbentuk empat persegi panjang. Alat tangkap ini terdiri dari sayap, badan serta dilengkapi dengan aksesorisnya berupa pelampung, pemberat, tali ris atas dan bawah dengan atau tanpa tali kerut/pengerut. Jaring Lingkar ini dibagi menjadi 2 jenis Alkap yaitu:

  1. Purse Seine (Pukat Cincin)
  2. Lampara (Tanpa Purse Lines)

Pengoperasian alat tangkap kapal ikan jenis ini dilakukan dengan cara melingkari gerombolan ikan sehingga menghadang arah gerak dari ikan yang ingin ditangkap. Setelah itu maka ikan akan terkurung di dalam lingkaran jaring. Daerah pengoperasian dengan alat tangkap jenis ini dilakukan pada permukaan sampai dengan kolom perairan dengan kedalaman jarring ≤ 0,75 kedalaman perairan. Pada umumnya alat jenis tangkap kapal ikan ini digunakan untuk menangkap ikan pelagis yaitu ikan yang hidup dengan kedalaman < 200 m. Jenis ikan pelagis antara lain seperti: tongkol, cakalang, kembung, lemuru, bentang dan ikan-ikan lainnya.

Kapal Purse Seine


Kapal Purse Seine

Purse Seine

Purse Seine

Gambar Kapal Purse Seine

2. Pukat Tarik (Seine Nets)

Pukat Tarik atau seine nets ini merupakan jenis alat tangkap ikan dengan menggunakan kantong (cod-end) tanpa net mouth (mulut jaring). Penggunaan jenis alat tangkap pukat tarik ini adalah dilakukan dengan cara melingkari sekumpulan ikan yang berada di bawah air (schooling). Alat tangkap ikan ini menggunakan sayap dan tali selambar dengan menariknya ke kapal yang sedang berhenti/ berlabuh jangkar atau ke darat. Pukat Tarik ini dapat dibagi ke beberapa jenis alat tangkap ikan seperti:

  1. Dogol
  2. Pair Seine
  3. Payang
  4. Cantrang
  5. Lampara Dasar

Penggunaan pukat tarik dilakukan dengan cara dengan cara melingkari sekumpulan ikan yang berada di bawah air (schooling). Alat tangkap ini digunakan untuk menangkap ikan di permukaan perairan, kolom perairan atau dasar perairan. jenis pukat tarik yang digunakan dapat menyasar jenis ikan pelagis/ ikan demersal tergantung. Salah satu jenis pukat tarik yang banyak digunakan di perairan Jawa adalah cantrang yang saat ini dilarang karena menangkap segala jenis dan ukuran serta dapat merusak terumbu karang.

Cantrang Dogol

Kapal Cantrang Dilarang

Cantrang

Gambar Kapal Pukat Tarik (Cantrang)

3. Pukat Hela (Trawl)

Alat tangkap ikan trawl (pukat hela) adalah alat tangkap ikan yang menggunakan trawl board pada jaring dengan kantong (cod-end) dengan dilengkapi dengan net mouth pada alatnya. Pengoperasian alat tangkap ini dilakukan dengan cara dihela disisi atau di belakang kapal yang sedang melaju, sehingga alat tangkap ini disebut dengan pukat hela.

Kapal Pukat Hela ini terbagi menjadi 2 yaitu kapal pukat hela belakang (stern trawl) dan kapal pukat hela samping (side trawl). Kapal jenis ini memiliki geladak kerja di bagian buritan atau di bagian samping kapal sesuai dengan tipe kapal pukat hela yang digunakan. Kelompok alat penangkapan ikan ini dapat digunakan untuk pengoperasian trawl dasar, pertengahan, dan permukaan perairan. Alat tangkap trawl ini dapat dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu:

  1. Bottom Trawl
  2. Midwater Trawl
  3. Otter Twin Trawl
  4. Pukat Dorong

Kapal pukat hela stern trawl dilengkapi dengan alat penarik berupa slip way dan roller di buritan. Fungsi dari roller dan slipway ini adalah sebagai alur pukat hela dari dan ke kapal. Kapal pukat hela side trawl mengoperasikan alat tangkapnya dari samping terutama saat setting dan hauling, namun bagian towing tetap di belakang seperti kapal pukat pada umumnya.

Di Indonesia penggunaan alat tangkap trawl ini dilarang karena dinilai merusak. Disebut merusak karena karena alat tangkap trawl ini menangkap ikan dari segala ukuran, dan juga dapat merusak terumbu karang dan ekosistem dasar laut.

Kapal Trawl

Trawl

Kapal Trawl

Gambar Kapal Trawl

4. Penggaruk  (Dredges)

Alat Tangkap Ikan Penggaruk atau dredges adalah kelompok alat penangkapan ikan dengan cara menggaruk dasar perairan menggunakan kayu atau besi yang bergerigi di bagian bawahnya yang dilengkapi atau tanpa jaring/ bahan lainnya. Dredges digunakan untuk menangkap kekerangan dan biota menetap. Jenis dari Alat Tangkap dredges ini adalah:

  1. Penggaruk Kapal (Boat Dredges)
  2. Penggaruk Tanpa Kapal (Hand Dredges)

Alat tangkap dredges biasanya beroperasi di perairan dangkal atau di pesisir dengan cara menggaruk bagian dasarnya. Pada umumnya alat tangkap penggaruk digunakan untuk menangkap kerang, teripang dan biota menetap lainnya.

Kapal Ikan Dredges

Dredges

Kapal Penggarok

Gambar Kapal Dredges (Penggarok)

5. Jaring Angkat (Lift Nets)

Alat penangkapan ikan jaring angkat atau lift nets adalah kelompok alat tangkap ikan yang menggunakan jaring segi empat dalam pengoperasiannya. Jaring angkat juga dilengkapi dengan kerangka bambu atau bahan yang lainnya. Pengoperasian jaring angkat ini dilakukan dengan cara menurunkan (setting) dan menaikan (hauling) jaring angkat. Alat bantu yang digunakan pada jaring angkat ini biasanya dilengkapi dengan lampu yang berfungsi sebagai pengumpul ikan. Jenis alat penangkapan ikan jaring angkat ini adalah:

  1. Anco (Portable Life Nets)
  2. Jaring Angkat Berperahu seperti Kapal Bagan, Bouke Ami, Bagan Tancap

Pengoperasian jaring angkat ini dilakukan dengan cara menurunkan (setting) dan menaikan (hauling) jaring angkat. Sebagai alat bantunya, alat tangkap kapal ini juga sering dilengkapi dengan lampu untuk menarik perhatian ikan (underwater fishing lamp) atau juga dapat menggunakan rumpon untuk menarik perhatian ikan. Alat tangkap Jaring angkat ini digunakan untuk menangkap ikan jenis pelagis serta cumi-cumi.

Bouke Ami

Bouke Ami

Bouke Ami

Gambar Kapal Jaring Angkat

6. Alat Tangkap Yang Dijatuhkan (Falling Gears)

Alat penangkap ikan yang dijatuhkan atau ditebarkan (falling gears) adalah kelompok alat tangkap ikan yang terbuat dari kayu, bambu, atau besi yang cara pengoperasiannya dilakukan dengan cara menjatuhkan atau menebar jaring. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurung ikan sasaran yang terlihat maupun tidak terlihat.

Alat tangkap ini dioperasikan dengan cara menebar jaring. Kemudian setelah disebar/ dijatuhkan dan ikan terjebak, maka jaring diangkat ke atas kapal. Jenis Alat Tangkap pada kelompok alat tangkap yang dijatuhkan adalah:

  1. Jala Jatuh Berkapal (Cast Net)
  2. Jala Tebar (Falling Gear)

Jala tebar (falling gear) biasanya digunakan di perairan yang dangkal atau sekitar pantai untuk menangkap ikan-ikan kecil. Sedangkan jala jatuh berkapal (cast net) merupakan digunakan di perairan yang lebih jauh dari pantai. Cast net ini adalah hampir mirip dengan bouke ami уаng dioperasikan menggunakan lampu-lampu untuk menarik perhatian ikan. Alat tangkap yang dijatuhkan umumnya digunakan untuk menangkap ikan pelagis bergerombol dan cumi-cumi.

Castnet

Castnet

Castnet

Gambar Kapal Cast Net

7. Jaring Insang (Gillnets)

Kelompok jenis alat penangkapan ikan Gillnets (Jaring Insang) adalah alat tangkap ikan yang menggunakan jaring dengan bentuk persegi empat panjang serta dilengkapi dengan pelampung, pemberat, tali ris atas dan atau tanpa tali ris bawah. Penggunaan alat tangkap ini beroperasi dengan cara menghadang ikan sehingga ikan dapat tertangkap dan terjerat. Kelompok alat tangkap kapal ikan ini dioperasikan di permukaan perairan, pertengahan perairan atau dasar perairan secara menetap, hanyut dan melingkar dengan tujuan untuk menangkap ikan pelagis dan demersal.

Kapal dengan jenis alat tangkap gillnet memiliki design yang sangat sederhana yang memiliki ruang kemudi dibagian belakang dan memiliki geladak terbuka. Umumnya kapal ini berukuran kecil serta tidak terlalu membutuhkan perlengkapan penangkapan. Kelompok Alat Tangkap Jaring Insang dapat dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu:

  1. Jaring Lion Bun
  2. Jaring Insang Hanyut
  3. Jaring Insang Lingkar
  4. Jaring Insang Berpancang
  5. Jaring Insang Berlapis
  6. Combined Gillnets- Trammer Nets

Sistem pengoperasian alat tangkap kapal jenis gill net (jaring insang) ini adalah dengan cara menghadang ikan dengan jaringnya. Ketika ikan tertangkap oleh jaring ini, maka insang ikan akan tertahan pada jaring gillnet ini sehingga mengapa jenis alat tangkap ikan ini disebut dengan Gillnet. Alat tangkap Gill nets menyasar jenis ikan pelagis maupun ikan demersal seperti kakap, kerapu, cucut, pari, kurau, dan lain-lain.

Gillnet

kapal Gillnet

Gillnet

Gambar Kapal GillNet

8. Perangkap (Traps)

Alat penangkapan ikan perangkap (traps) adalah kelompok alat penangkapan ikan yang digunakan dengan cara mengurung ikan yang ada. Perangkap ikan ini dapat terbuat dari bambu, besi, kayu dengan bentuk trapesium, kotak, silinder, dan bentuk lainnya. Alat penangkapan ikan ini bekerja secara pasif pada dasar atau permukaan perairan yang dilengkapi atau tanpa umpan. Jenis alat tangkap pada kelompok perangkap ini adalah:

  1. Bubu
  2. Bubu Bersayap
  3. Stow Nets
  4. Barriers. Fences, Weirs
  5. Perangkap Ikan Peloncat
  6. Muro Ami
  7. Seser

Jenis alat tangkap perangkap ini bekerja secara pasif serta bergantung kepada pergerakan ikan yang bergerak. Pada umumnya kelompok alat tangkap perangkap digunakan di pesisir pantai dengan menyasar kerang dan jenis ikan demersal.

Kapal Bubu

bubu perangkap ikan

Kapal bubu

Gambar Kapal Bubu

9. Pancing (Hook and Lines)

Pancing adalah alat tangkap kapal ikan yang terdiri dari tali yang terhubung dengan kail sebagai mata pancing. Alat Tangkap Pancing merupakan alat penangkapan ikan yang sering kita lihat dan cukup tradisional. Saat ini terdapat beberapa jenis alat pancing yang digunakan oleh nelayan. Namun secara prinsip cara kerja yang dilakukan sama yaitu dengan cara mengulurkan pancing dengan umpannya ke dalam air. Kelompok alat tangkap Pancing dapat terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu:

  1. Handlines / Pole and Lines (Hand Operated)
  2. Handlines / Pole and Lines (Mechanized) seperti Squid Jigging
  3. Rawai
  4. Tonda
Pengoperasian jenis alat kapal ini dapat dilakukan pada permukaan, kolom maupun dasar perairan. Alat tangkap pancing umumnya digunakan untuk menyasar jenis ikan pelagis ataupun ikan demersal yang tergantung pada jenis pancing dan umpan yang digunakan. Jenis ikan yang ditangkap oleh alat tangkap pancing ini seperti Tongkol, Tuna, Cakalang, Cumi, dan lain-lain.

Handline

Longline

Kapal pole and line

Kapal Rawai

Gambar Kapal Pancing

10. Alat Penangkap Ikan Lainnya

Kelompok jenis alat penangkapan ikan lainnya merupakan alat penangkapan ikan yang dioperasikan dengan cara mengait dan melukai ikan yang menjadi sasarannya. Alat tangkap ini dapat berupa batang yang terbuat dari kayu, besi atau bahan lainnya dengan satu atau lebih bagiannya yang tajam seperti tombak. Pengoperasian alat tangkap ini lebih dengan cara mencengkeram, mengait, melukai atau menembakkan alatnya ke sasaran ikan yang ingin ditangkap.

Jenis Alat tangkap yang termasuk pada kelompok ini adalah seperti tombak dan panah. Alat tangkap kapal ikan ini sering digunakan tidak jauh dari pantai untuk menyasar ikan pelagis, ikan emersal atau juga dapat digunakan di tengah laut yang umumnya untuk menangkap mamalia besar seperti paus.

Kapal Tombak

Kapal Tombak

Kapal Harpoon

Gambar Kapal dengan Alat Tangkap Lainnya

Post a Comment for "Jenis Alat Tangkap Kapal Ikan Beserta Gambarnya"

Random Posts