Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Daftar Perusahaan Pelayaran Luar Negeri Terbesar di Dunia

Daftar Perusahaan Pelayaran Luar Negeri

7 Daftar Perusahaan Pelayaran Kontainer dan Tanker Luar Negeri Terbesar di Dunia - Perusahaan Pelayaran adalah suatu organisasi yang menjalani bisnis dalam bidang pengangkutan barang atau muatan baik ekspor, impor ataupun hanya melayani di suatu regional negara. Sebuah perusahaan pelayaran memiliki keunggulan dan marketnya masing-masing tergantung rute dan tipe muatan yang diangkutnya. 

Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan pelayaran luar negeri yang cukup terkenal di dunia.

7 Daftar Perusahaan Pelayaran Kontainer Luar Negeri Terbesar di Dunia

1. MSC Group

Perusahaan Pelayaran Kontainer MSC Group

MSC merupakan singkatan dari Mediterranean Shipping Company. Perusahaan pelayaran luar negeri ini merupakan perusahaan shipping terbesar di dunia yang mempunyai kantor pusat di Swiss. MSC group telah berkembang begitu pesat dan telah beroperasi di 155 negara. MSC Group mempunyai beberapa tipe kapal pengiriman barang, termasuk juga mengoperasikan kapal dengan tipe kapal pesiar yang diberi nama MSC Cruise. Selain MSC juga melayani Intermodal Service dan Multimodal Service, sehingga tidak hanya pengoperasian kapal namun juga mempunyai lini transportasi di darat muai dari trucking, trailer, dan sebagainya.

2. AP Moller - Maersk

Perusahaan Pelayaran Kontainer AP Moller - Maersk

A.P. Moller - Maersk adalah perusahaan pelayaran yang berasal dari Denmark yang mengoperasikan kapal kontainer yang terintegrasi dengan anggota Grup A.P. Moller. Shipping company ini mempunyai tim yang berkisar 95000 dan beroperasi di 130 negara. Maersk sudah lama dikenal sebagai salah satu perusahaan yang dipercaya dalam pengiriman barang ekspor impor di seluruh dunia dengan total kapasitas mencapai 4,1 juta TEU, dimana jumlah kapal yang dipunyai oleh Maersk yaitu sekitar 708 kapal yang terdiri dari 307 kapal kontainer sendiri dan 401 kapal kontainer sewaan (update 2019).

3. CMA CGM

Perusahaan Pelayaran Kontainer CMA CGM

CMA CGM adalah salah satu perusahaan pelayaran luar negeri yang cukup besar dan andal dalam penanganan pengiriman barang di dunia. Perusahaan pelayaran ini merupakan hasil penggabungan dari perusahaan CMA dan CGM. CMA CGM mempunyai kantor pusat di Prancis dan berdiri pada tahun 1996. Bersama Maerks dan MSC, CMA CGM menjadi leading dalam industri shipping di dunia sebagai "Big 3 Shipping Companies". Per Januari 2022, CMA CGM mempunyai mempunyai total kapal sebanyak 569 kapal dengan total mencapai 3 juta TEU.

4. Cosco Shipping Line

Perusahaan Pelayaran Kontainer Cosco Shipping Line

COSCO Shipping Line merupakan perusahaan pelayaran hasil dari merger COSCON dan CSCL dimana masing-masing perusahaan adalah shipping company terbesar di China. COSCO Shipping Lines memiliki 505 kapal kontainer dengan kapasitas mencapai lebih dari 3 juta TEU. Perusahaan memiliki 403 rute internasional di 144 negara. COSCO Shipping Line mengembangkan bisnisnya dengan cepat dengan melihat pangsa pasar TEU meningkat 126% antara tahun 2000 dan 2006, sehingga pada tahun 2007 menjadi perusahaan transportasi peti kemas terbesar ke-6 di dunia dalam hal kapasitas armada.

5. Evergreen

Perusahaan Pelayaran Kontainer Evergreen

Evergreen Line adalah 6 grup perusahaan pelayaran peti kemas yang terdiri dari Evergreen Marine Corp. (Taiwan), Italia Marittima, Evergreen Marine (UK), Evergreen Marine (Hong Kong), dan Evergreen Marine (Singapura) dan pada tahun 2021 Evergreen Marine (Asia) masuk bergabung ke group ini. Shipping Company ini telah mengoperasikan keseluruhan armadanya hingga 1,2 Juta TEU dengan jumlah armada kapal lebih dari 300 Kapal. Evergreen Line mempunyai jumlah pegawai lebih dari 6.700 personel dan melayani lebih dari 315 lokasi di dunia baik Asia, Amerika, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Afrika.

6. Hapag Llyod 

Perusahaan Pelayaran Kontainer Hapag Llyod

Hapag-Lloyd adalah perusahaan pelayaran kapal global terkemuka di luar negeri. Hapag Llyod mempunuyai 257 kapal dengan kapasitas mencapai 1,8 juta TEU (Twenty-foot Equivalent Unit) yang diangkut per tahun. Perusahaan pelayaran ini juga mempunyai karyawan sekitar 13.900 di 418 kantor yang tersebar di 137 negara. Sebanyak lebih dari 120 layanan liner di seluruh dunia, dilayani oleh Hapag Llyod dalam pengiriman barang dan muatan dengan memastikan koneksi yang cepat dan andal antara lebih di semua benua. Hapag-Lloyd adalah salah satu operator terkemuka dalam perdagangan Transatlantic, Timur Tengah, Amerika Latin dan Intra-Amerika.

7. Ocean Network Express

Perusahaan Pelayaran Kontainer Ocean Network Express

Ocean Network Express biasa disingkat dengan ONE merupakan salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia yang mempunyai kantor pusat di Singapore. ONE ini merupakan hasil merger dari Shipping Company besar yang berasal dari Jepang pada tahun 2017. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya dan melebarkan sayapnya untuk dapat bersaing dengan perusahaan pelayaran yang berasal dari Eropa.  Perusahaan pelayaran ONE telah beroperasi di lebih dari 120 negara di dunia. Jumlah armada kapal perusahaan ONE lebih dari 220 kapal dan mempunyai ukuran Kapal adalah 1.611.060 TEU yang merupakan terbesar ke-6 di dunia (per September 2021).

7 Daftar Perusahaan Pelayaran Tanker Luar Negeri Terbesar di Dunia

1. Mitsui OSK Lines

Mitsui OSK Lines

Mitsui OSK Lines atau disingkat MOL adalah salah satu perusahaan tanker terbesar di dunia tabg dapat menghasilkan revenue USD 10 miliar. Mitsui OSK Line telah mengoperasikan lebih dari 930 armada kapal dengan total kapasitas 66 juta ton bobot mati (DWT) yang mencakup kapal tanker, pengangkut batubara bertenaga uap, pengangkut LNG, dan offshore. Tipe kapal Mitsui mencakup kapal pengangkut minyak mentah VLCC lebih dari 200.000 DWT hingga ukuran kapal yang kecil seperti Aframax. Perusahaan Shipping Mitsui berkontribusi pada pengiriman minyak mentah hampir ke seluruh dunia dengan mengangkut produk minyak olahan seperti minyak gas, nafta, dan bensin, kapal tanker kimia yang mengangkut produk kimia cair, dan pengangkut metanol.

2. Teekay

Teekay

Teekay adalah perusahaan kapal tanker minyak mempunyai Headquarter di Kanada yang melayani pengangkutan minyak mentah (crude oil), LNG, dan LPG. Teekay berdiri pada tahun 1973 dan telah mengoperasikan armada yang bernilai USD 12 miliar seperti  tanker gas dan minyak dan struktur lepas pantai. Dalam proses bisnisnya beberapa tahun lalu, Teekay dapat menghasilkan USD 2 miliar dan menjadikannya salah satu perusahaan tanker minyak terbesar di dunia berdasarkan pendapatan. Teekay sendiri mempunyai lebih dari 50 kapal tanker dengan berbagai ukuran mulai dari aframax tanker hingga VLCC.

3. Euronav NV

Euronav NV

Euronav merupakan perusahaan pelayaran luar negeri yang berdiri pada tahun 1995 dan menyediakan layanan kapal tanker terkemuka dan berpengalaman di seluruh dunia. Euronav memiliki kantor pusat di Belgia dengan memiliki revenue mencapai USD 1,4 miliar. Tipe kapal Euronav mencakup kapal FSO, V-PLus, VLCC, dan Suezmax yang digunakan di pasar spot charter ataupun time charter. Kapal Euronav banyak mengibarkan bendera Belgia, Yunani, Prancis, Liberia, dan Kepulauan Marshall dengan jumlah armada kapal lebih dari 70 kapal. 

4. Scorpio Tanker

Scorpio Tanker

Scorpio Tankers adalah perusahaan shipping line internasional terkemuka yang bergerak dalam pengangkutan produk minyak olahan. Jumlah kapal dari Perusahaan ini terdiri dari 131 kapal tanker sewaan yang dimiliki sepenuhnya, disewakan atau bareboat. Scorpio tanker memiliki headquarter di Monaco yang didirikan pada tahun 2009. Revenue perusahaan scorpio tanker dapat mencapai USD 950 juta. 

5. Frontline Ltd.

Frontline Ltd.

Perusahaan pelayaran Frontline Ltd. merupakan salah satu perusahaan tanker terbesar di dunia yang berbasis di Hamilton, Bermuda. Frontline telah lama bergerak dalam industri transportasi minyak dunia dimana didirkan pada tahun 1985. Revenue yang dapat dihasilkan oleh Frontline Ltd. dapat mencapai USD 950 juta, dimana jumlah pengoperasian kapalnya dapat mencapai lebih dari 70 kapal. Tipe kapal yang dimiliki Frontine mulai dari aframax, suezmax, hingga VLCC.

6. DHT Holdings

DHT Holdings

DHT Holdings adalah perusahaan oil tanker yang menyediakan pelayanan pengangkutan muatan minyak mentah dengan berbagai ukuran kapal tanker seperti VLCC, Aframax, Suezmax di berbagai rute di dunia. Perusahaan pelayaran yang mempunyai headquarter di Hamilton, Bermuda dapat menghasilkan revenue hingga USD 500 juta. Selain itu DHT Holding juga mempunyai manajemen yang terintegrasi di beberapa lokasi di dunia seperti di Monaco, Norway dan Singapore. Jumlah kapal yang dimiliki sendiri oleh DHT Holding sebanyak 25 kapal.

7. Tsakos Energy Navigation

Tsakos Energy Navigation

Tsakos Energy Navigation Ltd. adalah salah satu perusahaan pengangkut minyak terbesar di dunia yang memiliki armada seperti kapal tanker minyak mentah, LNG, dan kapal muatan olahan energi lainnya. TEN Ltd. didirikan di Bermuda dan dikelola di Athena Yunani dengan revenue penghasilan mencapai USD 500 juta. Sejak awal, Perusahaan TEN Ltd. telah membangun reputasi yang kuat sebagai operator kapal tanker yang berpengalaman dan efisien serta memiliki catatan pertumbuhan yang luar biasa. Saat ini TEN Ltd. telah memiliki armada lebih dari 6 kapal tanker dengan berbagai ukuran mulai dari Panamax, Aframax, Suezmax, hingga VLCC. 

Post a Comment for "7 Daftar Perusahaan Pelayaran Luar Negeri Terbesar di Dunia"

Random Posts