Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Mengatasi Mabuk Laut Saat Naik Kapal

Tips dan Cara Mengatasi Mabuk Laut Saat Naik Kapal

Tips dan Cara Mengatasi Mabuk Laut Saat Naik Kapal - Perjalanan dengan sebuah kapal masih menjadi salah satu alternatif bagi seseorang untuk dapat pergi ke daerah tertentu. Penggunaan kapal sangat menguntungkan karena dari segi biaya dan barang muatan yang dibawa dapat lebih banyak bila dibandingkan dengan menggunakan pesawat.

Namun salah satu kendala yang dapat ditimbulkan ketika seseorang ingin naik kapal adalah Mabuk laut. Mabuk laut ini dapat berasal dari beberapa faktor yang diantaranya karena guncangan dan goyangan dari kapal yang disebabkan oleh gelombang laut. Disini akan dijelaskan mengenai Tips dan Cara Mengatasi mabuk laut ketika anda berpergian dengan menggunakan kapal.

1. Hindari Berpergian dengan Kapal Dengan Perut Kosong

Hindari Berpergian dengan Kapal Dengan Perut Kosong

Sebelum berpergian dengan menggunakan kapal, hindari berangkat dengan perut kosong. Hal ini dapat menyebabkan anda mabuk laut saat kapal berlayar. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan secukupnya dan tidak makan makanan yang berlebihan. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang cukup, akan membuat tubuh kita berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas selama pelayaran kapal berlangsung.

2. Istirahat Yang Cukup Selama Perjalanan Kapal

Istirahat Yang Cukup Selama Perjalanan Kapal

Perjalanan dengan menggunakan kapal dapat menempuh waktu yang cukup lama. Hal ini dapat menyebabkan stamina dan energi yang ditimbulkan selama perjalanan dapat terkuras habis. Untuk itu, istirahat yang cukup selama perjalanan di atas kapal dapat menghindari penumpang terhadap mabuk laut yang terjadi.

3. Hindari Makanan dan Minuman Yang Dapat Memicu Mabuk Laut

Hindari Makanan dan Minuman Yang Dapat Memicu Mabuk Laut

Memakan makanan yang tepat saat berada di atas kapal dapat menghindari diri kita dari mabuk laut. Anda harus memilih dan memerhatikan segala makanan dan minuman yang akan anda bawa saat berlayar dengan kapal. Memakan makanan junk food, makanan pedas, makanan berminyak, minuman beralkohol, minuman bersoda dapat menyebabkan parahnya mabuk laut yang anda rasakan. Disarankan agar anda untuk memilih makanan ringan yang membuat perut anda nyaman ketika terdapat goyangan dari ombak laut dan sebaiknya untuk tetap menjaga dan memperbanyak minum air putih.

4. Pilihlah Lokasi Tempat Duduk Yang Nyaman Di Kapal

Pilihlah Lokasi Tempat Duduk Yang Nyaman Di Kapal

Lokasi tempat duduk yang nyaman dan aman dari goyangan gelombang laut yang bekerja pada kapal, dapat membantu dalam mengatasi mabuk laut yang terjadi. Lokasi tempat duduk yang nyaman dan aman bagi penumpang kapal dapat berada di tengah kapal dan dibagian dek bawah, karena titik tersebut merupakan titik pusat dari rolling sebuah kapal. Selain itu, duduk di tempat yang searah dengan laju kapal dapat menghindari dari pusing dan mabuk laut. Dengan duduk dan beristirahat di tempat tersebut, membuat kita tidak terlalu terasa akan guncangan dan pusing yang terjadi.

5. Menyiapkan Obat-obatan Pribadi Anti Mabuk Laut

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi Anti Mabuk Laut

Perjalanan kapal yang ditempuh mungkin akan memakan waktu berhari-hari atau paling singkat berjam-jam untuk mencapai tujuan ke tempat yang dituju. Dengan lamanya waktu tempuh ini, disarankan bagi anda untuk membawa obat-obatan pribadi yang dapat membantu anda untuk dapat menghilangkan rasa mabuk laut yang dirasakan. Beberapa obat anti mabuk laut adalah Anthistamin, Antidopaminergik,  Hyoscine. Selain itu terdapat beberapa obat herbal alami yang dapat anda konsumsi yaitu Jahe, Teh, Pepermint, dan menggunakan minyak kayu putih. 

6. Memandang Kejauhan dan Sesekali Menghirup Udara Segar ke Luar Ruangan

Memandang Kejauhan dan Sesekali Menghirup Udara Segar ke Luar Ruangan

Stress dalam sebuah ruangan di kabin kapal kadang dapat memicu terjadinya mabuk laut. Selain itu, karena anda berada dalam suatu ruangan yang sempit, dapat juga menyebabkan terjadinya mabuk laut. Maka itu disarankan bagi anda untuk keluar dengan melihat kejauhan dan memandang pemandangan diluar, dengan sesekali menghirup udara segar di luar ruangan.

7. Hindari Membaca Buku dan Bermain HP Terlalu Lama

Hindari Membaca Buku dan Bermain HP Terlalu Lama

Untuk menghilangkan penat yang berlebihan ketika menggunakan kapal yang menempuh waktu yang berjam-jam lamanya, mungkin anda ingin membaca sebuah buku atau novel ataupun bermain HP. Membaca sebuah buku atau bermain HP selama perjalanan menggunakan kapal, dapat menyebabkan lelahnya mata dan menimbulkan rasa mabuk laut ketika di kapal. Maka dari itu, ketika berada di atas kapal sebaiknya anda untuk sesekali keluar dan bergerak ke sekeliling kapal untuk menghirup udara segar.

8. Hindari Bau Yang Tidak Mengenakan

Hindari Bau Yang Tidak Mengenakan

Dengan banyaknya orang yang naik dan segala aktivitas yang ada di kapal, mungkin saja dapat menimbulkan bau-bau yang tidak sedap selama perjalanan di atas kapal. Aroma dan bau yang tidak mengenakan ini, dapat membuat tubuh kita mengalami mabuk laut. Salah satu cara agar menghindari hal ini adalah dengan berpindah tempat ke tempat lain dan juga menggunakan masker untuk menghalangi bau-bau yang tidak sedap bagi tubuh kita.

9. Mendengarkan Musik Selama Perjalanan di Atas Kapal

Mendengarkan Musik Selama Perjalanan di Atas Kapal

Ketenangan dan kerileksasian sebuah badan dan otak dari seseorang dapat mempengaruhi rasa pusing dan mabuk yang dialami. Mendengarkan musik selama perjalanan dapat membuat anda nyaman selama perjalanan. Dengan mendengarkan musik ini, dapat membuat anda rileks dan membuat suasana perjalanan tidak terasa yang ditempuh selama berjam-jam.

Demikian penjelasan mengenai tips dan cara mengatasi mabuk laut saat naik kapal. Mabuk laut bagi seseorang merupakan kendala yang sering terjadi terutama saat naik kapal laut. Hal ini dapat dihindari dan diatasi dengan beberapa hal sehingga membuat tubuh dapat menahan dari pusing, mual dan mabuk laut yang berlebihan. Semoga tips dan cara diatas dapat membantu anda untuk mengurangi rasa mabuk laut yang terjadi.

Post a Comment for "Tips dan Cara Mengatasi Mabuk Laut Saat Naik Kapal"

Random Posts