Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kapal Selam Terbesar di Dunia

Daftar Kapal Selam Terbesar di Dunia

(www.kapaldanlogistik.com) Kapal Selam Terbesar di Dunia dan Daftar Kapal Selam Indonesia - Kapal selam merupakan Alutsista yang harus dimiliki oleh suatu negara karena kecanggihan dan kemampuannya untuk melumpuhkan musuh yang ada. Selain sebagai kekuatan militer suatu negara, kapal selam ini juga dapat digunakan untuk kepentingan lainnya seperti research dan keilmiahan kelautan. Berikut ini adalah 10 daftar kapal selam terbesar yang ada di dunia.

Lihat >>> Pengertian dan Mekanisme Kerja dari Kapal Selam

10 Daftar Kapal Selam Terbesar di Dunia

1. Kapal Selam Terbesar Ke-1: Tyhpoon Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-1: Tyhpoon Class (Rusia)

Typhoon memiliki displacement > 48.000 ton dan merupakan kelas kapal selam terbesar di dunia. Ini adalah kapal selam bertenaga nuklir yang dilengkapi dengan rudal balistik. Kapal selam Typhoon Class memiliki panjang 175m, lebar 23m, dan draft 12m. Hal ini didukung oleh dua reaktor air nuklir, dua turbin uap 50.000hp dan empat turbogenerator 3.200KW. Thypoon Class dapat berlayar dengan kecepatan 22.2kt di permukaan dan 27kt di bawah air. Lambung bertekanan ganda membuat Typhoon lebih lebar dari kapal selam lainnya. Anggota kru dapat dengan nyaman tinggal di kapal selama 120 hari.

2. Kapal Selam Terbesar Ke-2: Borei Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-2: Borei Class (Rusia)

Kelas Borei menempati peringkat sebagai kapal selam terbesar kedua di dunia. Dengan displacement kapal mencapai 24.000 ton, kapal selam ini menggunakan rudal bertenaga nuklir yang membawa kapal selam yang melayani pasukan angkatan laut strategis Rusia. Kelas Borei memiliki panjang 170m, lebar 13,5m dan draft 10m. Pembangkit listriknya terdiri dari reaktor nuklir OK-650, satu turbin uap, dan satu poros propeller. Kapal selam class ini dapat berlayar dengan kecepatan 15kt di permukaan dan 29kt saat tenggelam. Kapal selam ini bisa membawa 16 rudal dan gudang senjata yang mencakup 6 hulu ledak kendaraan re-entry, 6 tabung torpedo 533mm dan rudal jelajah RPK-2 Viyuga.

3. Kapal Selam Terbesar Ke-3: Ohio Class (Amerika Serikat)

Kapal Selam Terbesar Ke-3: Ohio Class (Amerika Serikat)

Kelas Ohio adalah kapal selam terbesar ketiga di dunia yang pernah dibuat. Angkatan Laut AS memiliki 18 kapal selam kelas Ohio bertenaga nuklir, masing-masing dengan bobot terendam 18.750 ton dan panjang 170 meter, lebar 13 meter, dan draft 10,8 meter. Kecepatan kapal selam di permukaan adalah 12 knot, dan kecepatan di bawah air adalah 20 knot. Kapal selam memiliki turbin bertekanan sag dengan gearbox. Kelas kapal selam mencakup satu poros dengan propeller tujuh bilah dan satu motor diesel tambahan. Kapal selam ini dapat membawa total 24 rudal trisula.

4. Kapal Selam Terbesar Ke-4: Delta Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-4: Delta Class (Rusia)

Kelas Delta merupakan kapal selam terbesar ke-4 di dunia dengan displacement sebesar 18.200 ton. Dua reaktor berpendingin air bertekanan dan dua turbin uap menggerakkan dua propeller dengan lima bilah yang merupakan bagian dari pembangkit listrik, dengan panjang 166 meter, lebar 12,3 meter, dan kedalaman 8,8 meter. Kecepatan tenggelam kapal selam adalah 24 knot dengan persenjataannya berisi 16 r29 SLBM untuk 533 milimeter dan dua tabung torpedo 400 milimeter.

5. Kapal Selam Terbesar Ke-5: Oscar II Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-5: Oscar II Class (Rusia)

Kelas Oscar 2 merupakan suksesor dari Kelas Oscar I yang dimiliki oleh Rusia. Lambung ganda kapal selam bertenaga nuklir generasi ketiga dibagi menjadi sepuluh kompartemen utama. Kapal selam ini memiliki panjang 155 meter dan lebar 18 meter, dengan 24 rudal jelajah anti kapal dan enam tabung torpedo, Kapal selam ini juga dilengkapi dengan 24 P-700 Granit Anti-Ship Cruise Missile. Kelas Oscar 2 ditenagai oleh 2 reaktor berpendingin air bertekanan dan dua turbin uap. Sistem propulsi memungkinkan kecepatan terendam maksimum 32 knot dan kecepatan permukaan 15 knot.

6. Kapal Selam Terbesar Ke-6: Vanguard Class (Inggris)

Kapal Selam Terbesar Ke-6: Vanguard Class (Inggris)

Kelas Vanguard merupakan kapal selam terbesar ke-6 yang memiliki displacement sebesar 15.900 ton. Kapal selam rudal balistik ini bertenaga nuklir yang dipunyai Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Kelas tersebut terdiri dari empat kapal selam, yaitu Vanguard, Victorious, Vigilant dan Vengeance. Kapal selam itu dibangun oleh Vickers Shipbuilding and Engineering. Kapal selam Vanguard Class memiliki panjang 149,9 m dan memiliki lebar 12,8 m dan draft 12 m. Mesin utamanya mencakup satu reaktor air bertekanan yang diproduksi Rolls-Royce, 2 turbin 20.5MW yang diproduksi GEC, 2 motor penggerak tambahan yang dapat ditarik dan 1 penggerak jet pompa poros. 2 generator turbo dan 2 alternator diesel juga terpasang di kapal. Kapal selam ini dipersenjatai dengan 16 rudal Trident II dan empat tabung torpedo 533mm. Kapal selam ini memiliki kecepatan submerged mencapai 25kt.

7. Kapal Selam Terbesar Ke-7: Triomphant Class (Prancis)

Kapal Selam Terbesar Ke-7: Triomphant Class (Prancis)

Kelas Triomphant memiliki displacement sebesar 14.335 ton dimana hal tersebut membuat kelas kapal selam ini masuk ketuju kapal selam terbesar di dunia. Kapal selam rudal balistik nuklir ini dipunyai oleh Angkatan Laut Prancis dan merupakan bagian dari kekuatan serangan pencegah nuklir Angkatan Laut Prancis. Kelas tersebut mencakup empat kapal selam, yaitu Le Triomphant, Téméraire, Vigilant dan Terrible. Setiap kapal selam memiliki panjang 138m, lebar 12,50m, dan draft 10,60m. Propulsi kapal selam ini meliputi reaktor nuklir K15 air bertekanan, 2 alternator diesel SEMT Pielstick, sistem reduktor turbo, dan motor bantu 8PA4V200 SM. Kecepatan permukaan kapal selam ini mencapai 25kt. Triomphant Class dipersenjatai dengan 16 rudal jarak menengah M45. Persenjataan juga termasuk rudal TN 75 berujung, empat tabung torpedo 533mm dan torpedo F17.

8. Kapal Selam Terbesar Ke-8: Yasen Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-8: Yasen Class (Rusia)

Proyek 885 Yasen, juga dikenal sebagai kelas Graney yang merupakan serangkaian kapal selam bertenaga nuklir baru yang dibangun untuk Angkatan Laut Rusia. Kapal selam pertama di kelasnya, Severodvinsk (K-329) memasuki layanan dengan Angkatan Laut Rusia pada tahun 2013 sementara enam kapal lagi sedang dalam pengembangan. Kelas Yasen memiliki lambung tunggal yang terbuat dari baja magnetik rendah, yang mengurangi tanda magnetik. Kapal selam itu memiliki displacement sebesar 13.800 ton sedangkan ukuran panjang dan lebarnyanya masing-masing adalah 139m dan 15m. Sistem senjata di kapal selam meliputi rudal jelajah (SLCM), rudal anti-kapal supersonik jarak jauh (ASM), rudal anti-kapal selam, torpedo, roket anti-kapal selam dan ranjau. Kapal Selam ini disuplai oleh reaktor air bertekanan tipe KPM dan turbin uap, kapal selam kelas Yasen mencapai kecepatan terendam maksimal 35kt dan kecepatan permukaan 20kt.

9. Kapal Selam Terbesar Ke-9: Akula Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-9: Akula Class (Rusia)

Kelas Akula adalah kapal selam serang bertenaga nuklir dengan displacement mencapai 13.800 ton. Ini termasuk salah satu kapal selam terbesar yang dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia. Kapal selam ini memiliki lambung ganda yang terdiri dari lambung bertekanan dalam dan lambung ringan luar. Panjangnya 110m, memiliki lebar 13,6m dan draft 9,7m. Kecepatan permukaan kapal selam adalah 10kt, sedangkan kecepatan di bawah air adalah 35kt. Daya tahan terendam kapal selam ini adalah 100 hari. Mesin utamanya meliputi satu reaktor nuklir air bertekanan, satu turbin uap, dan dua generator turbo dengan daya 2.000KW. Sistem propulsi mencakup satu baling-baling tujuh bilah dan satu propulsor elektrik yang dapat ditarik untuk mengurangi kecepatan jelajah. Kapal selam itu dapat dipersenjatai dengan hingga 12 rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam yang mampu membawa hulu ledak nuklir hingga jangkauan 3.000 km. Persenjataan juga mencakup empat tabung torpedo 533mm dan empat tabung torpedo 650mm.

10. Kapal Selam Terbesar Ke-10: Sierra Class (Rusia)

Kapal Selam Terbesar Ke-10: Sierra Class (Rusia)

Kelas kapal selam Sierra memiliki displacement 10.400 ton sehingga menempati peringkat ke-10 sebagai kapal selam terbesar di dunia. Empat kapal selam Sierra saat ini dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia. Sierra II merupakan versi perbaikan dari kelas tersebut, dan mulai beroperasi pada tahun 1990. Kapal selam Kelas Sierra dibangun dengan lambung bertekanan titanium yang ringan dan kuat, yang memungkinkan kapal selam mencapai kedalaman yang lebih dalam dan mengurangi tingkat kebisingan yang terpancar. Hal ini juga meningkatkan ketahanan terhadap serangan torpedo. Kapal selam ini memiliki panjang 111m dan lebar 14,2m. Peralatan utama meliputi satu reaktor nuklir air bertekanan, dua motor darurat, satu poros dan dua pemintal. Kecepatan terendam adalah 32kt. Peralatan penyerangan tersebut meliputi empat tabung torpedo 650mm, empat tabung torpedo 530mm, SS-N-21 Sampson SLCM, senjata anti-kapal selam SS-N-15 Starfish, SS-N-16 Stallion dan 42 ranjau.

Lihat >>> Kapal Selam Indonesia Ada Berapa? Daftar Kapal Selam Indonesia

Seperti itu daftar kapal selam terbesar di dunia. Kapal selam asal rusia mendominasi terhadap kapal selam dengan ukuran terbesar yang ada di Dunia. Kapal selam terbesar di dunia pertama adalah Class Thypoon dengan displacement sebesar > 48.000 ton. Kebutuhan kapal selam yang besar dan canggih merupakan senjata utama bagi suatu negara sebagai alat pertahanan yang mereka miliki. 

Post a Comment for "10 Kapal Selam Terbesar di Dunia"

Random Posts