Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapal Selam Indonesia Ada Berapa? Daftar Kapal Selam Indonesia

Kapal Selam Indonesia Ada Berapa? Daftar Kapal Selam Indonesia

(www.kapaldanlogistik.com) Kapal Selam Indonesia Ada Berapa? Daftar Kapal Selam Indonesia - Dengan wilayah laut yang cukup luas, Indonesia memerlukan dukungan terhadap kekuatan militer khususnya pada armada kapalnya. Selain kapal cepat, frigate, korvet, kapal amfibi, dan kapal perbantuan militer lainnya, diperlukan juga jenis kapal selam untuk mengintai dan menghancurkan musuh. Kebutuhan akan selam oleh Indonesia sangat diperlukan, karena cakupan wilayah Indonesia yang begitu luas. Saat ini Indonesia memiliki 4 Kapal selam, dimana 1 Kapal selam lainnya pada tahun 2021 tenggelam di perairan balik dengan nama Kapal KRI Nanggala 402. Berikut adalah daftar kapal selam yang dimiliki oleh Indonesia beserta dengan spesifikasinya.

Lihat >>> Pengertian dan Mekanisme Kerja dari Kapal Selam

Daftar Kapal Selam Indonesia

1. KRI Alugoro - 405

KRI Alugoro - 405

KRI Alugoro merupakan kapal selam produk lokal yang dibuat mandiri pertama kali oleh Indonesia melalui PT. PAL Indonesia dan selesai dibangun pada tahun 2019. Pembuatan kapal selam ini merupakan wujud kerjasama transfer teknologi antara Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Galangan PT. PAL Indonesia dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Korea Selatan. Nama Alugoro diambil dari senjata gada yang dimiliki oleh tokoh wayang.

Spesifikasi dari kapal selam ini adalah Panjang KRI Alugoro - 405 sebesar 61,3 meter dan lebar sebesar 6,3 meter. Kapal selam ini mempunyai kecepatan maksimal sebesar 21 knot dengan tenaga mesin diesel elektrik. Sama seperti 2 kapal selam lainnya yang dibuat bersamaan, Kapal selam ini dapat menempuh jarak jelajah sejauh 10.000 Nautical Mile.

2. KRI Ardadedali - 404

KRI Ardadedali - 404

KRI Ardadedali 404 adalah Kapal Selam milik TNI AL Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 2014 dan selesai pada tahun 2018 di Korea Selatan. Kapal selam ini dibangun oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering dengan pesanan kapal selam yang sama yaitu KRI Nagapasa - 403 sebagai sister ship-nya. Nama kapal Ardadedali diambil dari senjata perwayangan yaitu Arjuna yang merupakan salah satu senjata panah yang dimiliki olehnya.

Ukuran KRI Ardadedali - 404 mempunyai panjang 61,3 meter dan lebar 5,7 meter. Kapal selam ini dilengkapi dengan 8 x 533 mm Tabung torpedo dan 14 Black Shark Torpedo. Kecepatan yang dapat dijangkau oleh kapal ini yaitu sebesar 21,5 knot dengan daya jelajah mencapai 10.000 Nautical Mile. 

3. KRI Nagapasa - 403

KRI Nagapasa - 403

KRI Nagapasa - 403 adalah kapal selam milik Indonesia yang selesai dibangun pada tahun 2017 di Korea Selatan oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering. KRI Nagapasa - 403 merupakan salah satu pesanan kapal selam Indonesia yang dibangun bersama dengan KRI Ardadedali 404. Kapal selam ini merupakan jenis kapal selam pemukul yang dimiliki oleh TNI AL Indonesia. Nama Nagapasa ini diambil dari senjata wayang yang memiliki makna sebagai senjata ampuh yang dapat melumpuhkan musuh. Secara umum kapal selam ini berfungsi untuk melakukan berbagai macam misi seperti Anti-Surface Warfare, Anti-Submarine, dan Operasi Pasukan khusus.

Kapal Selam KRI Nagapasa - 403 memiliki dimensi panjang sebesar 61,3 meter dan lebar 7,6 meter. Selain itu kecepatan pada kalam selam ini dapat mencapai hingga 21 knot dengan tenaga mesin diesel elektrik yang mempunyai daya jelajah sebesar 10.000 Nautical mile. Kapal selam ini dipersenjatai dengan 14 Black Shark Torpedoes dan 8 tabung torpedo.

4. KRI Cakra - 401

KRI Cakra - 401

Kapal selam KRI Cakra - 401 adalah kapal selam buatan Jerman yang selesai dibuat pada tahun 1981 yang mengambil nama dari istilah senjata wayang di Indonesia. KRI Cakra - 401 ini merupakan sister ship/ saudara kembar dari kapal selam KRI Nanggala - 402 yang tenggelam pada beberapa waktu lalu di perairan bali. 

Ukuran panjang dari KRI Cakra - 401 adalah sebesar 60 meter dengan lebar sebesar 6 meter, serta tinggi dari kapal selam adalah sebesar 5,5 meter. Kapal selam ini memiliki sarana persenjataan berupa 8 tabung torpedo serta 6 torpedo cadangan yang bisa dipakainya sewaktu-waktu. Kecepatan dari Kapal selam ini dapat mencapai 21,5 knot dengan bantuan tenaga motor listrik sebagai mesin penggerak utamanya. 

Negara Dengan Kapal Selam Terbanyak Di Dunia

Penggunaan kapal selam pertama kali didokumentasikan dalam pertempuran terjadi pada 7 September 1776, selama Perang Revolusi Amerika. Meskipun banyak pendekatan kreatif untuk desain kapal selam, upaya untuk menggunakan kapal selam dalam pertempuran tersebut masih sangat terbatas. Kapal selam mulai digunakan secara militer secara luas dimulai dengan Perang Dunia I, sekitar 130 tahun kemudian.

Dalam Perang Dunia II, kapal selam terbukti menjadi kontributor yang sangat efektif dan mematikan bagi upaya perang. Jerman menggunakan kapal selam untuk memotong rute pasokan barang dan makanan dari Inggris dengan menenggelamkan kapal dagang miliknya. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang mengoperasikan armada kapal selam dengan berbagai jenis termasuk kapal selam kecil, kapal selam jarak menengah, dan kapal selam armada jarak jauh. Saat ini kebutuhan akan kapal selam dibutuhkan oleh semua negara dan beberapa negara berlomba-lomba untuk membangun kapal selam. Berikut ini adalah negara yang memiliki kapal selam terbanyak di Dunia.

  1. China (79)
  2. United States (68)
  3. Russia (64)
  4. North Korea (36)
  5. Iran (29)
  6. South Korea (22)
  7. Japan (20)
  8. India (17)
  9. Turkey (12)
  10. United Kingdom (11)
Demikian penjelasan kapal selam yang ada di Indonesia. Saat ini kapal selam yang dimiliki oleh Indonesia berjumlah 4 buah yaitu KRI Alugoro - 405, KRI Ardadedali - 404, KRI Nagapasa - 403, KRI Cakra - 401. Sebagai negara maritim yang luas, Indonesia masih perlu membutuhkan beberapa kapal selam lagi, untuk menjaga pertahanan laut Indonesia dan menjaga kedaulatan Indonesia karena luas lautan yang begitu besar dari Wilayah Indonesia. Saat ini negara yang mempunyai kapal selam terbanyak di Dunia adalah china, menyusul kemudian adalah Amerika Serikat dan Rusia.

Post a Comment for "Kapal Selam Indonesia Ada Berapa? Daftar Kapal Selam Indonesia"

Random Posts