Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indeks Harga Batubara Dunia Hari Ini (Coal Index Price)

Indeks Harga Batubara Dunia Hari Ini (Coal Index Price)

(www.kapaldanlogistik.com) Indeks Harga Batubara Dunia Hari Ini (Coal Index Price) - Perdagangan batubara spot mendominasi perdagangan internasional batubara thermal. Tetapi ada berbagai praktik pelanggan saat membeli batubara termal. Kontrak batubara dapat menetapkan fix price per ton atau menggunakan harga referensi yang disepakati. Biasanya kontrak harga tetap akan lebih pendek dan tidak melebihi 12 bulan. Perjanjian kontrak dapat dilakukan untuk jumlah batubara tertentu, yang dikirimkan dalam 1 pengiriman sekaligus atau dalam beberapa pengiriman dalam jangka waktu tertentu.

Para pihak dalam transaksi batubara akan menyetujui harga tetap atau mengacu pada indeks harga batubara yang paling mewakili jenis batubara yang diperdagangkan dan lokasi ekspornya. Kontrak Fixed Price batubara biasanya memiliki jangka waktu yang lebih pendek, mulai dari penjualan spot hingga tonase yang disepakati untuk dikirimkan selama 1 tahun.

Lihat >>> Ketahui Istilah GAR, NAR, GAD Pada Batubara

Indeks Harga Batubara (Index Coal Price)

Dalam perdagangan batubara, terdapat indeks harga batubara dunia. Indeks Harga batubara dunia terdapat untuk beberapa jenis batubara yang berasal dari pemasok utama seperti Indonesia, Australia, Afrika Selatan, Kolombia dan Rusia. Indeks ini memiliki nama singkatan yang biasa digunakan oleh trader yang mengacu pada publikasi tertentu yang memonitoring dan melaporkan harga untuk perdagangan tersebut.

Secara tradisional, Caloric Value batubara standar yang diperdagangkan adalah 6000 kkal/kg NAR, dengan kandungan sulfur dibatasi kurang dari 1%, dengan 3 index harga utama untuk batubara dengan kualitas tersebut yaitu API2, API4, API6 yang diproduksi bersama oleh Argus dan IHS Markit/ Mccloskey.

Komponen penilaian harga Argus dipublikasikan di Argus Coal Daily International. Laporan Indeks Harga Batubara Argus/McCloskey diterbitkan setiap hari Jumat dan mencakup harga rata-rata harian, mingguan, dan bulanan. Penilaian harga harian juga tersedia sebagai umpan data bila diperlukan. 

Indeks Harga Batubara (Index Coal Price)

1. API2 Coal Price 

API 2 adalah penilaian mingguan harga CIF untuk batubara yang diimpor di hub ARA (Amsterdam-Rotterdam-Antwerp) berdasarkan GAD Basis. API 2 coal merupakan acuan harga patokan untuk batubara yang diimpor ke Eropa barat laut. Hal ini dihitung sebagai rata-rata penilaian harga Argus CIF ARA dan penanda IHS McCloskey NW Europe Steam Coal. Sekitar 90 % turunan batubara dunia diberi harga berdasarkan penilaian harga Argus/IHS McCloskey API 2 dan API 4.

Pasar batubara dunia menggunakan penilaian harga API 2 untuk perjanjian pasokan, manajemen risiko, hedging, analisis, dan lainnya. Penilaian harga API 2 adalah harga batu bara yang paling direferensikan di dunia dan menjadi dasar penyelesaian untuk opsi dan kontrak berjangka batu bara yang paling likuid dan sukses di dunia.

2. API4 Coal Price

API 4 adalah penilaian mingguan harga FOB untuk batubara yang diekspor dari pelabuhan Richards Bay di Afrika Selatan berdasarkan GAD Basis. Penilaian harga API 4 adalah acuan harga patokan untuk 6.000 kkal/kg batubara yang diekspor dari Terminal Batubara Richards Bay Afrika Selatan dan digunakan dalam kontrak fisik dan kontrak bebas. Hal ini dihitung sebagai rata-rata penilaian harga Argus FOB Richards Bay yang diterbitkan di Argus Coal Daily International dan penanda IHS McCloskey FOB Richards Bay.

Penilaian harga API 4 adalah harga batu bara FOB paling likuid dan paling transparan di dunia. Lebih dari 85 % kontrak derivatif batubara dunia diselesaikan berdasarkan penilaian harga API 2 dan API 4. Penilaian harga API 4 digunakan untuk kontrak berjangka dan opsi di bursa keuangan dan merupakan dasar penyelesaian untuk penyesuaian kualitas, perjanjian penjualan dan harga transfer dan banyak lagi.

3. API 5 Coal Price 

API 5 adalah referensi harga utama yang digunakan untuk perjanjian pasokan batubara di pasar Australia dan Cina. API 5 mereferensikan produk dengan panas lebih rendah daripada API 2 atau API 4 dan digunakan dalam kontrak fisik dan over-the-counter. Hal ini dihitung sebagai rata-rata penilaian harga Argus dan McCloskey untuk batubara NAR FOB Newcastle 5.500 kkal/kg.

Di seluruh pasar batubara Afrika Selatan, Australia, dan Asia, pemain fisik beralih ke penilaian harga API 5 untuk perjanjian pasokan, harga transfer, dan manajemen risiko. Penilaian harga API 5 banyak digunakan sebagai dasar penyelesaian untuk kontrak yang diselesaikan di pasar berjangka dunia.

4. API6 Coal Price 

API 6 adalah penilaian mingguan harga FOB untuk batubara yang diekspor dari pelabuhan Newcastle di New South Wales, Australia berdasarkan GAD Basis. 

5. API 8 Coal Price 

API 8 adalah acuan harga patokan untuk pasar impor di China, konsumen batubara terbesar dunia. Hal ini menilai harga batubara yang diimpor ke Cina selatan dan rata-rata dua penilaian harga yang paling direferensikan untuk impor di wilayah tersebut - Argus dan IHS McCloskey. Penilaian harga API 8 menggabungkan penilaian harga batubara global yang lain dalam memberikan tolok ukur global untuk perdagangan batubara. Ini dihitung sebagai rata-rata dari penilaian harga Argus 5.500 kkal/kg cfr China selatan dan IHS McCloskey/Xinhua Infolink China selatan, dan digunakan untuk menyelesaikan perjanjian penjualan fisik batu bara, swap yang digunakan untuk transaksi lindung nilai dan untuk kontrak berjangka di pertukaran dunia. 

Pembeli dan penjual batubara menggunakan penilaian harga API 8 untuk menyelesaikan perjanjian pasokan batubara dan risiko harga lindung nilai melalui swap dan aktivitas pasar berjangka. Bank, pialang, dan peserta keuangan lainnya menggunakan penilaian harga API 8 untuk membangun swap tersebut. Bursa berjangka menggunakan penilaian harga API 8 untuk menyelesaikan kontrak berjangka berbasis tunai. Analis dan pengamat pasar mencermati penilaian harga API 8 untuk data fundamental pasar di sektor manufaktur dan pembangkit listrik China.

6. ICI Coal Price 

ICI adalah penilaian mingguan harga untuk batubara Indonesia yang dipublikasikan oleh Argus/ Coalindo dengan ICI1, ICI2, ICI3, ICI4 dan ICI5 berdasarkan GAR Basis. 5 harga penilaian harga batubara ICI adalah penilaian mingguan oleh Argus dan Coalindo Energy untuk kualitas batubara termal utama Indonesia yang dijual secara FOB Indonesia. Penilaian harga ini memberikan transparansi harga untuk berbagai tingkatan di seluruh Indonesia. Penilaian harga batubara ICI mendukung sebagian besar pasar batubara Indonesia dan digunakan sebagai harga referensi untuk royalti Indonesia dan perhitungan pembayaran resmi. 

Penilaian harga ini juga digunakan dalam analisis pasar, perencanaan produksi dan keuangan perusahaan diantara fungsi-fungsi lainnya. Pasar batubara di kawasan ini menggunakan penilaian harga ICI untuk pembayaran resmi, manajemen risiko, dan perjanjian penjualan batubara dari Indonesia. Dengan 5 index batubara yang termasuk dalam layanan ICI, pengguna menerima tolok ukur yang paling dikenal luas untuk batubara Indonesia yang tersedia di mana saja.

ICI Batubara (Indonesian Coal Index)

ICI Batubara (Indonesian Coal Index) Saat ini

Sebagai salah satu komoditas penting, harga batubara hari ini harus diatur sedemikian rupa yang memiliki acuan bagi semua pedagang baik buyer ataupun seller. Harga batubara hari ini di Indonesia telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mengatur perdagangan batubara yang sehat. Sehingga harus ada ketentuan yang menjadi acuan bagi perdagangan batubara, hal ini dapat disebut sebagai Indeks Harga Batubara Indonesia. 

Saat ini terdapat 5 indeks yang bisa dijadikan acuan di Indonesia untuk perdagangan batubara yang dipublikasikan dalam Argus/ Coalindo Indonesian Coal Index Report. Indeks Harga batubara ini tergantung pada kandungan batubara itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan ICI batubara (Indonesia Coal Index):

  1. ICI 1 batubara: berlaku untuk GAR 6500, NAR 6200, sulfur hingga 1%, abu hingga 12%, dan Total Moisture (kandungan air) hingga 12%
  2. ICI 2 batubara: berlaku untuk GAR 5800, NAR 5500, sulfur hingga 0,8%, abu hingga 10%, dan Total Moisture (kandungan air) hingga 18%
  3. ICI 3 batubara: berlaku untuk GAR 5000, NAR 4600, sulfur hingga 0,6%, abu hingga 8%, dan Total Moisture (kandungan air) hingga 30%
  4. ICI 4 batubara: berlaku untuk GAR 4200, NAR 3800, sulfur hingga 0,4%, abu hingga 6%, dan Total Moisture (kandungan air) hingga 40%
  5. ICI 5 batubara: berlaku untuk GAR 3400, NAR 3000, sulfur hingga 0,2%, abu hingga 4%, dan Total Moisture (kandungan air) hingga 50%

Perlu dicatat bahwa dalam kasus API-4, Coalfax dan GlobalCOAL, nilai kalor (CV) diberikan atas dasar Gross Air Dry (GAD), yang hanya mencakup inherent moisture (IM), sedangkan dalam kasus Platts indo Coal (ICI), Caloric Value adalah atas dasar gross as received (GAR), yang mencakup total moisture (TM). Untuk konsistensi, indeks batubara Platts Indo dikonversi dari GAR (Kkal/kg 5900) menjadi GAD (6883 kkal/kg). Sedangkan konversi TM dan IM diambil dari metodologi Platts dan panduan spesifikasi masing-masing sebesar 16% dan 2%. TM 16% adalah nilai tengah dari kisaran 15-17% yang diberikan dalam dokumen.

Untuk melihat Harga ICI Batubara dapat melihat disini >>> https://www.jwcindonesia.com/price-index

Memantau Harga Indeks Harga Batubara Hari ini (ICI Batubara)

Indeks harga batubara dapat berubah sesuai dengan keputusan dan kebijakan dari pemerintah. Oleh karena itu, semua pedagang batubara perlu memperhatikan indeks harga batubara hari ini. Terdapat beberapa manfaat penting untuk para pedagang batubara dalam memantau indeks harga batubara Indonesia setiap waktu. Terutama bagi para pedagang batubara baik buyer ataupun seller batubara perlu mendapatkan informasi mengenai harga batubara terkini.

Dengan adanya harga indeks batubara hari ini, para pedagang batubara akan mendapatkan harga yang sesuai dengan komoditasnya. Hal ini disebabkan karena setiap batubara memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga harganya bisa berbeda-beda. Dengan mengetahui harga ICI batubara akan dipastikan seller akan menjual komoditasnya sesuai dengan kualitas batubaranya.

Di sisi lain, buyer juga diuntungkan untuk tidak menerima batubara berkualitas rendah dengan harga tinggi. Melalui indeks batubara yang dipublikasikan maka dapat membantu mengedukasi buyer terkait dengan kisaran harga masing-masing jenis batubara. Sehingga baik pedagang maupun pembeli tidak ada yang dirugikan dan akan mendapatkan keuntungan yang sama dari perdagangan batubara yang dilakukannya.

Manfaat lain dari indeks harga batubara ialah untuk menghindari ketidakpastian harga komoditas batubara. Sehingga jika pedagang batubara akan menjual batubaranya di dalam atau di luar negeri, maka akan tetap mendapatkan harga yang sama. Hal ini mengarah pada keuntungan yang sama apakah mereka menjual secara lokal atau tidak. Tanpa adanya indeks harga batubara yang memadai, maka dapat menyebabkan harga batubara akan terlalu bervariasi antara satu jenis dengan jenis lainnya di pasar coal trade. Tetapi dengan indeks ini, pedagang dan pembeli akan mendapatkan perspektif yang sama tentang berapa banyak uang yang harus dibayar untuk mendapatkan jenis batubara tertentu.

Saat ini pedagang tidak akan mengalami kesulitan dalam menentukan harga batubara mereka. Mereka dapat mencari refrensi harga index batubara dari lembaga publikasi index harga batubara. Selain itu, buyer juga akan memperoleh kualitas batubara sesuai dengan harga yang dibayarkan sehingga akan memberikan manfaat yang sama dari apa yang mereka dapatkan.

Dalam hal perdagangan batubara, harga batubara Indonesia selalu dikendalikan dan dipantau oleh pemerintah Indonesia sehingga semua penjualan dan pembelian dapat dilakukan sesuai aturan yang ada. Selain itu, hal ini bertujuan untuk mencegah adanya risiko fluktuasi harga batubara yang tinggi. Setiap pedagang batubara perlu untuk menentukan harga batubara mereka dengan menganalisis kualitas batubara yang mereka produksi.

Harga Batubara Acuan dapat dilihat >>> disini

Post a Comment for "Indeks Harga Batubara Dunia Hari Ini (Coal Index Price)"

Random Posts