Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Purchase Order di Excel

Cara Membuat Purchase Order di Excel

(www.kapaldanlogistik.com) Cara Membuat Purchase Order di Excel - Tahukah Anda, pembeli saat ini harus mengetahui cara membuat purchase order di excel agar produknya bisa dibeli dalam keadaan aman. Pada dasarnya PO atau Purchase Order memiliki bisa digunakan untuk memesan suatu barang dalam jumlah dan transaksi yang besar

PO digunakan oleh suatu perusahaan ketika ingin menyuplai beberapa barang baku, barang jadi, perlengkapan hingga peralatan. Isi data PO berisikan nama perusahaan, jumlah barang pesanan, nilai barang per unitnya, nama barang, nama perusahaan penjual dan tanda tangan serah terima.

Anda bisa membuat PO dari Excel atau Word karena pada dasarnya fungsinya sama saja. Namun, cara membuat purchase order di excel dinilai lebih mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan adanya kolom pada Excel yang bisa membuat pengisian data menjadi lebih efisien.

Pembuatan PO bisa dilakukan oleh pihak pembeli atau Anda bisa menggunakan jasa percetakan untuk membuat nota kosongnya dalam jumlah banyak. Nantinya ketika membeli, Anda hanya perlu mengisikan beberapa data penting transaksi secara manual layaknya kuitansi dan nota.

Melihat Cara Membuat Purchase Order di Excel

Untuk membuatnya sendiri, Anda membutuhkan komputer dengan aplikasi Excel di dalamnya, Lalu persiapkan data yang Anda perlukan mulai dari detail transaksi pemesanan, alamat, tanggal, metode pembayaran, SKU, model dan merek produknya serta kolom tanda tangan serah terima.

Semua itu diperlukan untuk membuat transaksi menjadi sah dan dapat digunakan sebagai bukti telah melakukan pemesanan. Cara membuat purchase order di excel saat ini bisa menggunakan template yang tersedia di internet sehingga Anda hanya perlu mengubah sebagian datanya.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengubahnya sendiri dengan membuat tabel baru. Membuat tabel baru bisa membantu Anda untuk menciptakan ciri khas perusahaan. 

Dari PO yang sudah dibuat. Transaksi Anda menjadi lebih mudah dikenal dan proses pembukuannya berjalan secara efektif. Setelah tabel selesai dirancang, berikut ini cara membuat purchase order di excel :

  1. Buat tabel di Excel dan baris bagian atas ditulis Purchase Order atau Pemesanan Produk dengan lebar 5 kolom
  2. Baris kedua berisikan informasi perusahaan dari nama, alamat lengkap, seri PO, tanggal dan detail lainnya
  3. Baris ketiga dilengkapi dengan data penjual atau pihak yang Anda beli produknya. Jangan lupa tambahkan alamat pengiriman berisi informasi lengkap yang serupa.
  4. Baris keempat bisa diisikan dengan metode pembayaran, metode pengiriman dan tanggal dateline pemesanan tiba
  5. Baris kelima diisikan dengan detail transaksi mulai dari nama barang, kuantitas, nominal dan harganya dalam beberapa baris ke bawah
  6. Di bagian akhir PO bisa diisikan dengan nama penanggung jawab, tanda tangan serah terima, total pembayaran dan pajak yang harus ditanggung.

Keuntungan Membuat Tabel Purchase Order

Dari beberapa cara membuat purchase order di excel tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Tidak hanya dari segi pembukuan saja yang dimudahkan, Anda juga mendapat kepercayaan dari transaksi tersebut. Transaksi yang sudah dibuat akan bertahan selamanya.

Artinya surat PO Anda tersebut dapat menjadi barang bukti ketika ingin mengajukan komplain atau pelacakan produk. PO paling sederhana bisa Anda temukan saat membeli barang di aplikasi olshop. Tokopedia contohnya akan memberikan PO berbentuk detail transaksi kepada pembeli.

Detail transaksi tersebut akan digunakan sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pembelian di sana. Jika barang dalam keadaan rusak, tidak sesuai pesanan atau belum sampai, Anda dapat mengajukan komplain langsung ke Tokopedia agar pesanannya diurus secepatnya.

Jika memang Anda terbukti menerima kerugian, maka pihak Tokopedia akan bertanggung jawab dengan menghubungi penjualnya. Itulah yang menjadi alasan mengapa PO sangat dibutuhkan. cara membuat purchase order di excel bisa digunakan untuk kepentingan Anda ke depannya.

Post a Comment for "Cara Membuat Purchase Order di Excel"

Random Posts