Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Monitoring Pergerakan Kapal di Laut

Cara Monitoring Pergerakan Kapal di Laut

(www.kapaldanlogistik.com) Cara Monitoring Pergerakan Kapal di Laut - Kemajuan perkembangan teknologi yang cukup pesat belakangan ini, memungkinkan seseorang dapat memantau atau memonitoring kapal yang dimilikinya untuk melihat posisi kapalnya sedang berada dimana. Kegiatan monitoring kapal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan teknologi satelit untuk mengetahui pergerakan sebuah kapal, sebagai contoh untuk monitoring pergerakan kapal selat sunda. 

Dengan bantuan VMS (Vessel Monitoring System) yang diimplementasikan saat ini, berbagai jenis kapal secara mudah dan real time. Sebuah alat transponder yang dipasang pada kapal, mengirimkan sinyal AIS kepada satelit sehingga identifikasi kapal dapat terbaca mulai dari posisi koordinat kapal, kecepatan, heading, hingga riwayat pergerakan kapal dapat terbaca dengan sebuah aplikasi. Aktivitas pemantauan kapal ini dilakukan secara real time, baik dalam waktu jam, menit ataupun beberapa detik tergantung dari data dan pengaturan pada jenis transponder yang dipasang.

Lihat >>> Penjelasan Monitoring Sistem Inaportnet

Tujuan Monitoring Pergerakan Kapal di Laut

Monitoring pergerakan kapal di laut dilakukan oleh pihak manajemen untuk mengetahui posisi kapalnya yang sedang berlayar di laut. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari aktivitas monitoring pergerakan kapal:

  1. Untuk mengetahui posisi sebuah kapal, heading (arah pergerakan) kapal, kecepatan kapal.
  2. Untuk melihat record voyage dari sebuah kapal. Ini berfungsi untuk mencatat jarak tempuh yang sudah dilakukan oleh kapal, dan kecepatan rata-rata yang digunakan oleh kapal dalam menempuh jarak tertentu.
  3. Untuk memudahkan proses pencarian dan pertolongan ketika terjadi suatu kecelakaan kapal di laut
  4. Untuk memperkirakan waktu tiba sebuah kapal (ETA)
  5. Untuk memberi peringatan sebuah kapal apakah kapal berada di jalur dan area yang tepat saat beroperasi
  6. Untuk mengetahui cuaca di sekitar jalur yang dilewati oleh kapal
  7. Untuk membantu dalam hal pelaporan dan bukti dari perjalanan kapal

Cara Monitoring Pergerakan Kapal di Laut

Salah satu cara untuk melakukan monitoring pergerakan kapal kita dilaut adalah dengan cara menggunakan aplikasi tracking atau website yang banyak disediakan oleh beberapa platform. Berikut adalah beberapa website yang menyediakan monitoring tracking kapal.

1. Marine Traffic

Cara Monitoring Kapal Marine Traffic

Marine Traffic merupakan salah satu platform monitoring pergerakan kapal dan tracking kapal yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh orang. Marine Traffic memiliki lebih dari 600.000 pengguna terdaftar dan beberapa juta pengungjung setiap bulan. Hal ini karena plaform ini menyediakan data yang cukup real time dan terdapat fitur-fitur yang memudahkan para penggunanya. 

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Marine Traffic kepada penggunanya adalah Map Layer, Filter, Weather dan kepadatan peta yang canggih. Untuk menu-menu yang premium dalam aplikasi ini, kita juga dapat mengakses fitur seperti voyage planner dan weather routing. Data yang dimiliki oleh Marine-Traffic mencatat kurang lebih 18 juta kapal dan kejadian terkait pelabuhan setiap bulannya. Selain itu, pada Marine Traffic juga menyediakan informasi tentang beberapa aset laut seperti pelabuhan, marinas, stations, lighthouse. 

2. Vessel Finder

Cara Monitoring Kapal Vessel Finder

Platform website lain yang biasa digunakan oleh orang untuk memonitoring sebuah kapal adalah Vessel Finder. Seperti Marine Traffice, Vessel Finder ini menyediakan ratusan ribu kapal yang dapat dilihat posisinya dan terhubung dengan intergrasi AIS secara real time setiap saat. 

Pada aplikasi pemantauan kapal ini, seseorang dapat melihat identifikasi kapal mulai dari ship particular, speed, course, draught, dan last report yang ditampilkan ketika kita mengklik sebuah kapal di perairan tertentu. Selain itu  dari voyage record serta port call dari pelabuhan-pelabuhan mana saja yang disinggahi oleh kapal juga dapat dideteksi hingga beberapa minggu ke belakang dengan menggunakan data Histroris AIS yang dimilikinya.

3. FleetMon

Cara Monitoring Kapal FleetMon

Selanjutnya Platform website ketiga adalah FleetMon. Fleetmon ini mempunyai tampilan yang menarik dan mempunyai interface yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Database yang dimiliki oleh Fleetmon ini juga cukup banyak yang mencakup area di seluruh dunia secara real time. Sama dengan aplikasi monitoring kapal lainnya, pada fleetmon ini dapat melihat detail sebuah kapal mulai dari bendera negara, jenis kapal, last report, kecepatan, dan heading kapal. Selain itu, terdapat beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh platform monitoring kapal ini, salah satunya adalah membuat zona kustomisasi, sehingga memudahkan pengguna untuk melihat kapal-kapal di area tertentu saja. 

4. My Ship Tracking

Cara Monitoring Kapal My Ship Tracking

Aplikasi monitoring kapal selanjutnya adalah Myshiptracking. Myshiptracking adalah situs web monitoring pergerakan kapal yang menyediakan posisi kapal secara real-time di seluruh dunia. Dengan database yang cukup besar, myshiptracking memungkinkan pengguna untuk memantau kapal dan pelabuhan secara efisien untuk menganalisis lalu lintas laut di seluruh dunia. Situs web ini juga memungkinkan Anda menyimpan data penelusuran dan menawarkan layanannya kepada pengguna iPhone dan Android melalui aplikasi seluler. Sama dengan platform monitoring kapal lainnya, Myshiptracking ini juga mempunyai fitur untuk menyortir jenis kapal yang akan ditampikan pada peta dan menampilkan detail kapal yang dipilih oleh pengguna.

5. Aplikasi Monitoring Pergerakan Kapal Selat Sunda

Aplikasi Monitoring Pergerakan Kapal Selat Sunda

PMMC monitoring pelabuhan merak bakauheni adalah aplikasi yang digunakan untuk monitoring pergerakan kapal selat sunda. Aplikasi monitoring ini dapat memantau kapal penyebrangan dari bakauheni ke merak ataupun sebaliknya dari pelabuhan merak ke pelabuhan bakauheni. Kita dapat memantau pergerakan kapal selat sunda sehari - harinya disini dan biasa terdapat ratusan kapal yang setiap hari bergerak menyebrang antar tujuan disini. Hampir sama dengan platform monitoring kapal lainnya, disini kita juga dapat melihat nama kapal, nama pemilik kapal (shipowner), kecepatan, heading, dan juga estimasi waktu akan tiba dipelabuhan tujuan. 

Demikian cara monitoring pergerakan kapal dengan penggunaan aplikasi yang ada. Tujuan dari pemantauan pelayaran kapal ini adalah untuk mengetahui posisi sebuah kapal, melihat record voyage, memperkirakan waktu tiba sebuah kapal, dan untuk membantu dalam hal pelaporan pelayaran kapal. Beberapa aplikasi monitoring pergerakan kapal adalah pmmc monitoring pelabuhan merak bakauheni, My Ship Tracking, FleetMon, Vessel Finder, dan Marine Traffic.

Post a Comment for "Cara Monitoring Pergerakan Kapal di Laut"

Random Posts