Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Grammar dan Struktur Bahasa Inggris Untuk TOEFL

Part of Speech

1. Noun (Kata Benda): untuk nama orang, benda, hewan, tempat, dan lain-lain, sebagai contoh adalah Car, Table, Time, Tiger, Cake.

2. Pronoun (Kata Ganti): untuk menggantikan noun, sebagai Contoh adalah She, That, Himself, Who.

3. Verb (Kata Kerja): untuk menunjukkan tindakan atau keadaan, sebagai Contoh adalah Drink, Wait, Read, Play.

4. Adjective (Kata Sifat): untuk memberikan keterangan pada noun atau pronounsebagai Contoh adalah Good, Happy, Smart.

5. Adverb (Kata Keterangan): untuk memberikan keterangan tambahan pada verb, adjective, atau adverb itu sendiri, sebagai Contoh adalah Yesterday, Usually, Above, Slowly.

6. Preposition (Kata Depan): untuk menunjukkan hubungan antara noun dan kata-kata lainnya dalam sebuah kalimat, sebagai Contoh adalah At, On, Under, Beside, In, By, Of.

7. Conjuction (Kata Hubung): untuk menghubungkan dua kata, frasa, klausa hingga kalimat, sebagai Contoh adalah And, So, But, Either, Otherwise, Although.

8. Interjection (Kata Seru): untuk mengungkapkan emosi/ ekspresi, sebagai Contoh adalah Wow, Oh no, Ops.


12 Tense Dalam Bahasa Inggris

1. Simple Present Tense: untuk menyatakan aktifitas yang rutin/ fakta/ kebiasaan, sebagai Contoh adalah I teach English every day.

Rumus: S + V1 (s/es) + O

2. Present Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sedang dikerjakan sekarang atau saat ini, sebagai Contoh adalah I am teaching English now.

Rumus: S + am/is/are + V1 (ing) + O

3. Present Perfect Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sudah terjadi tetapi masih berkaitan dengan waktu sekarang, sebagai Contoh adalah I have taught English.

Rumus: S + has/have + Verb3 + O

4. Present Perfect Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sudah mulai terjadi di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. (Biasanya menekankan pada durasi waktu kejadian), sebagai Contoh adalah I have been teaching for an hour.

Rumus: S + has/have + been + V1 (ing) + O

5. Simple Past Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sudah terjadi di masa lalu, sebagai Contoh adalah I taught English yesterday.

Rumus: S + V2 + O

6. Past Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sedang terjadi pada saat tertentu di masa lalu, sebagai Contoh adalah I was teaching English at eight o'clock last night.

Rumus: S + was/were + V1 (ing) + O

7. Past Perfect Tense: untuk menyatakan aktifitas di masa lalu sudah selesai dilakukan sebelum aktifitas lain dimulai di masa lalu, sebagai Contoh adalah I had taught English when your arrived.

Rumus: S + had + V3 + O

8. Past Perfect Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang sedang berlangsung sebelum beberapa aktifitas lain, sebagai Contoh adalah I had been teaching English for an hour when you arrived.

Rumus: S + had + been + V1 (ing) + O

9. Simple Future Tense: untuk menyatakan aktifitas yang akan terjadi di masa depan, sebagai Contoh adalah I will teach English.

Rumus: S + will/ shall + V1 + O

10. Future Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang akan sedang terjadi pada saat tertentu di masa depan, sebagai Contoh adalah I will be teaching English when you come.

Rumus: S + will+ be + V1 (ing)+ O

11. Future Perfect Tense: untuk menyatakan aktifitas yang akan sudah dikerjakan di masa depan, sebagai Contoh adalah I will have taught English by the time you see me.

Rumus: S + will+ have + V3 + O

12. Future Perfect Continuous Tense: untuk menyatakan aktifitas yang akan sudah berlangsung selama waktu tertentu di masa depan sebagai Contoh adalah I will have been teaching English for an hour by the time you get home.

Rumus: S + will+ have + been + V1 (ing) + O


Hal Penting pada Struktur Kalimat (One Clause)

1. Pastikan Kalimat Mempunyai Subject dan Verb

Contoh: _____ was backed up for kilometre on freeway.
(A)    Yesterday
(B)    In the morning
(C)    Traffic
(D)    Cars

Jawaban: (C)  
Jawaban C karena traffic adalah object tunggal yang sesuai dengan to be was.

2. Hati-hati dengan Objects of Prepositions (in, with, of, by, behind, dll)

(A preposition yang diikuti oleh a noun, pronoun, gerund or noun clause disebut dengan object of the preposition. Jika sebuah kalimat terdapat object of a preposition, maka hal tersebut bukan subject)

Contoh: With his mate _____ found the film theater.
(A)    has
(B)    he
(C)    later
(D)    when

Jawaban: (B)  
Harus diperhatikan bahwa dalam soal tidak terdapat subject. mate disini bukanlah subject melainkan hanya preposition with. Jadi jawaban yang benar adalah he.

3. Hati-hati dengan Appositives

(Appositive adalah kata benda yang datang sebelum atau sesudah kata benda lainnya yang mempunyai arti yang sama. Namun harus tetap ada satu subject yang terdapat dalam satu kalimat)

Contoh: ____, Mery rarely misses her football shots
(A)    An Excellent basketball player
(B)    An Excellent basketball player is
(C)    Mery is an excellent basketball player
(D)    Her excellent basketball play

Jawaban: (A)  
Pada contoh ini, Mery merupakan subject dan mempunyai kata kosong sebelum subject pada kalimat tersebut. Dalam hal ini bisa diisi dengan appositive yang menunjukkan keterangan Mery. Jawaban yang benar adalah A, dimana appositive tidak memerlukan verb lagi (dalam pilihan B & C mempunyai verb: is)

4. Hati-hati dengan Present Participles

(Present Participles adalah penggunaan bentuk -ing dari verb seperti talking dan playing. Present particle dapat menjadi verb atau adjective dalam sebuah kalimat. Menjadi sebuah verb ketika diiringi dengan to be, namun jika tidak terdapat to be akan menjadi adjective)

Contoh: The boy ____ playing in the field is my son.
(A)    now
(B)    is
(C)    he
(D)    was

Jawaban: (A)  
Dalam contoh ini anda sudah melihat object dan verbnya. Dimana objectnya adalah son dan verbnya adalah is. Jadi jawaban B atau D tidak benar karena verbnya bukan playing. Jadi kalimat ini tidak membutuhkan subject atau ver lainnya. Sehingga jawaban yang benar adalah A.

5. Hati-hati dengan Past Participles

(Sama dengan Present Participles, pada past participles juga dapat menjadi sebuah verb atau adjective. Past Participle adalah sebuah bentuk verb yang dengan diikuti oleh have atau to be dan bentuknya ditambahi dengan -ed. namun jika tidak diikuti dengan have atau to be maka merupakan sebuah adjective)

Contoh: The packages ____ mailed at the post will arrive Monday.
(A)    have
(B)    were
(C)    them
(D)    just

Jawaban: (D)  
Pada contoh ini anda sudah dapat melihat object dan verbnya. Dimana objectnya adalah The packages dan verbya adalah will arrive. Jawaban A dan B salah karena 'mailed' adalah adjective dan tidak butuh verb. Begitu juga jawaban C, karena tidak dibutuhkan object. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

Hal Penting pada Struktur Kalimat (Multiple Clause)

Klausa adalah sebuah grup dari kata-kata yang mengandung subject dan verb. Ketika menemukan kalimat dengan lebih dari satu klausa (multiple clause) maka anda harus memastikan bahwa setiap subject memiliki verb dan setiap verb mempunyai subject. kemudian setelah itu, anda harus memastikan bahwa klausa tersebut dihubungkan dengan kata sambung yang tepat.

1. Gunakan Kata Sambung yang tepat (and, but, or, so, yet)

Contoh: A power failure occured, _____ the fan went out.
(A)    then
(B)    so
(C)    later
(D)    next

Jawaban: (B)  
Pada contoh soal terdapat 2 klausa, yang pertama adalah a power failure occured dan kedua adalah the fan went out. Maka klausa ini membutuhkan kata sambung yang tepat. Jadi jawabannya adalah B

2. Gunakan Kata sambung Adverb time dan cause dengan tepat


Contoh: ____ was late, I skiped the promise.
(A)    I
(B)    because
(C)    the train
(D)    since he

Jawaban: (D)  
Pada contoh soal ini terdapat verb yang membutuhkan object dan juga terdapat klausa lain skiped the promise. Jadi disini membutuhkan kata penghubung dan juga subject, sehingga jawaban yang tepat adalah D.

3. Gunakan Kata sambung Adverb lainnya dengan tepat


Contoh: I will get a good grade on the exam provided ____.
(A)    studying
(B)    study
(C)    to study
(D)    you study

Jawaban: (D) 
Pada contoh soal ini connector pehubungnya adalah provided. Sehingga membutuhkan klausa kedua untuk menghubungkan dengan klausa pertama. Jadi jawaban yang tepat adalah D. 

Post a Comment for "Belajar Grammar dan Struktur Bahasa Inggris Untuk TOEFL"

Random Posts