Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Noon Report (Laporan Kapal)

Ship Voyage

(www.kapaldanlogistik.com) Noon Report (Laporan Kapal) Komunikasi antara kapal dan manajemen perusahaan pelayaran merupakan hal yang penting bagi industri shipping sehingga akan berdampak pada kelancaran pengiriman muatan ke lokasi tujuan. Dalam melaksanakan tugasnya diatas kapal, seorang crew kapal diwajibkan untuk membuat suatu laporan ke manajemen perusahaannya setiap hari. Laporan ini sering disebut juga dengan Noon Report. Apa yang dimaksud dengan Noon Report? dan Apa-apa saja yang dilaporkan pada lembar laporan tersebut. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai Noon Report. 

Pengertian Noon Report

Noon report adalah laporan yang dibuatkan oleh kapal, tepat pada siang hari (12.00 Local Time) yang ditujukan kepada manajemen perusahaan pelayaran atau bisa juga dikirimkan kepada charterer sebagai bahan referensi monitoring kapal. Sehingga mengapa laporan tersebut dinama Noon Report, karena laporan tersebut dilaporkan setiap siang harinya oleh kapal baik kapal tersebut sedang berlayar, labuh jangkar ataupun sedang proses loading dan unloading muatan di pelabuhan.

Tujuan Pembuataan Noon Report

Tujuan dari pembuatan noon report ini adalah untuk melihat kondisi dan posisi kapal setiap harinya agar manajemen perusahaan mengetahui dan dapat memonitoring kapal yang sedang berada di laut. Selain hal tersebut, pembuatan noon report dapat menjadi acuan manajemen perusahaan untuk dapat menilai kinerja dari kapal itu sendiri dan memprediksi apakah kapal akan sampai tujuan tepat pada waktunya. Manajemen perusahaan pelayaran dapat memprediksi performa sebuah kapal dengan melihat kecepatan kapal dan kondisi cuaca di laut. 

Selain itu, Noon report juga dapat melihat performa kinerja kapal dari perbedaan performa kapal yang satu dengan kapal lainnya dengan tipe yang sama, sehingga dapat melihat permasalahan apa yang terjadi dan bagaimana solusi yang bisa dilakukan. Sehingga secara umum fungsi noon report adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsi BBM dan Oli Kapal per harinya
  2. Jarak yang sudah ditempuh oleh Kapal dari pelabuhan sebelumnya
  3. Jarak yang akan ditempuh ke pelabuhan yang dituju
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk pelayaran
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk bongkar muat barang
  6. Jumlah Kargo yang dibawa
  7. Untuk pemesanan BBM kapal selanjutnya
  8. Untuk pemesanan Oli mesin selanjutnya
  9. Untuk Pemesanan Air Tawar selanjutnya
  10. Untuk menghitung efisiensi penggunaan BBM

Apa Yang Dilaporkan Pada Noon Report

Noon Report ini sendiri mempunyai beberapa hal yang harus diisi oleh kapal untuk dilaporkan kepada manajemen perusahaan. Secara umum berikut adalah beberapa hal yang harus dilaporkan dalam noon report:

  1. Nama Kapal (Vessel’s Name)
  2. Voyage Number
  3. Tanggal (Date)
  4. Posisi Kapal saat ini (Current Location) yang dapat diisi dengan Latitude dan Longitude
  5. Jarak yang ditempuh (noon to noon distance)
  6. Kecepatan rata-rata (Average Speed)
  7. RPM Mesin (Main Engine RPM)
  8. Perkiraan jarak yang akan ditempuh sampai dengan tujuan (Distance To Go)
  9. Perkiraan Tanggal sampai dengan tujuan (Estimated Time Arrival)
  10. Kondisi Gelombang dan Cuaca (Weather Condition)
  11. Sisa bahan bakar dan air tawar yang ada di kapal (Remain of Bunker)

Untuk kondisi cuaca, kapal biasanya melaporkan kondisi cuaca dan gelombang yang dialami mereka dengan menggunakan skala secara umum. Berikut adalah skala yang menggambarkan mengenai kecepatan angin dan gelombang di laut.

Wind and Wave Height

Wave Height

Pembuatan Noon report ini disiapkan oleh crew deck dan mesin, dimana crew deck mengisi laporan  yang berhubungan dengan kenavigasian sedangkan crew mesin menyiapkan laporan yang berhubungan dengan mesin dan ROB. Terlebih lagi, pada bagian mesin juga terkadang dimintakan consumption report dari bahan bakar per hari untuk mengukur kenormalan dan ketidaknormalan dari kondisi mesin tersebut. Dari beberapa hal tersebut, manajemen perusahaan dan charterer dapat melihat apakah kapal berjalan sesuai dengan kondisi yang normal sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati dan apakah estimasi tiba sampai dengan tujuan sesuai dengan perkiraan awal.

>>>> Form Noon Report <<<<

Begitulah penjelasan dari Noon Report kapal, yang dimana dibuatkan oleh crew kapal setiap harinya yang ditujukkan kepada manajemen perusahaan/ charterer kapal. Laporan Noon Report ini sangat penting adanya, karena dengan adanya noon report ini, dapat dilakukan monitoring dan dilakukan analisis terhadap performa dari kinerja kapal itu sendiri.

Post a Comment for "Noon Report (Laporan Kapal)"

Random Posts