Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Aluminium Yang Digunakan Pada Pembuatan Kapal Aluminium

Jenis Aluminium Yang Digunakan Pada Pembuatan Kapal Aluminium

Jenis Alumunium Yang Digunakan Pada Pembuatan Kapal Aluminium - Seperti yang sudah dijelaskan pada Jenis Aluminium dan Karakteristiknya, terdapat beberapa series pada paduan Aluminium Alloy yang ada dan digunakan dalam beberapa aplikasi Industri. Berikut ini akan dijelaskan lebih spesifik mengenai Pembuatan dan Material Aluminium yang sering digunakan pada Pembuatan Kapal Aluminium. 

Secara umum, series Aluminium Alloy dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu:

  • Paduan Pengerasan Regangan (Strain Hardening): yang sifat mekaniknya ditentukan oleh operasi pengerolan (atau ekstrusi) dan dengan anil menengah (atau anil akhir, jika ada). Alloy yang termasuk dalam seri 1000, 3000, 5000 dan 8000.
  • Paduan Pengerasan Usia (Age Hardening): yang sifat mekaniknya adalah hasil dari proses termal solusi perlakuan panas, pendinginan dan penuaan buatan. Alloy yang termasuk dalam seri 2000, 6000 dan 7000.

Series Aluminium Alloy

Meskipun memiliki sifat mekanik yang tinggi, paduan pada seri 2000 dengan tembaga dan seri 7000 dengan seng (dengan atau tanpa tembaga) tidak dapat digunakan dalam aplikasi kelautan tanpa perlindungan khusus karena ketahanan korosinya yang tidak memadai.

1. Paduan Pengerasan Regangan (Strain Hardening)

Paduan Series yang termasuk dalam ini adalah seri 1000, 3000, 5000 dan 8000. Mereka diproduksi oleh urutan operasi pembentukan panas, lalu dingin (penggulungan untuk lembaran) dikombinasikan dengan annealing menengah dan/atau akhir.

Efek pengerasan regangan adalah untuk memodifikasi struktur material dengan deformasi plastis. Itu terjadi ketika semi-produk diproduksi, selama rolling, drawing atau wire drawing, serta selama pemrosesan semi di workshop selama bentuk forming atau bending.

Pengerasan regangan disertai dengan peningkatan kekuatan mekanik dan kekerasan dan hilangnya keuletan, yaitu penurunan kemampuan material untuk berubah bentuk. Semakin besar jumlah pembentukan atau semakin tinggi tingkat pengerasan regangan, semakin besar efek ini.

Tingkat sifat mekanik yang dapat dicapai dengan pengerasan regangan tergantung pada komposisi paduan. Paduan 5083 misalnya yang mengandung antara 4 dan 4,9% magnesium memperoleh kekerasan yang lebih besar tetapi kapasitas deformasi yang lebih terbatas daripada paduan 5754 yang hanya mengandung antara 2,6 dan 3,6% magnesium.

2. Paduan Pengerasan Usia (Age Hardening)

Paduan ini termasuk dalam seri 2000, 6000 dan 7000. Sifat mekanik maksimum paduan ini diperoleh dengan perlakuan panas dalam 3 tahap yaitu:

  1. Solution Heat Treatment: dilakukan pada suhu tinggi, di wilayah 530°C untuk 6000 paduan seri. Ketika logam ditahan pada suhu, konstituen paduan yang berupa intermetalik terdispersi dilarutkan untuk membentuk solusi padat;
  2. Quenching adalah proses pendinginan cepat yang biasanya diperoleh dengan memasukkan logam secara cepat ke dalam air dingin ketika meninggalkan tungku. Bentuk dapat "dipadamkan" dengan melewati dari pintu keluar cetakan ke dalam terowongan di mana mereka disemprot dengan tetesan air yang halus;
  3. Natural Ageing/ Artificial Ageing: Logam yang dipadamkan berada dalam keadaan metastabil, yang berarti bahwa strukturnya berkembang dari waktu ke waktu yang berpuncak pada reorganisasi stabil di mana unsur-unsur paduan ditolak dari larutan padat dalam bentuk endapan terdispersi yang sangat halus. Pengendapan ini meningkatkan kekerasan logam.

Aluminium Series Yang Biasa digunakan pada Industri Kapal dan Marine

Paduan aluminium tempa (digulung dan diekstrusi) yang digunakan dalam aplikasi kapal/ marine sebagian besar milik dua seri:

  • Seri 5000 yang terdiri dari paduan aluminium-magnesium
  • Seri 6000 yang terdiri dari paduan aluminium-magnesium-silikon.

Mengingat kemampuan khusus aluminium untuk 'bekerja', sebagian besar semi gulungan dibuat dari seri 5000 (Sealium®, 5083, 5086, 5754 dll.), sedangkan ekstrusi dibuat dari seri 5000 (Sealium®, 5083) dan 6000 seri (6082, 6005A, 6061, dll.). Series ini telah dipilih karena tingkat sifat mekaniknya, kemudahan perakitan dengan pengelasan dan ketahanan korosi yang sangat baik di lingkungan laut. Sifat-sifat yang dipertimbangkan dari paduan tempa aluminium ini antara lain adalah:

  • Sifat Mekaniknya
  • Kemampuan untuk Cold Working
  • Ketahanan Korosinya

Hal tersebut akan bergantung pada:

  • Komposisi Kimia Paduan
  • Proses Pembuatan
  • Perlakuan Termal yang diterima selama fabrikasi

Oleh karena itu penting untuk sepenuhnya menyadari pengaruh perlakukan kepada paduan tempa pada sifat mekanik dan lainnya untuk mengukur efeknya dan perhitungan tegangan. Pengetahuan ini didasarkan pada gagasan dasar tentang metalurgi paduan aluminium yang beberapa aspek utamanya ditinjau.

Rekomendasi Aluminium Alloy yang dapat dipakai dalam aplikasi pembuatan kapal aluminium/ Marine Application adalah sebagai berikut:

Rekomendasi Aluminium Alloy yang dapat dipakai dalam aplikasi pembuatan kapal aluminium/ Marine Application

Seperti itu penjelasan mengenai Jenis Aluminium yang digunakan pada pembuatan kapal aluminium, dimana pada pemilihan plat aluminium yang digunakan harus melihat beberapa properties dan sifat yang ada. Jenis Aluminium yang direkomendasikan untuk membangun kapal adalah series 5000 dan series 6000 karena sifat mekanis, kemudahan dalam pengelasan serta ketahanannya dalam korosi air laut.

Post a Comment for "Jenis Aluminium Yang Digunakan Pada Pembuatan Kapal Aluminium"

Random Posts