Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Keunggulan Kapal LCT Dalam Mengangkut Barang

Fungsi dan Keunggulan Kapal LCT Dalam Mengangkut Barang

Fungsi dan Keunggulan Kapal LCT dalam Mengangkut BarangJenis kapal sangat banyak, mulai dari general cargo, bulk carrier, ferry, yacht and cruise landing craft tank, fishing vessel, research vessel, dan masih banyak lagi. Setiap kapal memiliki spesialisasinya masing-masing, begitu juga dengan Landing Craft Tank (LCT). Semuanya diciptakan dengan tujuan khusus masing-masing, termasuk juga dengan kapal Landing Craft Tank (LCT). Kapal LCT adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut muatan dengan berat yang cukup besar. Secara umum jenis ini banyak ditemui di perairan Indonesia dengan tujuan untuk mengangkut berbagai keperluan untuk industri tertentu termasuk tambang dan konstruksi.

Berikut ini adalah penjelasan Apa itu LCT? Apa Fungsi dari LCT Vessel? Apa keunggulan kapal LCT dibandingkan dengan jenis kapal pengangkut lainnya? 

Penjelasan dan Fungsi Kapal LCT (LCT Vessel)

Kapal LCT adalah jenis kapal yang dirancang khusus untuk keperluan mengangkut beban yang cukup berat di deknya yang terbuka. Kepanjangan LCT adalah Landing Craft Tank. Jenis kapal ini sering digunakan pada daerah perairan dengan draft yang cukup rendah, dimana kapal pengangkut lainnya tidak dapat melaluinya. 

Dulu sebelum kapal LCT ini digunakan sebagai kapal komersil, jenis kapal ini pernah digunakan untuk keperluan militer. Sesuai dengan namanya, Landing Craft Tank (LCT)  dalam dunia militer digunakan sebagai kapal pembawa kendaraan besar seperti tank, membawa beberapa alat untuk keperluan militer, kapal penyapu ranjau, dan ada juga yang dilengkapi dengan meriam, serangan udara, peluncur roket. Sampai saat ini pun juga ada Landing Craft Tank (LCT) yang digunakan untuk keperluan militer.

Selain itu, Kapal LCT juga dapat disebut sebagai kapal sejenis kapal Ferry dalam pengangkuan orang dan muatan, tetapi memiliki perbedaan yang terletak pada tenaga yang dihasilkan lebih kuat dibandingkan dengan kapal ferry. 

Keunggulan Kapal LCT (LCT Vessel)

LCT Vessel adalah kapal yang dibuat khusus dan dibuat untuk negara kepulauan dan negara berkembang yang memiliki dukungan infrastruktur rendah. Kapal jenis ini dirancang dengan tingkat draft yang rendah, sehingga Kapal LCT dapat mudah berlabuh di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. Inilah alasan mengapa jenis Kapal LCT ini juga disebut kapal draft air dangkal. Lebih lanjut, jenis kapal LCT juga dilengkapi dengan pintu ramp yang dapat dibuka untuk menghubungkan kapal dan tepi daratan tempat kapal berlabuh. Dengan memiliki 2 keunggulan ini, sebuah LCT Vessel adalah kapal yang dapat mengakses daerah-daerah yang tidak tersentuh oleh kapal jenis lainnya, sehingga inilah alasan kapal LCT disewa/ dicharter.

LCT adalah kapal yang dapat dikategorikan sebagai jenis kapal murah dibandingkan dengan cargo dan bulk carrier yang dapat mengangkut banyak volume sekaligus. Di sisi lain, LCT vessel dibangun bukan untuk tujuan mewah tetapi lebih ditujukan untuk menjadi unggul untuk wilayah perairan dangkal dan sulit diakses.

Padahal berdasarkan fungsinya, LCT adalah kapal air dangkal yang digunakan untuk mengangkut berbagai hal baik kargo padat dan cair. Selain itu, biasanya Landing Craft Tank juga digunakan untuk mengirimkan alat berat seperti bulldozer, loader, dump truck, dan alat berat lainnya ke daerah yang tidak dapat diakses oleh kapal lain.

Aplikasi Penggunaan Jenis Kapal LCT

1. Landing Craft Tank (LCT) di Pertambangan

Kapal Landing Craft Tank (LCT) di Pertambangan

Penggunaan kapal LCT ini sangat efektif dan banyak digunakan dalam pekerjaan tambang. Tanpa menggunakan kapal Landing Craft Tank (LCT), tidak mungkin untuk memindahkan alat berat yang cukup banyak, karena hal tersebut tidak mungkin menggunakan transportasi udara akibat muatannya sangat berat, sehingga satu-satunya jalan adalah dengan melewati air. Sehingga diperlukan sekali kapal LCT ini untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Jika dibandingkan menggunakan tongkang untuk membawa muatannya, maka penggunaan LCT kapal ini lebih efisien.

2. Landing Craft Tank (LCT) Untuk Penyeberangan Sungai

Landing Craft Tank (LCT) Kapal Untuk Penyeberangan Sungai

Landing Craft Tank (LCT) adalah jenis kapal yang memiliki keunggulan untuk berlayar di Perairan Dangkal seperti alur sungai. Alasan mengapa kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) ini dapat lebih efisien adalah karena dapat dengan mudah diturunkan (unloaded) dimana saja. Hal tersebut diakibatkan karena konstruksi dan desain dari LCT vessel. Landing Craft Tank ini memiliki deck yang datar dan luas, sehingga cocok untuk mengangkut kendaraan berat, manusia, alat berat dan material logistik yang besar seperti baja, pipa besi, tanki air, dan bahan proyek pembangunan lainnya. 

3. Landing Craft Tank (LCT) di Laut

Landing Craft Tank (LCT) di Laut

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa Landing Craft Tank (LCT) dulunya digunakan untuk keperluan militer. Seiring berjalannya waktu, kapal Landing Craft Tank (LCT) kini diubah menjadi kapal pengangkut berbagai alat berat, kargo, dan material konstruksi khususnya untuk membawa kebutuhan barang muatan di lepas pantai. Selain itu dalam hal LCT di laut, kapal jenis LCT ini juga sering digunakan sebagai kapal ferry untuk mengisi jalur penyebrangan antar pulau.

4. Landing Craft Tank (LCT) Minyak / SPOB

Landing Craft Tank (LCT) Minyak / SPOB

Selain sebagai pengangkut barang/ peralatan berat, terdapat lagi fungsi lainnya dari LCT vessel yaitu sebagai kapal yang mengangkut bahan cairan (bahan bakar minyak untuk lokasi proyek pertambangan, suplai kebutuhan air bersih,) untuk diangkut ke beberapa daerah di Indonesia. LCT kapal ini juga disebut dengan jenis LCT Minyak (SPOB). Sesuai dengan namanya, kapal LCT minyak berfungsi untuk mengangkut jenis bahan bakar minyak, selain kapal tanker. Kapal ini dirancang sangat kuat dan kokoh karena barang yang diangkut cukup riskan, karena jika mengalami kebocoran maka akan sangat berdampak pada laut yang menimbulkan oil spill. LCT ini pada umumnya adalah kapal LCT yang dimodifikasi menjadi SPOB sehingga cocok untuk mengangkut minyak. LCT kapal minyak berukuran besar karena muatan minyak berat yang dibawa dalam 1 kali jalan.

Daya Angkut Kapal LCT

Kapal LCT dalam pengangkutannya tergantung kepada daya angkutnya. Dimana kapal LCT yang besar mempunyai spesifikasi daya angkut yang lebih besar dan performa mesin yang lebih besar. Harga kapal LCT juga sebanding dengan kapasitas muatnya, termasuk charter kapal LCT. Dengan kapasitas LCT vessel yang cukup besar, maka ini menjadi keunggulannya dibandingkan dengan jenis kapal biasa lainnya. Beberapa kapasitas muat charter kapal LCT adalah sebagai berikut:

  • LCT kapasitas 500 ton
  • LCT kapasitas 700 ton
  • LCT kapasitas 1000 ton
  • LCT kapasitas 1200 ton
  • LCT kapasitas 1500 ton
  • LCT kapasitas 1700 ton

Jasa Charter Kapal LCT (LCT Vessel)

http://www.vipshipping.co.id/

http://www.charterlct.com/

https://las.co.id/about-us/

https://maritindomakmurabadi.com/

https://www.noaharapan.com/

https://linustrans.id/index.html

https://kantaindo.co.id/

https://www.cheetahtrans.com/

https://sewa-kapal.id/

https://muarakaltimperkasa.com/

https://www.taruna.co.id/

http://www.rajawalitranslogistic.com/

Post a Comment for "Fungsi dan Keunggulan Kapal LCT Dalam Mengangkut Barang"

Random Posts