Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Merk Brand Radar Kapal (Marine Radar)

Daftar Merk Brand Radar Kapal (Marine Radar)

Daftar Merk Brand Radar Kapal (Marine Radar) - Fungsi radar laut sangat penting digunakan pada kapal baik kapal ukuran besar maupun kapal kecil seperti speedboat/ yacht. Hal ini disebabkan karena penggunaan Radar berfungsi untuk menghindari terjadinya kecelakaan berupa tabrakan kapal di laut. Dalam memasang sebuah radar kapal perlu diperhatikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan fitur dan spesifikasi kapal yang digunakan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai merk brand radar kapal (marine radar) yang sering digunakan saat ini dan juga cara pemilihan radar kapal yang tepat untuk kapal anda.

Cara Memilih Radar yang Tepat untuk Kapal

Radar kapal sangat penting dalam membantu pelaut dalam bernavigasi saat jarak pandang cukup rendah. Pelaut harus tetap waspada dengan lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi tubrukan dengan objek lainnya. Memilih jenis radar kapal yang tepat dapat membantu pelaut untuk memudahkan pekerjaannya. Terdapat beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan radar kapal seperti jenis kapal, teknologi yang digunakan, dan penggunaan khusus yang dibutuhkan oleh kapal. Berikut ini adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih radar kapal.

1. Ukuran Kapal

Perahu layar besar dengan lengkungan radar atau rumah pilot sering menggunakan radar "array terbuka" dengan lengan berputar, sementara perahu yang lebih kecil sering menggunakan radom yang dapat dipasang di dalam kubah 1,5-2 kaki yang cocok untuk ruang yang lebih kecil pada kapal penjelajah kecil, perahu layar atau perahu nelayan.

Radar susunan terbuka memiliki antena yang jauh lebih lebar, beamwidth yang sangat sempit (1,1° hingga 3,5°), jarak jauh, dan fokus paling tajam untuk memilih target kecil. Radome menggunakan lebih sedikit daya, memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak, dan biasanya dapat menghasilkan gambar yang layak dengan beamwidth-nya (3,5° hingga 7°).

2. Beam Width

Lebar balok rata-rata adalah 5,2°. Beamwidth yang sempit menunjukkan penggambaran yang lebih tajam. Namun, Narrow Beam lebih cenderung melewatkan objek yang lebih kecil.

3. Range

Secara umum, jarak kerja radar bergantung pada ketinggian kapal Anda dan ketinggian target – memungkinkan radar tidak dapat melihat “di atas cakrawala”. Rentang rata-rata harus antara 20-26 mil laut. Radar yang lebih kuat memiliki jangkauan 36-48 mil laut. Radar jarak jauh mungkin akan mengalami kesulitan dengan objek yang lebih dekat.

4. Power

Daya Antena yang lebih kuat memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menangkap target pada jarak yang lebih jauh dan memotong cuaca yang tidak menentu. Rentang Power terhadap range (jangkauan):
  • 2 KW: 20-24 Nm
  • 4 KW: 36-72 Nm
  • 25 KW: 96 Nm

5. Pulse Vs Solid State Radar

Radar pulse menggunakan teknologi lama yang mirip dengan gelombang mikro. Radar solid state menggunakan teknologi broadband (Frequency Modulated Continuous Wave). Teknologi pulse dapat diandalkan, namun solid state lebih modern dan menghasilkan lebih sedikit radiasi dan juga lebih mudah dipasang dan lebih cepat panas.

6. Teknik Pemasangan dan Mounting Kit

Radar yang baik harus dilengkapi dengan Mounting kit dan instruksi pemasangan yang jelas. Radar harus dipasang di atas semua penghalang untuk memberikan pandangan 360 derajat yang jelas. 

7. Penggunaan

Jenis medan dan frekuensi penggunaan dapat menentukan jenis radar yang Anda gunakan. Jika Anda sering berlayar jauh dan/atau beroperasi di perairan berombak, Anda memerlukan radar yang lebih kuat.

8. Kompatibilitas dengan Teknologi Lain

Radar yang baik dilengkapi dengan GPS dan plotter grafiknya sendiri. Radar harus kompatibel dengan teknologi lain yang sudah ada di kapal.

9. Ukuran dan Berat

Kapal kecil membutuhkan radar yang lebih kecil dan tidak mungkin untuk dipasang unit radar yang berat. Berat dan ukuran radar akan bergantung kepada ruang yang dimiliki kapal.

Daftar Merk Brand Radar Kapal (Marine Radar)

Berikut ini adalah daftar merk brand radar kapal (marine radar) yang sering digunakan pada kapal saat ini yang bisa jadi pilihan untuk kapal anda.

1. Garmin Marine Radar

Merk Garmin Marine Radar

Garmin merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi merk marine radar untuk kapal. Perusahaan ini dididirikan pada tahun 1989 yang memiliki kantor pusar di Amerika Serikat dan juga beroperasi di Schaffhausen, Swiss. Garmin pertama kalinya terjun dalam industri aviasi dengan inovasi produk navigasi GPS-nya. Setelah itu Garmin mulai melebarkan sayapnya dengan memproduksi peralatan meliputi industri penerbangan, kelautan, dan otomotif. Produk Garmin diproduksi dengan menyatukan design yang memikat dan memberikan inspirasi, berkualitas terbaik, dan super andal ke customer. Beberapa produk dari merk Garmin Marine Radar ini adalah GMR Fantom 18x/24x Dome Radar, GMR Fantom 256, GMR Fantom 254, GMR Fantom 126, GMR Fantom 56 dan beberapa produk marine radar lainnya.

2. Simrad Marine Radar

Merk Simrad Marine Radar

Simrad Yachting merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi radar untuk kapal yang berdiri dari persatuan banyak pionir terkemuka dalam teknologi kelautan sejak tahun 1946. Simrad memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam autopilot kelautan, komunikasi, navigasi satelit, chartplotter elektronik, echosounder, instrumentasi, dan tampilan multifungsi. Merk Simrad mengambil namanya dari Radio Simonsen. Jangkauan produk Simrad mencakup kapal yacht dari semua ukuran, speedboat dan kapal sportfishing hingga cruise ship dan superyacht. termasuk juga kapal SAR, kapal penangkapan ikan, passanger dan kapal kargo kecil. Beberapa produk dari merk Simrad Marine Radar ini adalah Halo Dome Radar, Halo Open Array Radar, HD Digital Radar.

3. Raymarine Marine Radar

Merk Raymarine Marine Radar

Raymarine merupakan salah satu merk brand yang menjual equipment radar kapal. Raymarine menawarkan berbagai sistem radar kapal untuk semua jenis dan ukuran kapal. Radar Raymarine memiliki beberapa fitur utama seperti Doppler Target Tracking, Rangefusion Technology, Target True Trails Display, AIS Intergration, Stabilized PPI Display, MARPA Target Tracking, Radar Overlay On Chart, Time Transmit Mode. Sistem radar dari Raymarine membuat Anda tetap waspada terhadap lalu lintas, bahaya dan rintangan, cuaca yang mendekat di sekitarnya. Beberapa produk dari Raymarine Radar adalah Quantum Chirp Marine Radar, Quantum 2 Doppler Marine Radar, HD Colour Marine Radomes, Magnum Open Array Marine Radar, New Cyclone Open Array Marine Radar.

4. Furuno Marine Radar

Merk Furuno Marine Radar

Furuno adalah perusahaan yang memproduksi banyak peralatan/equipment di bidang marine dan perkapalan salah satunya adalah radar kapal. Furuno didirikan pada tahun 1951, yang hadir untuk memenuhi kebutuhan industri maritim pada alat pernavigasian dan komunikasi kapal. Furuno memiliki kantor pusat di Jepang dan memiliki consolidated sales di beberapa negara. Pada awalnya Furuno lebih memproduksi alat dan peralatan untuk kebutuhan fish finder dan radar pada jenis kapal perikanan. Namun seiring dengan perkembangan waktu, Furuno yang merupakan merk atau brand yang terkenal pada alat kapal ini, mulai melebarkan sayapnya ke berbagai jenis kapal dan ukuran kapal yang cukup besar. Beberapa tipe dari marine radar furuno adalah Marine Radar FAR 22x8, FAR 23x8, Marine Radar FAR-2137S BB, X/S Band Blackbox FAR-22x8 BB series, dan beberapa tipe lainnya.

5. B&G Marine Radar

Merk B&G Marine Radar

B&G adalah merk brand yang menjual beberapa alat pernavigasian dan komunikasi untuk kapal tipe sailing dan yacht. B&G telah menjadi yang terdepan dalam inovasi berlayar selama 50 tahun. Produk-produk yang dijual adalah seperti Chart Plotter, Autopilots, Instrument, VHF dan AIS. Beberapa tipe marine radar dari B&G adalah HALO20 Radar, HALO20+ Radar, HALO24 Radar.

6. Lowrance Marine Radar

Merk Lowrance Marine Radar

Lowrance adalah salah satu merk radar yang sering ditemui pada kapal-kapal yacht di dunia. Lowrance telah mengubah radar kapal dengan pencitraan real-time dari jajaran Broadband dan Pulse Compression Marine Radars. Lebih dari radar cuaca kapal, Lowrance menawarkan kemampuan yang diperluas untuk memberikan pencitraan yang jelas dan tepat pada tampilan HDS garis pantai definisi tinggi, pelampung navigasi, puing-puing mengambang, kondisi cuaca saat ini, marina dan struktur lainnya bersama dengan kapal dari kapal laut besar hingga kecil. Radar kapal Lowrance memberi gambaran yang jelas tentang lingkungan sekitar untuk navigasi yang aman dalam kondisi jarak pandang terbatas. Tipe radar yang dijual oleh lowrance adalah HALO20, HALO20+, HALO24

7. Koden Marine Radar

Merk Koden Marine Radar

Koden Electronics merupakan salah satu brand merk yang memproduksi radar kapal yang didirikan pada tahun 1947 di Jepang. Pengalaman Koden selama bertahun-tahun di kedua teknologi dalam pemrosesan sinyal informasi dan teknologi dalam pengukuran posisi, jarak, dan kedalaman yang digunakan di kapal laut membuat inovasi terus dikembangkan. Koden memperkenalkan inovasi teknis yang gigih, seperti transistor, sirkuit terpadu, komputer, dan visualisasi warna, ke dalam produknya di depan para pesaing, merilis sejumlah besar produk satu demi satu di pasar. Koden menjual beberapa alat navigasi kapal selain radar seperti chart plotter, echo sounder, sonar, GPS Navigator & GPS Sensor, Direction Finder. Beberapa model marine radar dari merk Koden ini adalah MDC-921, MDC-941, MDC-2041, MDC-2060, MDC-2960, dan lain sebagainya.

8. JRC Marine Radar

Merk JRC Marine Radar

JRC atau Japan Radio merupakan salah satu brand marine equipment yang sudah terkenal di industri perkapalan dunia. JRC didirikan pada tahun 1915 yang mempunyai kantor pusat di Tokyo, Jepang. Produk dari JRC ini telah banyak diterapkan pada beberapa jenis kapal seperti Merchant Ship, Fishing boats, Work boats, dan Yacht. JRCJRC (Japan Radio) telah membuat beberapa produk peralatan marine seperti GMDSS, Radio Equipment, Inmarsat, Navtex, ECDIS, AIS, BNWAS, Speed Log, Sounder, Voyage Data Recorder, Echo Sounder, VTS, termasuk juga radar kapal. Tipe Marine Radar JRC diantaranya adalah JMR-9200/7200, JMA-9172-SA, JMA-5200MK2, JMR-5400, JMA-3300 dan beberapa tipe marine radar lainnya.

Merk Raytheon Anschutz Marine Radar

Raytheon Anschütz merupakan brand perusahaan yang didirikan pada tahun 1905 yang berasal dari Jerman. Raytheon Anschütz menawarkan berbagai Sistem Navigasi seperti Anschütz Gyro Compass dan Autopilots, Radar dan ECDIS, hingga Sistem Navigasi Terpadu (Integrated Bridge Systems / IBS). Untuk kapal angkatan laut, Raytheon Anschütz menawarkan sensor dan solusi khusus, termasuk Sistem Kesadaran Situasional dan Perintah & Kontrol (C2). Dalam produk marine radar, Raytheon Anschütz menawarkan transceiver radar berbasis jaringan yang canggih dan generasi baru radar navigasi revolusioner dan perangkat lunak radar grafik. Antarmuka pengguna yang intuitif dan berbagai fungsionalitas yang dapat diskalakan menjadi ciri aplikasi Synapsis Radar NX yang baru. Sebuah tim pengguna radar laut yang berpengalaman, pakar UI dan pengembang SW yang terampil menciptakan Radar NX/ Naval Radar NX, untuk aplikasi komersial dan angkatan laut. 

Merk GEMRad Marine Radar

GEM Elettronica didirikan pada tahun 1977 dengan misi merancang, memproduksi dan mendukung radar angkatan laut yang inovatif dan hemat biaya serta sistem terintegrasi di atas kapal untuk pengawasan maritim dan keselamatan navigasi. GEM Elettronica menyediakan jajaran lengkap radar laut X-Band dan S-Band berkinerja tinggi yang memiliki fleksibilitas unik untuk memenuhi kebutuhan platform dan pengguna angkatan laut mana pun. Tipe Marine Radar GEM Elettronica adalah Supernet SSR dan Leonardo SSR.

Post a Comment for "Daftar Merk Brand Radar Kapal (Marine Radar)"

Random Posts