Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencemaran Sampah Laut di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Pencemaran Sampah Laut di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Pengertian Sampah Laut (Marine Debris)

(www.kapaldanlogistik.com) Dalam beberapa tahun terakhir masalah sampah laut telah menjadi perhatian utama bagi para pecinta lingkungan laut di seluruh dunia. Termasuk juga telah menjadi perhatian The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) sejak awal 1980-an. Hal ini disebabkan karena bahaya sampah yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya karena ulah manusia yang tidak bisa lepas dari sisa sampah. Definisi dari Sampah laut atau marine debris adalah benda-benda padat yang dengan sengaja atau tidak sengaja untuk dibuang di laut. Sampah laut (Marine Debrish) telah menjadi masalah berat yang berdampak serius pada kelangsungan hidup manusia.

Dari beberapa jenis sampah laut yang ada, sampah laut memiliki karakteristik dapat berpengaruh terhadap lingkungan laut. Jenis Karakteristik dari sampah laut adalah Sampah laut yang mengapung, Sampah laut yang mudah tertiup oleh angin, dan Sampah laut yang mudah terdegradasi atau non-degradasi. Karakter sampah laut ini tergantung dari sampah laut yang dihasilkan. Sampah laut yang paling umum ditemukan adalah seperti kain, kaca, logam, kertas, plastik, karet, dan kayu. Jenis sampah laut yang ada dapat berbeda terhadap potensi dampak negatifnya kepada lingkungan dan satwa liar. Sehingga perlu adanya penanganan dan pembuangan sampah yang tepat, pengurangan kemasan dan konsumsi sehingga dapat membantu mengurangi masalah sampah laut. Sumber utama sampah laut (marine debrish) dapat berasal dari:

  • Pengunjung pantai
  • Pembuangan sampah yang tidak tepat di darat
  • Limpahan dari sungai 
  • Kapal 
  • Fasilitas industri
  • Offshore

Perkembangan Sampah Laut di Dunia

Perkembangan Sampah Laut di Dunia

Berdasarkan data yang dihimpun, bahwa 80% sampah laut (marine debrish) berasal dari sampah yang dihasilkan di daratan dengan sampah asli yang dihasilkan dari aktivitas laut sendiri hanya sekitar 20%. Menurut International Union for Conservation of Nature, setidaknya ada lebih dari 300 juta ton plastik yang diproduksi setiap tahun dari berbagai kegiatan di seluruh dunia. Meningkatnya penggunaan plastik dapat menjadikan banyaknya sampah laut. Diperlukan kebijakan yang lebih ketat untuk mengurangi sampah plastik. Di antara produksi plastik, setidaknya ada 8 juta ton sampah plastik yang berakhir di lautan dan menyumbang sampai dengan 80% dari total sampah laut baik di permukaan laut hingga sedimen laut dalam.

Sampah Laut di Indonesia

Sampah Laut di Indonesia

Indonesia disebut sebagai kontributor sampah plastik ke laut terbesar ke-2 di dunia setelah China, dengan estimasi 0,48 – 1,29 juta metrik ton per tahun. Sampah laut dominan dihasilkan dari aktivitas manusia di darat yang kemudian masuk laut melalui sungai-sungai yang ada. Sampah-sampah ini akan meningkat secara global pada tahun 2025 jika tidak segera diatasi. Pemerintah Indonesia telah menetapkan rencana aksi nasional untuk mengurangi sampah plastik sebesar 70% antara 2018-2025 dengan ambisi lebih lanjut untuk mencapai hampir nol polusi plastik di Indonesia pada tahun 2040. 

Dasar Hukum Sampah Laut di Indonesia

Peraturan perundang-undangan yang menjadi acuan hukum dalam pelaksanaan teknis kegiatan riset ini diantaranya:

  1. PP No. 83 Tahun 2018 mengenai Penanganan Sampah Laut.
  2. PP No. 81 Tahun 2012 mengenai Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.
  3. PP No. 97 Tahun 2017 mengenai Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.
  4. PP No. 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.
  5. PP No. 18 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah.

Dampak Negatif Sampah Laut

Sampah laut telah diidentifikasi sebagai masalah global di samping masalah lingkungan utama lainnya, seperti perubahan iklim, pengasaman laut, dan hilangnya keanekaragaman hayati. Ini dianggap sebagai salah satu masalah paling signifikan bagi lingkungan laut dan ancaman utama bagi keanekaragaman hayati. Partikel sampah laut dapat memasuki lingkungan laut melalui berbagai macam cara baik melalui jalur dari sungai, aktivitas manusia di sekitar pantai, ataupun akibat aktivitas kegiatan pelayaran oleh kapal. Keberadaan sampah laut tentu saja memberi dampak negatif yang diantaranya adalah: 

  • Berbahaya kepada kesehatan manusia maupun biota laut lainnya di lingkungan perairan laut terutama jika terkonsumsi oleh mereka.
  • Sampah laut dapat merugikan dab membahayakan pelayaran komersial dan kapal penangkap ikan
  • Sampah laut yang  dapat mencemari habitat di laut
  • Plastik yang dibuang sulit terdegradasi dan terfragmentasi, memungkinkan untuk diambil oleh berbagai biota laut
  • Sampah laut telah berdampak negatif pada sektor bahari dan pariwisata.

Cara Mengatasi Sampah Laut

Cara Mengatasi Sampah Laut

Ketika sampah dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang serius, maka sampah laut akan terus meningkat seiring dengan produksi dan penggunaan kemasan produk sampah laut. Sehingga diperlukan pencegahan dan cara untuk mengatasi sampah laut yang semakin membahayakan bagi kehidupan manusia. Berikut adalah cara untuk mengatasi sampah laut:

  1. Pengurangan dalam produksi bahan yang menghasilkan sampah laut
  2. Penggunaan kembali barang-barang yang masih dapat digunakan (Re-Use)
  3. Daur ulang untuk mengubah material yang telah habis masa pakainya kembali menjadi barang baru untuk mengurangi akumulasi limbah dan kebutuhan akan produksi material baru (Re-Cycling)
  4. Merubah perilaku masyarakat untuk terbiasa membuang sampah pada tempatnya
  5. Meningkatkan penyadartahuan akan bahaya sampah laut kepada masyarakat
  6. Mencari dan merubah alternatif bahan lain yang tidak membahayakan bagi lingkungan
  7. Membuat kebijakan dan aturan terhadap industri yang memproduksi bahan yang dapat menyebabkan sampah laut

Post a Comment for "Pencemaran Sampah Laut di Indonesia dan Cara Mengatasinya"

Random Posts