Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Daftar Kampus Sekolah Tinggi Pelayaran Negeri Milik Kemenhub

10 Daftar Sekolah Pelayaran Kemenhub

(www.kapaldanlogistik.com) Daftar Sekolah Pelayaran Negeri Milik Kemenhub di Indonesia - Bagi anda khususnya yang sekarang masih pada tingkat SMA atau SMK, ada yang tertarik jadi pelaut atau bekerja di dunia pelayaran? Tentunya jika ingin menjadi seorang pelaut, perlu memiliki latar pendidikan seputar ilmu pelayaran. Tetapi dimana sekolah untuk menjadi pelaut di atas kapal? Di Indonesia terdapat beberapa Perguruan Tinggi Pelayaran yang ada di bawah naungan BPSDM Kementerian Perhubungan, dimana lokasinya terdapat di beberapa daera seperti di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua. Salah satu yang cukup terkenal ialah STIP Pelayaran Jakarta, dan PIP Semarang. Namun selain itu, dimanakan sekolah tinggi pelayaran lainnya? Berikut ini adalah 10 daftar sekolah pelayaran milik BPSDM Kemenhub.

10 Daftar Sekolah Pelayaran Milik Kemenhub

Masuk ke sekolah kedinasan pelayaran mungkin menjadi salah satu cita-cita bagi sebagian orang, khususnya bagi anda yang ingin bekerja di atas kapal sebagai pelaut. Untuk masuk ke perguruan tinggi pelayaran, anda harus melewati tahap seleksi Sipencantar (Seleksi Penerimaan Calon Taruna/ Taruni) Pelayaran. Seleksi Sipencantar terdiri dari beberapa tahap yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), TIU (Tes Intelegensia Umum), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Untuk alur pendaftaran tes seleksi Sipencantar anda dapat melihatnya disini.

Namun sebelum itu, anda juga harus mengenai beberapa profil sekolah pelayaran kedinasan yang dimilik oleh kemenhub. Berikut ini adalah daftar sekolah tinggi pelayaran yang ada di Indonesia.

1.  Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Daftar Sekolah Pelayaran STIP Jakarta

STIP Jakarta merupakan salah satu kampus pelayaran terbaik yang ada di Indonesia. Kampus STIP Jakarta berlokasi di Jl. Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang berdiri pada tahun 1957. Sekolah pelayaran ini yang awalnya bernama AIP (Akademi Ilmu Pelayaran), yang kemudian telah berkembang hingga saat ini. STIP Jakarta telah menghasilkan bibit-bibit pelaut unggulan yang sudah berlayar hingga ke mancanegara. 

Untuk Fasilitas yang dimiliki oleh STIP Jakarta ini cukup lengkap, mulai dari Asrama, Auditorium, Ruang Kelas, hingga Simulator & Laboratorium. Kampus pelayaran ini sudah memiliki akreditasi A yang diakui oleh BAN-PT termasuk juga program-program studinya seperti Nautika, Teknika, dan KALK. Jumlah tenaga pendidik di kampus STIP ini sudah lebih dari 90 dosen pengajar yang diantaranya sudah tersertifikasi.

2. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Daftar Sekolah Pelayaran PIP Semarang

Sekolah Pelayaran kedua yang tidak kalah bagusnya adalah PIP Semarang. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ini pada awalnya bernama Sekolah Pelayaran Semarang (SPS) yang berdiri pada tahun 1951. Lokasi dari kampus PIP Semarang ini berada di Jl. Singosari, Semarang Selatan, Jawa Tengah. Kampus PIP Semarang ini menawarkan beberapa program diklat yang diantaranya adalah Diklat Pembentukan, Diklat Peningkatan Kompetensi, Diklat Keterampilan Pelaut, Diklat Kerjasama, Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP), dan beberapa jenis pelayaran lainnya.

PIP Semarang menawarkan 3 prodi pendidikan yaitu prodi Nautika, prodi Teknika dan Prodi TALK. Semua ketiga prodi tersebut termasuk kampusnya, telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Lulusan PIP Semarang ini nantinya akan mendapatkan gelar S.ST.Pel (Sarjana Sains Terapan Pelayaran) yang merupakan lulusan dari program Diploma IV. Selama awal berdiri sampai dengan sekarang, PIP Semarang telah menghasilkan lulusan sebanyak lebih dari 11.000 mahasiswa dari semua jenis prodi yang ada.

Daftar Sekolah Pelayaran PIP Makassar

PIP Makassar adalah kampus pelayaran dibawah naungan kementerian perhubungan yang berlokasi di Jl. Tentara Pelajar, Makassar, Sulawesi Selatan. Selain disana, Kampus PIP Makassar juga mempunyai gedung lain yang berlokasi di Jl. Salodong, Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar telah berdiri sejak tahun 1921 yang merupakan salah satu institusi pelayaran yang paling tua di Indonesia. Kampus PIP Semarang terus berusaha untuk menciptakan talenta-talenta lulusan terbaik di bidang pelayaran dengan meningkatkan mutu pendidikannya baik dari fasilitas pengajaran dan tenaga pendidiknya.

Program Diklat yang ditawarkan oleh PIP Makassar ini antara lain adalah Diklat Diploma IV Pelayaran, Diklat Pelaut Pembentukan (DP-III), Diklat Pelaut Peningkatan dan Diklat Keterampilan Pelaut. Selain itu, Kampus PIP Makassar ini telah terakreditasi B, dan ketiga prodi yang dimilikinya sudah terakreditasi Unggul berdasarkan regulasi IAPS 4.0 dan IAPS 3.0.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Malahayati

Salah satu sekolah pelayaran selanjutnya yang dimiliki oleh Kemenhub adalah Sekolah Pelayaran Poltekpel Malahayati yang bertempat di Jl. Laksamana Malahayati, Aceh Besar, Provinsi Aceh. Poltekpel Malahayati atau dikenal dengan BP2IP Malahayati ini berdiri pada tahun 2010 yang menjawab permintaan masyarakat akan kebutuhan pelaut di Sumatera khususnya di Aceh. Fasilitas yang dimilik oleh BP2IP Malahayati diantaranya adalah mess room, ruang kelas workshop, laboratorium, simulator, dan kapal latih.

Terdapat 3 program diklat yang ditawarkan oleh Poltekpel Malahayati yaitu Diklat Pembentukan Diploma III, Diklat Peningkatan Pelaut, dan Diklat Keterampilan Pelaut. Untuk Program Diploma III, Poltekpel Malahayati Aceh terdiri dari program studi nautika, program studi permesinan kapal, dan program studi kelistrikan kapal. Didukung dengan lebih dari 100 pegawai, menjadikan poltekpel Malahayati mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan tingkat serapan di dunia kerja mencapai angka rata-rata 95% pada setiap tahunnya.  

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Sumbar

Poltekpel Pelayaran Sumatera Barat merupakan kampus kedianasan negeri dibawah BPSDM Kemenhub yang mendidik para taruna taruni indonesia untuk menjadi lulus terbaik di bidang pelayaran. Poltekpel Sumbar berlokasi di Jl. Syeh Burhanuddin No.1 Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kampus ini pada awalnya bernama BP3 Padang Pariaman (2015) dan kemudian bertransformasi menjadi Poltekpel Sumatera Barat yang diresmikan pada tahun 2018. Poltekpel Sumbar ini telah memiliki beberapa sarana dan fasilitas yang diantaranya adalah Ruang Simulator, Laboratorium Nautika, Ruang Kelas, Laboratorium Teknologi Nautika, Lab Transportasi Laut, serta Fasilitas umum lainnya.

Poltekpel Sumbar menawarkan beberapa layanan program pendidikan yang diantaranya adalah D-III Nautika, D-III Teknologi Nautika, D-IV Transportasi Laut, Diklat Keahlian Pelaut (COC), Diklat Keterampilan Pelaut (COP), dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Ketika program studi diklat pengembangan baik Nautika, Teknologika Nautika dan Transportasi Laut, sudah memiliki Akreditasi Baik dari BAN-PT.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Banten

Poltekpel Banten atau yang dikenal dengan BP2IP Tangerang adalah kampus pelayaran dibawah naungan BPSDM Kemenhub yang berlokasi di Jl. Raya No.1 Karang Serang, Tangerang, Banten. BP2IP Tangerang diresmikan pada tahun 2004 oleh presiden Megawati berasarkan Kepmen Menteri Perhubungan No. 45 Tahun 2003 yang kemudian berganti nama menjadi Poltekpel Banten pada tahun 2019. Kampus pelayaran Poltekpel Banten telah memiliki sejumlah fasilitas dan sarana pengajaran yang diantaranya adalah Simulator Center, Laboratorium, Ruang Belajar, Poliklinik dan Perpustakaan.

Poltekpel Banten menawarkan beberapa jenis program pendidikan yang diantaranya adalah Program Pendidikan D-III (D-III Nautikan, D-III Permesinan Kapal, dan D-III Manajemen Transportasi Laut), Diklat Pembentukan (DP-III), Diklat Peningkatan, Diklat Penyetaraan, dan Diklat Keterampilan Pelaut. Selain itu, Akreditasi Perguruan tinggi Poltek Pelayaran Banten ini telah memiliki akreditas baik pada tahun 2018.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Surabaya

Poltekpel Surabaya merupakan sekolah kedinasan pelayaran dibawah Kemenhub yang bertempat di Jl. Gunung Anyar Boulevard No.1, Surabaya, Jawa Timur. Poltekpel Surabaya hadir untuk memenuhi kebutuhan pelaut di Indonesia yang berdiri pada tahun 1982. Sampai dengan sekarang ini, Sekolah Pelayaran ini telah meluluskan lebih dari 70.000 lulusan dari berbagai program pendidikan yang ada. Dari sisi fasilitas, Poltekpel Surabaya mempunyai beberapa fasilitas diantaranya adalah Fasilitas umum (ruang kelas, asrama, audio room visual, auditorium, dll), Fasilitas nautika (Simulator), Fasilitas Teknika dan ETO (Laboratorium & Simulator Room), dan Kapal Latih.

Berdasarkan keputusan BAN-PT, Poltekpel Surabaya telah berhasil memperoleh Akreditas B pada tahun 2018. Program Studi Poltekpel Surabaya terdiri dari 2 yaitu Diploma III dan Diploma IV. Untuk Diploma III terdapat Jurusan Nautika, Jurusan Teknika, dan Jurusan Elektro Pelayaran. Sedangkan untuk Diploma IV terdapat Jurusan Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK), Jurusan Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK), Jurusan Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal (TRKK), dan Jurusan Transportasi Laut. Selain program pendidikan tersebut, sekolah pelayaran ini juga menawarkan DP-III Pembentukan, Diklat Peningkatan, Diklat Keterampilan, dan Diklat Pemutakhiran.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Barombong

Selain PIP Semarang, terdapat kampus pelayaran lain yang terdapat di Sulawesi Selatan yaitu Poltekpel Barombong. Poltekpel Baromong berlokasi di Jl. Permandian Alam No.1 Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pada awalnya, Sekolah Pelayaran ini berdiri pada tahun 1980 dengan nama BPLPD Baromong, kemudian berganti nama menjadi Poltekpel Barombong pada tahun 2019. Sama dengan politeknik pelayaran lainnya, Poltekpel Baromong juga mempunyai sarana dan fasilitas pembelajaran seperti laboratorium, simulator, dan fasilitas penunjang lainnya.

Poltekpel Baromong mempunyai beberapa program diklat pendidikan yaitu Diklat Keahlian (Certificate of Competency) seperti diklat pembentukan dan diklat peningkatan serta Diklat Keterampilan (Certificate of Proficiency) sesuai dengan SCTW 1978. Beberapa program studi di Program D-III Pembentukan yaitu Prodi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut dengan masa perkuliahan selama 3 tahun.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Sulut

Sekolah Pelayaran Poltekpel Sulawesi Utara dididikan pada tahun 2015 untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja pelaut dalam rangka memajukan industri maritim Indonesia. Poltekpel Sulut ini bertempat di Jl. Trans Sulawesi, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Kampus pelayaran ini telah memiliki beberapa fasilitas dan sarana pembelajaran seperti Gedung Kelas, Simulator, Laboratorium, Bengkel dan fasilitas pendukung lainnya. 

Prodi yang ditawarkan oleh Poltekpel Minahasa Selatan ini diantaranya adalah Jurusan Nautika (D-III Nautika, Diklat Pelaut III Nautika dan Diklat Pelaut IV Nautika), Jurusan Teknika (D-III Permesinan Kapal, Diklat Pelaut III Teknika, dan Diklat Pelaut IV Teknika), dan Jurusan Manajemen Transportasi Laut. Sama halnya dengan kampus pelayaran lainnya, untuk memasuki Sekolah Pelayaran dibawah Kemenhub ini dapat melalui pola pembibitan dan jalur mandiri.

Daftar Sekolah Pelayaran Poltekpel Sorong

Poltekpel Pelayaran Sorong merupakan kampus pelayaran yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan pelaut khususnya di daerah Papua. Kampus ini didirikan pada tahun 2007 dengan nama BP2IP Sorong dan kemudian berganti nama menjadi Poltekpel Sorong di tahun 2019. Sekolah Pelayaran ini memiliki 3 Program Studi yang diantaranya adalah Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Transportasi Laut.


Siapkah anda untuk menjadi Calon Taruna di Sekolah Pelayaran?? Setelah membaca referensi daftar sekolah pelayaran di atas, Anda tidak perlu bingung lagi dalam menentukan pilihan sekolah pelayaran yang berkualitas. Setiap kampus pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang anda dimiliki.

Post a Comment for "10 Daftar Kampus Sekolah Tinggi Pelayaran Negeri Milik Kemenhub"

Random Posts