Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Worldscale Rates dalam Shipping? Penjelasan Worldscale

Apa itu Worldscale Rates dalam Shipping?

(www.kapaldanlogistik.com) Apa itu Worldscale Rates dalam Shipping? Penjelasan Worldscale - Dalam pengiriman muatannya dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, biasanya shipper yang tidak mempunyai kapal sendiri akan menyewa kapal ke perusahaan shipowner. Sistem penyewaan ini kita sering sebut dengan charter kapal. Dalam charter kapal ini, terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat dilakukan yaitu Lumpsum dan Worldscale. Namun apakah yang dimaksud dalam worldscale ini? Disini kita akan membahas mengenai penjelasan dari worldscale (WS) dan variable yang mempengaruhi dari freight rate worldscale.  

Penjelasan Worldscale (WS)

Worldscale adalah sistem terpadu untuk menetapkan pembayaran tarif (rates) kapal tanker dalam pengangkutan untuk kargo minyak. Worldscale ini merupakan titik acuan (refrence) yang dimaksudkan untuk membantu para pihak yang memperdagangkan muatan minyak untuk menjalankan bisnisnya. Worldscale didirikan pada November 1952 oleh London Tanker Brokers’ Panel atas permintaan BP dan Shell sebagai total biaya rata-rata pengiriman minyak dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain dengan menggunakan kapal. Saat ini worldscale dibuat oleh Worldscale Association (NYC) Inc. untuk Amerika dan oleh Worldscale Association (London) Ltd. untuk seluruh dunia. 

Worldscale ini merupakan indeks angkutan internasional untuk kapal tanker dengan mengacu pada standart vessel dalam perjalanan pulang pergi dari satu pelabuhan loading ke satu pelabuhan discharge termasuk biaya yang terkait dengan pelabuhan, biaya transit, waktu pelabuhan dan pelayaran serta biaya bunker kapal. Dengan demikian tujuan adanya Worldscale ini adalah memberikan pendapatan bersih yang sama per harinya (net earning per day) terlepas dari pelayaran yang dilakukan untuk Kapal Standar Dunia di WS100.

Tarif worldscale dalam pengangkutan dengan kapal dinyatakan dalam persentase dari tarif yang dipublikasikan (flat rate) yang didasarkan atas permintaan pasar angkutan pada saat penetapan. Harga aktual yang dinegosiasikan antara pemilik kapal dan penyewa dapat berkisar dari 1% - 1000% dan masing-masing disebut sebagai WS1 hingga WS1000, tergantung pada berapa banyak kerugian yang bersedia ditanggung pihak pertama dalam perjalanan itu dan berapa banyak yang bersedia dibayar oleh pihak terakhir.

WS 100 (flat rate) merupakan titik standart sesuai dengan dasar perhitungan untuk Kapal Standar Dunia (Vessel Standart) tetapi tidak untuk ukuran lainnya. Worldscale akan cenderung memberikan angka yang lebih tinggi dari flat rate untuk kapal yang lebih kecil dan lebih rendah dari flat rate untuk kapal yang lebih besar.

Flat Rates (W100 rates) = Dasar Tarif / Basic Calculated Rates

Tarif untuk pelayaran dihitung sesuai dengan perhitungan standar dan direvisi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Worldscale dihitung ulang setiap 12 bulan sekali dan tarif yang direvisi berlaku mulai 1 Januari setiap tahun. Revisi dilakukan dengan melihat perubahan harga bunker, biaya pelabuhan, dan permintaan pasar untuk jenis kapal dan jenis kargo, dll. 

Fixed dan Variable Differential Dalam WS

Fixed dan Variable Differential Dalam WS

Saat menggunakan tarif worldscale, ada perbedaan yakni Fixed Differential dan Variable Differential yang harus dipertimbangkan. Differential digunakan untuk menutupi biaya yang tidak sesuai dengan flat rate worldscale atau penerapannya mungkin bergantung pada faktor tertentu. Dimana biaya bergantung pada faktor-faktor seperti jenis kargo atau jumlah loading atau dischage, maka differential dapat diterapkan.

1. Fixed Differential (Canal Transit Dues, High cost items based on vessel/cargo size – Worldscale percentage does not apply)

Perbedaan yang dimasukkan sebagai bagian dari pembayaran pengiriman dengan jumlah tetap sehubungan dengan biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kapal (shipowner). Perbedaan seperti itu tidak tunduk pada variasi persentase apa pun yang telah disetujui oleh para pihak dalam kontrak untuk diterapkan pada tarif Skala Dunia.

Contohnya:

  • Suez Canal transit – USD. 3.55 per ton of net tonnage for Ballast transit
  • Jebel Ali – USD. 0.68 per ton of cargo loaded or discharged at JebelAli

Ketentuan:

  • Variasi persentase atau worldscale equivalent dari fixture tidak boleh diterapkan pada Fixed Differential.
  • Perbedaan canal dues untuk Panama dan Suez – dapat dibayar secara terpisah oleh penyewa langsung ke pihak berwenang atau termasuk dalam pembayaran ongkos angkut.
  • Banyak Fixed Differential diterapkan per ton kargo dan harus diterapkan pada ukuran kargo pelanggan, bukan ukuran kapal standar.
  • Misalnya untuk Rotterdam perbedaannya berbeda dengan ukuran kapal dan kargo dan minyak mentah atau produk yang dimuat/ dibuang. Ini mencerminkan tarif biaya pelabuhan.
Contoh Soal Perhitungan Fixed Differential:

- Loadport: Yanbu
- Discharge Port: Singapore
- Quantity: 80.000 MT
- Freight: WS 90
- WS 100 (Flat Rate): $16,85/ MT
- WS States "$0,22 per Ton to be added as FRD (fixed rate differential) on cargo loaded or discharged at yanbu"

Jawaban:
Freight Fixed: WS 90
Flat Rate WS 100: $16,85 MT (Yanbu-Singapore)
Rate at WS 90 : $16,85 x (90/100) x 80.000
                      : $1.213.200
Tambahan:
$0,22 x 80.000 MT = $21.600

TOTAL FREIGHT: $1.213.200 + $21.600 = $1.234.800

2. Variable Differential (Allows different costs for berths in the same port)

Perbedaan yang akan ditambahkan atau dikurangkan dari tarif pengiriman yang berlaku. Perbedaan tarif variabel tersebut tunduk pada variasi persentase yang telah disetujui oleh para pihak dalam kontrak untuk diterapkan pada tarif skala dunia.

Contohnya:

Loaded/ Discharged at Barbers Point (USA)

  • When cargo is loaded or discharged at the Tesoro SPM an addition of USD. 0.20 must be made to the Barbers Point rate applicable to the voyage in question.
  • When cargo is discharged at the Durban SBM crude oil terminal, a deduction of USD. 0.24 must be made to the Durban rate applicable to the voyage in question.

Ketentuan:

  • Variable Differential sering digunakan di mana biaya terminal berbeda dalam port yang sama. Penambahan atau pengurangan dalam USD dilakukan pada Flat Rate. Karena biaya terminal termasuk dalam tarif untuk terminal yang disebutkan, maka Differential digunakan untuk memperhitungkan biaya yang berbeda pada terminal yang berbeda. Variasi persentase atau worldscale equivalent dari fixture diterapkan pada diferensial. Ini biasanya digunakan untuk pelabuhan yang juga menyediakan SBM, di mana biayanya berbeda dari tempat berlabuh/ terminal lainnya.
Contoh Soal Perhitungan Variable Differential:

- Loadport: Ras Gharib
- Discharge Port: Jamnagar (SPM)
- Quantity: 80.000 MT
- Freight: WS 110
- WS 100 (Flat Rate): $11,36/ MT
- WS States "when cargo is loaded or discharged at Jamnagar SPM Terminal, a variable rate differential (VRD) of $0,49 to added to WS published rate"

Jawaban:
Freight Fixed: WS 110
Flat Rate WS 100: $11,36 MT
Plus VRD: $0,49 MT
Maka: $11,36 + $0,49 = $11,85
Rate at WS 110 : $11,85 x (110/100) x 80.000
                        : $1.042.800

TOTAL FREIGHT:  $1.042.800

Demikian penjelasan dari Worldscale rates dalam shipping. Wordlscale merupakan salah satu perhitungan pembayaran freight dalam pengiriman muatan minyak di dunia dengan mengacu pada standart vessel yang telah ditentukan. Tarif Worldscale ini ditentukan berdasarkan skala yang dipakai, namun basic calculate rate pada normalnya adalah WS 100. Terdapat 2 unsur yang dapat mempengaruhi perhitungan dalam Worldscale yaitu Fixed Differential dan Variable Differential.

Post a Comment for "Apa itu Worldscale Rates dalam Shipping? Penjelasan Worldscale"

Random Posts