Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Eksportir Pemula

Cara Menjadi Eksportir Pemula

(www.kapaldanlogistik.com) Cara Menjadi Eksportir PemulaPeluang usaha berdasarkan cara menjadi eksportir pemula masa sekarang dinilai cukup mudah dilakukan. Ekspor produk ke luar negeri kini bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar jika ingin menjadi seorang eksportir barang dan produk.

Adanya jaringan internet saat ini membuat pengusaha menjadi lebih mudah untuk berhubungan dengan orang luar. Tentu saja komunikasi itu penting untuk menjalin hubungan antara eksportir dan importir. Tanpa adanya komunikasi, Anda tidak akan berpeluang untuk ekspor ke luar negeri.

Komunikasi juga membantu pengusaha untuk menjalankan bisnisnya secara efektif. Cara menjadi eksportir pemula bisa mengandalkan satu faktor ke faktor lainnya. Simpelnya Anda butuh suatu strategi pemasaran, metode ekspor, legalitas produk dan jalur komunikasi yang baik.

Keempat faktor tersebut pada dasarnya sangat penting bagi pengrajin atau pengusaha eksportir. Peluang keberhasilan menjadi lebih besar jika Anda memahami beberapa faktor pentingnya. Hal ini bisa membantu pergerakan bisnis Anda agar lebih efektif, terstruktur dan menguntungkan.

Beberapa Cara Menjadi Eksportir Pemula di Era Modern

Peluang menjadi pengusaha muda itu sangat besar di era sekarang ini. Perkembangan teknologi menjadi faktor utama mengapa kita bisa dimudahkan dalam urusan ekspor barang ke luar negeri. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan saat mengawali bisnis eksportir.

1. Media Sosial

Mencari mitra usaha atau konsumen sudah bisa Anda lakukan dengan menggunakan media sosial dan internet. Kerja sama antar kedua belah pihak menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi ini. Cara menjadi eksportir pemula memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Fitur DM (direct massage) bisa digunakan untuk berkomunikasi secara langsung. Bahkan saat ini Anda juga bisa mengunggah data produk ke internet secara langsung. Dengan begitu, para konsumen akan tertarik untuk beli produk secara online dan di ekspor ke negara tujuan.

2. Strategi Pemasaran

Menggunakan media sosial adalah satu strategi marketing yang tepat. Cara menjadi eksportir pemula di awali dengan merencanakan strategi pemasarannya. Anda tidak akan bisa memulai bisnis dan usaha tanpa adanya sebuah perencanaan di awal karier.

Digital Marketing bisa Anda gunakan karena strateginya sangat efektif untuk mencapai pihak luar. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada baik itu website, sosmed, blog, Youtube dan platform lainnya, Anda sudah bisa menjangkau konsumen secara lebih efektif.

3. Legalitas Produk atau Usaha

Agar bisa memulai bisnis ekspor, Anda perlu mempersiapkan semua dokumen legalitas yang diperlukan. Cara menjadi eksportir pemula bisa dilakukan dengan membuat izin perdagangan dan mendaftarkan produknya langsung ke bagian Ditjen Bea Cukai Indonesia.

Nantinya Anda akan membutuhkan NIK (Nomor Identitas Kepabeanan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Semua itu merupakan dokumen yang diperlukan untuk menjadi seorang eksportir di Indonesia.

4. Metode Ekspor

Pada dasarnya metode ekspor bisa dibagi ke dalam 2 bagian yaitu ekspor tidak langsung dan ekspor langsung. Cara menjadi eksportir pemula yang terakhir adalah Anda perlu memilih di antara kedua metode tersebut. Kami sarankan Anda menggunakan metode tidak langsung.

Hal ini disebabkan ekspor tidak langsung membutuhkan pihak ketiga sebagai penghubung antar penjual dan pembeli di luar negeri. Dengan adanya pihak ketiga, transaksinya bisa dilakukan oleh eksportir pemula sekalipun karena sudah dibantu dalam mengurusi semuanya.

Berbeda dengan ekspor langsung yang mengharuskan Anda berhubungan dengan pembeli. Namun ekspor tidak langsung juga memiliki kelemahan, yaitu Anda harus mencari pihak yang terpercaya. Meski begitu, faktor dasar penentu keberhasilan cara menjadi eksportir pemula sudah ada dalam 4 poin di atas.

Post a Comment for "Cara Menjadi Eksportir Pemula"

Random Posts