Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Radio Komunikasi di Kapal

Komunikasi Radio Di Atas Kapal

Pengenalan Radio Komunikasi Kapal

(www.kapaldanlogistik.com) Komunikasi radio atau RT (Radio Telephony) menggunakan Tx (Radio Transmitter) untuk mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu dan Rx (Radio Receiver) untuk menerima gelombang radio pada frekuensi yang sama. Gelombang radio terdiri dari energi elektromagnetik dalam pita frekuensi tertentu dalam spektrum frekuensi radio. Frekuensi gelombang berarti jumlah kemunculan gelombang per detik. Sebagai contoh VHF RT laut bekerja di bagian VHF dari spektrum frekuensi radio laut, yang membentang antara 156 MHz sampai 174 MHz.

Panjang gelombang frekuensi dalam spektrum frekuensi radio diperoleh dengan hubungan berikut:
  • Panjang gelombang [m] = Kecepatan gelombang elektromagnetik dalam ruang hampa (300 x 10^6 m/s) / Frekuensi [Hz=1/s]
  • Contoh : Panjang gelombang frekuensi gelombang 160 MHz adalah (300 x 10^6) / (160 x 10^6 ) = 1.875 m

Panjang gelombang frekuensi dalam pita VHF sekitar 2 m. Secara Praktik, hal ini berarti bahwa panjang antena VHF (dipole antenna) untuk radio VHF tidak perlu lebih panjang dari sekitar setengah panjang ini (sekitar 1 m) yang membuat komunikasi radio VHF cocok untuk semua kapal dari kapal penumpang besar hingga yang terkecil seperti perahu nelayan atau yacht.

Gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang relatif kecil cenderung merambat atau merambat dalam garis yang hampir lurus antara Tx dan Rx dan hanya melampaui cakrawala yang terlihat (line of sight). Gelombang ruang ini, sebagaimana dimaksud, tidak akan melewati objek seperti bukit atau bangunan besar, tetapi dapat dipantulkan oleh struktur tersebut. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menempatkan antena VHF pada titik tertinggi kapal untuk mendapatkan jangkauan komunikasi terbesar.

VHF Trasmmission Range Calculation

Rentang komunikasi radio VHF (jarak dari antena ke visible horizon) dihitung dengan rumus berikut (simbol singkatan dari akar kuadrat):

  • Rentang [NM] = 2,25 x tinggi antena [m]

Saat menghitung jarak antara dua antena, jarak kedua antena harus dipertimbangkan. Rumusnya sebagai berikut:

  • Jarak antara dua antena [NM] = 2,25 x (√tinggi antena I [m] + tinggi antena II [m])
  • Contoh: jarak antara antena kapal (30 mdpl) dan antena CRS (62 mdpl) adalah 2,25 x (√30 + 62) = 30,04 NM 

Jangkauan komunikasi radio VHF di laut dapat sangat bervariasi antara berbagai jenis kapal dan antara berbagai jenis kapal dengan CRS. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ketinggian antena (h) yang digunakan tergantung pada ukuran kapal dan lokasi CRS. Dalam kondisi radio normal, jangkauan komunikasi radio yang diharapkan pada VHF biasanya antara 20 hingga 30 NM.

Pengertian Channel VHF

Marine Frequency Band untuk komunikasi radio VHF, terbentang antara 156 MHz dan 174 MHz, yang berisi 57 VHF Individual CH (saluran) dan diberi nomor berurutan dari VHF CH 1 hingga VHF CH 28 dan dari VHF CH 60 hingga VHF CH 88. Frekuensi individu untuk masing-masing saluran dan apakah mereka beroperasi baik sebagai mode SIMPLEX atau DUPLEX telah dialokasikan oleh perjanjian internasional. Berikut adalah penjelasan mode simples dan duplex

1. Simplex

Simplex adalah metode komunikasi di mana pemancar dan penerima beroperasi pada frekuensi tunggal (atau sama). Pada saluran simpleks tidak mungkin untuk mengirim dan menerima secara bersamaan. Saluran simpleks terutama digunakan untuk tujuan Distress, Urgency, Safety dan Rutin Calling, port, pilotage, pelabuhan dan operasi antar kapal. Karena menggunakan frekuensi tunggal, tidak ada privasi seperti yang dapat kita dengar di radio VHF lainnya. 

2. Duplex

Saluran dupleks biasanya hanya digunakan untuk komunikasi antara kapal dan CRS dan untuk operasi pelabuhan dan pergerakan kapal. Dengan saluran dupleks, transmisi kami hanya dapat didengar oleh CRS. Namun, semua stasiun kapal yang mendengarkan saluran yang sama dapat mendengar transmisi CRS. 

Penggunaan Channel VHF

  • DSC Distress, Urgency, Safety and Routine Alerting – VHF CH 70 tersedia secara eksklusif untuk DSC Distress, Urgency, Safety dan Rutin Alerts saja. Saluran ini tidak boleh digunakan untuk komunikasi RT, sehingga hal ini dicegah oleh peralatan komunikasi itu sendiri.
  • RT Distress, Urgency, Safety and Routine Calling – VHF CH 16 tersedia secara eksklusif untuk RT Distress, Urgency, Safety dan Routine Calling saja.
  • CRS (Coast Radio Stations) – untuk antarmuka antara kapal di laut dengan jaringan telekomunikasi berbasis pantai utama; menyediakan fasilitas untuk pengujian radio VHF; transmisi prakiraan cuaca, siaran dan peringatan navigasi dan koordinasi SAR; mengoordinasikan permintaan bantuan Maritim atau Medis; menerima laporan pelayaran kapal berangkat atau masuk pelabuhan dan ETA (Perkiraan Waktu Kedatangan), dan lain sebagainya.
  • CG (Coast Guards) - dapat menyediakan fasilitas yang sama seperti CRS dengan pengecualian interfacing dengan jaringan telekomunikasi berbasis pantai utama, di wilayah pesisir di mana tidak ada CRS didirikan.
  • Port Operation – menyediakan layanan komunikasi radio di pelabuhan dengan operator pelabuhan, kapal percontohan, kapal tunda, stasiun percontohan dan semua VTMS (Layanan Manajemen Lalu Lintas Kapal) terkait.
  • Antar kapal – digunakan untuk komunikasi radio antar kapal di laut.
  • On Board Communication – digunakan untuk komunikasi radio on board menggunakan VHF genggam.
  • Boat Marinas – menyediakan ketersediaan tambatan, rekomendasi untuk berlayar ke fasilitas pelabuhan dan pelabuhan dan sebagainya.
  • MSI (Maritime Safety Information) – ini mencakup prakiraan cuaca, peringatan navigasi, dan informasi SAR. Biasanya ditransmisikan oleh RT ke semua stasiun baik oleh CRS berbasis pantai atau CG pada saluran kerja baik pada waktu yang dipublikasikan secara teratur atau ditunjukkan oleh peringatan awal oleh DSC pada VHF CH 70. Siaran ini dibuat sepanjang tahun dan diulang kira-kira setiap 10 menit dengan kaset diperbarui pada pukul 0700, 1300 jam dan 1900 LT (Waktu Setempat). Siaran informasi mencakup laporan situasi singkat, prakiraan singkat 24 jam, dan laporan tekanan udara.
  • SAR (Search And Rescue) - digunakan untuk operasi pencarian dan penyelamatan serta anti-pollution. VHF CH 67 telah dialokasikan di Inggris tidak hanya untuk pekerjaan antar kapal tetapi juga untuk CG SAR jika diperlukan. 

Post a Comment for "Radio Komunikasi di Kapal"

Random Posts