Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa Berlaku Klas Kapal BKI

Masa Berlaku Sertifikat Kapal BKI

1. Periode klas Kapal

Kelas kapal tetap berlaku jika semua survey dan perbaikan yangg dipersyaratkan sesuai Rule BKI untuk lambung dan instalasi mesin dilaksanakan dengan memuaskan.

  • Kapal dengan tanda kelas A100 memiliki periode kelas 5 tahun
  • Kapal dengan tanda kelas A90 memiliki periode kelas 4 tahun

2. Periode klas kapal baru dimulai

Jika survey pembaruan kelas lengkap selesai (completion) sebelum 3 bulan dari tanggal berakhirnya sertifikat lama, maka periode kelas baru dimulai pada tgl selesainya survey.

Periode Klas Kapal

Jika survey pembaruan kelas lengkap selesai (completion) dalam rentang waktu 3 bulan sebelum dan 3 bulan sesudah tanggal berakhirnya sertifikat lama, periode kelas baru dimulai mengacu tanggal berakhirnya sertifikat lama.

Periode Klas Kapal

3. Syarat Berlakunya Klas Kapal

Kelas yang telah ditetapkan BKI berlaku hanya dalam kondisi sebagaimana yang disebutkan pada sertifikat, antara lain:

  1. Daerah pelayaran
  2. Lambung timbul
  3. Daya mesin

Lambung & instalasi mesin harus dilaksanakan survey sesuai tanggal jatuh temponya.

4. Klas Kapal ditangguhkan (suspended)

Kelas ditangguhkan (suspended) adalah kelas dalam kondisi tidak dipertahankan sementara waktu (temporary not retain), ada dua jenis penangguhan kelas :

  1. Penangguhan kelas secara otomatis
  2. Penangguhan kelas karena kondisi kapal dinilai sudah tidak memenuhi persyaratan peraturan klas (unacceptable technical standart)

Sertifikat kelas menjadi tidak berlaku dan kelas ditangguhkan secara otomatis jika terjadi kasus‐kasus sebagai berikut:

1. Jika survey pembaruan kelas belum dilaksanakan sampai dengan tanggal jatuh temponya dan perpanjangan kelas tidak diberikan oleh BKI, kecuali pada saat jatuh tempo kapal masih dalam proses penyelesaian pemeriksaan dan belum berlayar.

2. Jika survey tahunan belum dilaksanakan dalam kurun waktu 3bln setelah tanggal jatuh temponya, kecuali jika kapal sedang dalam proses penyelesaian pemeriksaan survey tahunan.

3. Jika survey antara belum dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan setelah jatuh tempo survey tahunan ke 3, kecuali jika kapal sedang dalam proses penyelesaian pemeriksaan survey antara.


4. Jika survey pengedokan belum dilaksanakan pada periode yang disyaratkan, kecuali jika kapal sedang dalam proses penyelesaian pemeriksaan.

5. Jika survey poros baling-baling jatuh tempo atau overdue saat survey pengedokan dan tidak diberikan perpanjangan.

6. Jika item rekomendasi tidak dilaksanakan pada saat jatuh tempo dan penundaan tidak diberikan.

7. Jika item CMS jatuh tempo atau yang overdue tidak dilaksanakan pada saat survey tahunan, survey antara dan survey pembaruan kelas dan penundaan tidak diberikan.

8. Jika kapal beroperasi diluar batas daerah pelayaran sesuai notasi yang ditetapkan.

9. Jika kapal mengalami kerusakan, cacat, patah atau kandas tidak dilaksanakan survey pada kesempatan pertama, atau jika rencana perbaikan tidak dilaporkan ke BKI untuk disetujui sebelum dilaksanakan perbaikan.

Kelas ditangguhkan karena kondisinya dinilai telah tidak memenuhi persyaratan peraturan kelas (unacceptable technical standart):

Kapal mengalami kerusakan parah (kandas, patah, terjadi kebocoran dll.), pemilik kapal menolak melakukan perbaikan yg diminta oleh surveyor untuk merestorasi kapalnya sampai pada kondisi classworthiness, maka kelas akan ditangguhkan.

5. Pencabutan kelas (class withdrawn)

Kelas dicabut (class withdrawn) adalah kelas dalam kondisi tidak dipertahankan secara permanen, alasan kelas dicabut antara lain:
  1. Atas permintaan pemilik (shipowner)
  2. Kapal dengan klas yang ditangguhkan (suspended) lebih dari 6 bulan
  3. Total loss
  4. Scrapping

6. Pemberlakuan kembali kelas setelah ditangguhkan (re‐instate)

Kelas ditangguhkan karena overdue survey periodik.

Survey periodik yang overdue dilaksanakan dengan hasil memuaskan, survey ini akan diakui sebagai pelaksanaan survey yang terlampaui tetapi kapal tetap kehilangan kelasnya (suspended) sejak tanggal mulai ditangguhkan sampai dengan sehari sebelum tanggal diberlakukannya kembali kelas (re‐instate)

Kelas ditangguhkan karena overdue rekomendasi

Rekomendasi yang overdue dilaksanakan dan hasil survey memuaskan, kapal tetap kehilangan kelasnya (suspended) sejak mulai ditangguhkan s/d sehari sebelum tanggal diberlakukannya kembali kelas (re‐instate).

Kelas ditangguhkan karena overdue survey bersambung.

Item survey bersambung yang overdue dilaksanakan dengan memuaskan, kapal tetap kehilangan kelasnya (suspended) sejak mulai ditangguhkan s/d sehari sebelum tanggal diberlakukannya kembali kelas (re‐instate).

7. Class Maintenance Certificate (CMC)

CMC diterbitkan oleh BKI kantor pusat untuk menyatakan bahwa kelas sebuah kapal pada periode tertentu dalam kondisi dipertahankan (maintained).

Periode class maintained diajukan oleh pemilik kapal, bila hasil verifikasi dari file laporan survey periode yang diajukan tersebut clear maka CMC diterbitkan.

CMC diminta oleh pemilik kapal secara umum digunakan untuk keperluan :
  1. Sebagai dokumen pendukung untuk claim asuransi
  2. Sewa‐menyewa kapal
  3. Jual beli kapal

8. Survey Status

Survey Status Klas Berisi:
  • Tanggal jatuh tempo survey periodik klas dan statutory
  • Tanggal jatuh tempo rekomendasi
  • Informasi item memoranda
  • Tanggal jatuh tempo survey bersambung mesin (CMS)

Post a Comment for "Masa Berlaku Klas Kapal BKI"

Random Posts