Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Mengapa Kapal Menggunakan Istilah Portside dan Starboard

Reasons Why Ships Use the Terms Portside and Starboard

Bagian Sisi Starboard dan Portside Pada Kapal – Dalam dunia perkapalan, sering kita mendengar istilah Starboard dan Portside yang digunakan untuk menunjukkan sisi bagian dari sebuah kapal. Namun sering terjadi pertanyaan mengapa bagian sisi kapal ini disebut dengan Starboard dan Portside bukan sisi kiri dan kanan kapal? Apa alasannya sehingga sisi kapal ini sering disebut demikian? Disini akan dijelaskan alasannya mengapada disebut starboard dan portside pada kapal. (www.kapaldanlogistik.com)

Pentingnya istilah Starboard dan Portside di kapal

Standarisasi penamaan Port dan Starboard di atas kapal adalah bukan hanya demi terminologi, tetapi untuk tujuan navigasi, petunjuk arah, dan keselamatan, semuanya ditujukan untuk menghindari kebingungan dan tubrukan antar kapal. Penggunaan istilah ini tidak bergantung pada orientasi pandangan observer dimana dia berada, namun istilah ini berdasarkan dari struktur kapal itu sendiri. Anda harus tahu sisi mana dari kapal yang dirujuk dan juga apa yang dimiliki kapal di sekitar Anda.

Apa itu Starboard Kapal?

Starboard adalah bagian sisi kanan kapal jika pengamat/ observer menghadap ke arah haluan. Atau dapat dikatakan bahwa starboard ini adalah sisi kanan kapal saat kapal dilihat dari buritan. Starboard = Right Hand Side of The Vessel

Di masa lalu sebelum teknologi kapal berkembang dengan penggunaan mesin, kapal biasanya memiliki kemudi di garis tengah (centre line) dan menggerakannya dengan menggunakan dayung kemudi. Sama seperti yang terjadi hari ini, saat itu juga mayoritas orang menggunakan tangan kanan untuk menggunakan dayung sehingga dayung kemudi yang digunakan untuk mengendalikan kapal terletak di atas atau melalui sisi kanan buritan.

Karena itu, sebagian besar pelaut menyebut sisi kanan sebagai sisi kemudi atau steering side, maka kemudian ini juga disebut sebagai 'starboard'. Starboard ini merupakan kombinasi dari 2 kata yaitu stéor yang berarti steer (mengarahkan/mengendalikan) dan bord yang berarti sisi perahu.

Apa itu Portside Kapal?

Portside adalah bagian sisi kiri kapal jika pengamat/ observer menghadap ke arah haluan. Atau dengan kata lain, portside adalah sisi kiri kapal ketika dilihat dari buritan. Porside = Left Hand Side of The Vessel

Karena sisi kanan adalah sisi steerboard atau sisi starboard, maka sisi kiri disebut dengan portside. Sisi kiri pada kapal disebut dengan 'portside' karena ketika kapal akan berlabuh di pelabuhan akan menggunakan sisi yang berlawanan dari steerboard atau starboard. Hal ini diputuskan untuk memudahkan untuk mengikat kapal ke dermaga dan agar dermaga tidak mengganggu saat pengoperasian di bagian steerboard atau star.

Alasan lain mengapa sisi kiri adalah 'port' karena terdengar berbeda dari 'kanan'. Awalnya pelaut menyebut sisi kiri dengan 'larboard' yang berarti sisi pemuatan (loading side), namun penyebutan tersebut mudah disalahartikan dengan 'starboard', terutama ketika kondisi laut sedang buruk sehingga sulit untuk didengar. Pergantian itu dilakukan untuk mengarah pada nama alternatif yang khas yang disebut dengan portside.

Alasan Disebut Starboard dan Portside?

Mengapa istilah ini digunakan? Istilah ini menjadi referensi bagi semua kalangan agar tidak ambigu, sehingga tidak bergantung pada perspektif pelaut. Penetapan istilah Starboard dan Portside tidak pernah berubah bertujuan untuk menghindari kebingungan awak kapal saat menyebutnya, apalagi saat kita menyebutnya menghadap haluan sementara lawan bicara kita menghadap buritan kapal. Ini bertujuan untuk menghindari tubrukan di kapal ketika kapal saling berkomunikasi. Penggunaan standarisasi penamaan ini, juga diatur dalam aturan bernavigasi kapal.

Bagaimana Cara Mengetahui Portside dan Starboard Kapal Ketika Malam Hari?

Ada banyak cara untuk mengingat mana sisi kiri dan kanan dari kapal. Saat bepergian menggunakan kapal dimalam hari, sisi kapal dapat diidentifikasi berdasarkan warna lampunya. Jadi penting untuk mengingat yang mana bagian starboard dan portside sebuah kapal. Ciri tanda lampu kapal adalah bagian Port memiliki lampu berwarna merah sedangkan bagian starboard mempunyai lampu berwarna hijau.

How to find out the portside and starboard of the ship at night?

Demikian penjelasan mengenai apa itu starboard dan portside pada kapal. Alasan penggunaan istilah ini digunakan untuk standarisasi dan menghindari kebingungan antar semua pelaut yang ada di dunia ini. Karena istilah ini tidak berdasarkan pada sudut pandang pelaut itu berada, namun tergantung pada kapal itu sendiri. Portside ditandai dengan lampu navigasi merah, sedangkan Starboard ditandai dengan lampu navigasi berwarna hijau.

Post a Comment for "Alasan Mengapa Kapal Menggunakan Istilah Portside dan Starboard"

Random Posts