Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oyashio dan Kuroshio, Arus Laut Yang Mengalir di Perairan Jepang

Oyashio dan Kuroshio, Arus Laut Yang Mengalir di Perairan Jepang dan Dampaknya

(www.kapaldanlogistik.com) Oyashio dan Kuroshio, Arus Laut Yang Mengalir di Perairan Jepang - Laut merupakan bagian besar yang menempati hampir sebagian luas bumi, dimana 2/3 luas bumi adalah lautan. Dalam sebuah definisi, Laut dapat dikatakan sebagai pemisah atau juga penghubung antar daratan. Jika diamati, sebuah air laut ini mempunyai pergerakan yang disebut dengan Arus Laut. Sebuah arus laut sangat mempengaruhi dunia pelayaran dan juga produktivitas kegiatan perikanan. Terdapat sebuah arus laut yang sangat terkenal di Dunia yang terdapat di Jepang yaitu Arus Oyashio dan Kuroshio. Disini kita akan membahas mengenai Apa itu Arus Oyashio dan Arus Kuroshio, dan dampak pergerakan arus laut oyashio dan kuroshio.

Pengertian Arus Laut

Arus Laut adalah pergerakan yang timbul dari air laut yang menyebabkan terjadinya perpindahan massa air secara horizontal. Hal tersebut berbeda dengan gelombang laut, dimana gelombang merupakan pergerakan air dari atas ke bawah (vertikal) yang dipengaruhi oleh karena adanya angin, getaran, dan kedalaman air. Sedangkan arus laut sendiri dipengaruhi oleh adanya perbedaan kadar garam, perbedaan temperatur, musim, dan juga angin. Perbedaan mendasar lain antara Arus Laut dan Gelombang adalah pada tempatnya, dimana Gelombang laut terjadi dipermukaan laut, sedangkan Arus laut terjadi di bawah permukaan laut.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Arus Laut

1. Angin

Angin adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi arus laut. Terdapat 3 jenis angin yang dapat mempengaruhi arus laut diantaranya adalah Angin Muson, Angin Pasat, dan Angin Barat.

2. Perbedaan Kadar Garam

Perbedaan Kadar Garam mempengaruhi pergerakan dari arus laut itu sendiri. Terdapat 2 jenis arus laut yang diakibatkan karena perbedaan kadar garam yaitu Arus Atas dan Arus Bawah, dimana Arus Atas terjadi karena laut dengan kadar garam rendah menuju laut yang memiliki kadar garam tinggi, begitu juga sebaliknya dengan arus bawah.

3. Perbedaan Temperatur

Arus Laut dapat dibedakan menjadi 2 jenis akibat adanya perbedaan temperatur yaitu Arus Panas dan Arus Dingin. Arus Panas terjadi akibat perairan laut memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah disekitarnya, begitu juga sebaliknya dengan Arus Dingin.

Dampak Dari Arus Laut

Dampak Dari Arus Laut dan Pergerakan Arus laut dunia

Terdapat beberapa dampak yang terjadi akibat pergerakan dari arus laut yaitu:

  1. Pelayaran: Dapat mempengaruhi keamanan dan kelancaran bagi kapal
  2. Perikanan: Gerakan Arus laut dapat mempengaruhi dari pergerakan aktivitas perikanan
  3. Pembangkit Tenaga Listrik: Bagi beberapa negara yang memanfaatkan Pembangkit Tenaga Listrik dari arus laut akan dipengaruhi oleh pergerakan arus laut yang terjadi
  4. Budidaya Laut: Arus laut dapat berdampak kepada Petani laut yang membudidayakan beberapa komoditas laut seperti rumput laut, mutiara, kerang, dan lain sebagainya
  5. Olahraga Air: Selain hal diatas, ternyata Arus Laut itu sendiri akan mempengaruhi terhadap aktivitas olahraga air yang dilakukan di laut seperti Surfing, Dayung, Diving dan lain sebagainya

Arus Laut Jepang Oyashio dan Kuroshio

Gambar Arus Laut Jepang Oyashio dan Kuroshio

Arus laut yang mengalir di perairan Jepang adalah Arus Oyashio dan Kuroshio. Kedua arus ini sangat terkenal di perairan Jepang karena memiliki pengaruh yang besar terhadap beberapa hal salah satunya adalah aktivitas perikanan. Berikut ini adalah perbedaan antara Arus Laut Oyashio dan Arus Laut Kuroshio:

  • Arus Dingin Oyashio (Arus Panas): Arus air laut yang hangat yang mengalir dari daerah tropis ke utara menuju wilayah kutub. Hal ini adalah arus terpenting yang mempengaruhi kepulauan Jepang, di mana arus ini mengalir di sepanjang sisi barat pulau Ryū-Ky, kemudian, melewati Selat Tokara, di sepanjang pantai timur pulau Kyūsh, Shikoku dan Honshu.
  • Arus Panas Kuroshio (Arus Dingin): Arus air laut dingin yang berasal dari Samudra Arktik dan mengalir ke selatan melalui Laut Bering dan ke Laut Okhotsk. Arus Oyashio kemudian mengalir di sepanjang pantai timur Hokkaido turun ke Samudra Pasifik Utara, di sepanjang pantai timur laut Honshu, di mana arus akan bertabrakan dengan Perpanjangan Kuroshio arus Kuroshio, dan membentuk Arus Pasifik Utara menuju timur.

Dampak Arus Laut Jepang Oyashio dan Kuroshio

Sebelumnya diatas, telah dijelaskan mengenai dampak dari arus laut yang dapat mempengaruhi beberapa hal. Demikian pula arus laut Oyashio dan Arus Laut Kuroshio yang mempunyai dampak terhadap manusia dan aktivitas perikanan pada khususnya. Berikut adalah beberapa dampak dari arus laut jepang Oyashio dan Kuroshio.

1. Meningkatkan Produktivitas Perikanan di Jepang

Ketika Arus Dingin Oyashio terjadi, maka akan membawa plankton dan nustrisi-nutrisi baik lainnya bagi perikanan. Hal tersebut akan meningkatkan produktivitas untuk aktivitas perikanan dan budidaya laut lainnya di Jepang.

2. Meningkatnya Aktivitas Perkembangbiakan Cumi-cumi Jepang

Perkembangbiakan cumi-cumi jepang dipengaruhi oleh adanya pergerakan arus laut Kuroshio. Telur cumi yang menetas di Laut China Selatan, akan terbawa ke utara oleh Arus Kuroshio ini, sehingga hal ini akan meningkatkan jumlah cumi-cumi jepang meningkat.

3. Menyebabkan terbentuknya Gyre dan Eddies di Perairan Jepang

Arus Oyashio dan Kuroshio akan bertemu di perairan Jepang dan hal ini akan membentuk sebuah pusaran-pusaran di wilayah perairan Jepang. Terbentuknya Gyre dan Eddies ini tentunya juga akan membawa nutrisi penting lainnya untuk perkembangbiakan dan aktivitas perikanan di laut Jepang.

4. Pengaruh kepada Daerah Utara Dari Jepang

Terdapat 2 pengaruh yang terjadi akibat adanya arus Oyashio, yaitu daerah dataran Siberia bagian pesisir akan memiliki iklim yang relatif dingin bila dibandingkan dengan Sibera daratan dalam dan menyebabkan perairan disekitar Vladivostok menjadi lebih dingin dari daerah sekitarnya.

Demikian penjelasan mengenai Arus Oyashio dan Arus Kuroshio. Oyashio dan Kuroshio merupakan jenis arus panas dan arus dingin yang dapat berdampak baik bagi perairan di Jepang sehingga sangat terkenal kejadian ini. Salah satu dampak positif yang terjadi akibat arus tersebut adalah meningkatkan aktivitas perikanan di Jepang.

Post a Comment for "Oyashio dan Kuroshio, Arus Laut Yang Mengalir di Perairan Jepang"

Random Posts